Review DJI Mavic Air 2, Ketahui Plus Minusnya Sebelum Beli!

Selasa, 05 Mei 2020 - 15:31 WIB
Kendati posisinya dibawah DJI Mavic 2 Pro maupun Zoom, namun DJI Mavic Air 2 memiliki banyak teknologi dan keunggulan baru.
JAKARTA - Sejak Maret 2020 silam, Dà-Jiāng Innovations (DJI) telah menguasai 70 persen market share drone dunia. Produk mereka digunakan militer, polisi, hingga studio Hollywood.

Kenapa bisa begitu dominan? Karena tidak ada satupun perusahaan di dunia yang bisa membuat drone seperti DJI. Sudah banyak yang mencoba. Tak terhitung yang gagal. Tidak hanya dari sesama perusahaan Tiongkok, bahkan dari perusahaan Amerika hingga Eropa.

Ada perusahaan yang sedari awal sudah membuat drone seperti 3DR, Yuneec, dan Parrot, hingga yang coba-coba masuk ke pasar drone seperti GoPro. Kalaupun tidak benar-benar melempar bendera putih seperti GoPro yang akhirnya menutup produksi drone Karma, selebihnya hanya ”penggembira”.



Produk DJI dianggap superior dibandingkan kompetitornya.



Ini adalah sedikit kasus di industri dimana teknologi dan produk yang dimiliki satu perusahaan jauh lebih superior dibanding kompetitornya. Mirip masa kejayaan Nokia di awal 2000-an.

Ketika DJI sudah berlari marathon, yang lain baru sampai di tahap 5 km, 10 km, bahkan sebatas half marathon.

Sejak beberapa tahun terakhir DJI bahkan mengunci semua rentang harga drone untuk konsumen. Mulai entry level (Rp5 jutaan) sampai amatir/profesional yang lebih dari Rp20 juta.

Nah, DJI Mavic Air 2 adalah drone yang berada di ”sweet spot” antara harga dan fitur yang dimiliki.

Di atas kertas, ini adalah satu-satunya drone yang saya rekomendasikan untuk konten kreator, traveler, hobiis, fotografer, bahkan pekerja profesional sekalipun.

UNBOXING



DJI Mavic Air 2 dibanderol Rp12 juta dan Rp16 juta (Fly More Combo) dan mulai pre-order pada 4 Mei-14 Mei 2020.

DJI Mavic Air pertama rilis 2 tahun silam. Jujur, waktu itu saya tidak terkesan. Lebih mirip model eksperimental bagi DJI untuk meraup segmen baru. Tapi, di Mavic Air 2, DJI memperbaiki semua yang ”salah”. Menambah fiturnya, memperbaiki desainnya, dan tentu semakin mengukuhkan Mavic Air yang berada di atas Mavic Mini, serta di bawah Mavic 2.

Banderolnya Mavic Air 2 standar Rp11,999,000, sementara Mavic Air 2 Fly More Combo harganya Rp15,999,000. Pre-Order dilakukan pada 4 Mei-14 Mei 2020 di sejumlah toko online.

Saran saya, ambil versi Fly More Combo jika memang rutin terbang, dan ingin menggunakan drone ini untuk traveling hingga bekerja.

Sebab, paket Fly More Combo sangat lengkap. Ada carrying bag, prop guards, charging hub, tiga buah baterai, bahkan ND filter. Ini semua perlengkapan yang diperlukan untuk langsung terbang, langsung kerja.

DESAIN ”MAVIC”

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More