Dibanderol Mulai Rp3 Jutaan, Xiaomi Mi TV 4 2020 Mendemokratisasi Smart TV

Rabu, 06 Mei 2020 - 12:37 WIB
Di bagian belakang ada tiga buah port HDMI, dua buah port USB, satu port Ethernet, dan sudah mendukung WiFi 2,4 GHz dan 5 GHz, serta Bluetooth 4.2.

PATCHWALL OS



Seperti smartphone, smart TV juga memiliki sistem operasi-nya sendiri. Pendekatan setiap merek berbeda. Ada yang memakai Tizen dan webOS yang ringan tapi fiturnya terbatas.

Adapun Xiaomi sendiri memilih OS Android TV 9.0. Dampaknya memang terasa sedikit lebih berat. Misalnya proses loading saat TV baru menyala yang relatif lebih lama.

Tapi, sebagai gantinya, fitur Smart TV Android lebih beragam. Salah satunya adalah kustomisasi OS Android bernama PatchWall 3.0 yang baru rilis 2020 dengan sederet perbaikan.

PatchWall 3.0 adalah halaman utama interaksi pengguna dengan Smart TV. Disini kita bisa memilah tonton, melakukan pencarian film tertentu, melihat live streaming TV lokal seperti RCTI hingga TVRI, serta mendapat update soal tayangan terbaru.

Xiaomi bekerja sama dengan penyedian konten berbeda di setiap negara. Khusus di Indonesia, dengan Vidio, iFlix hingga Catchplay. Ada opsi menu seperti Live TV, TV Shows, Kids, hingga Sports. Kita juga bisa menyeleksi tontonan berdasarkan genre, bahkan nama actor.



Meski demikian, PatchWall 3.0 hanya menampilkan rekomendasi. Untuk menonton, kita harus berlangganan layanan ketiga VOD tersebut atau membeli per film. Film Primal yang dibintangi Nicholas Cage, misalnya, dibanderol Rp22 ribu di Catchplay.

Tenang pengguna Mi TV 4 55 masih bisa mendapatkan tontonan gratis seperti Marmut Merah Jambu, Red Lights, hingga Putih Abu-Abu.

Yang jelas, fitur PatchWall 3.0 lebih komplet dibanding TV dengan Tizen atau webOS yang lebih sederhana.

GOOGLE PLAY STORE



Benefit lain OS Android di Smart TV adalah akses ke Google Play Store. Artinya, pengguna bisa mendapat jauh lebih banyak aplikasi untuk Smart TV. Ada aplikasi Ted, RedBull TV, PBS, Spotify, PLEX hingga aplikasi berita seperti Washington Post atau Fox News.

Pengguna juga bisa langsung mengunduh gim Android di Mi TV 4 55, dan memainkannya melalui Gamepad terpisah.

Mi TV 455 juga dapat terhubung dengan Chromecast, memungkinkan penggunanya menikmati 4K streaming dari smartphone ke TV.

REMOTE



Smart Control Mi Remote Mi TV 455 terbilang sangat mungil dibanding Smart TV yang pernah saya coba. Ada 14 tombol. Termasuk tombol pintasan dedicated untuk Netflix dan Amazon Prime Video, dua layanan streaming yang bisa di akses di Indonesia saat ini.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More