Adu Prestasi aespa vs NewJeans, Siapa Lebih Unggul?

Senin, 09 September 2024 - 14:05 WIB
Aespa telah memenangkan 3 piala Korean Music Awards, 4 Melon Music Awards, 4 Golden Disc Awards, 2 MAMA Awards, serta 3 Seoul Music Awards.

Sedangkan NewJeans dengan 4 Korean Music Awards, 7 Melon Music Awards, 4 Golden Disc Awards, 4 MAMA Awards, dan 3 Seoul Music Awards. Dengan begitu, NewJeans mendapatkan lebih banyak penghargaan dibanding aespa sepanjang karier mereka sejauh ini.

Adapun untuk penghargaan daesang dari ajang paling paling bergengsi, NewJeans memperoleh piala Artist of the Year dan Song of The Year (Ditto) dari MAMA Awards dan Melon Music Awards tahun 2023. Sedangkan aespa hanya mendapatkan piala Record of the Year dari Melon Music Awards 2021.

Dari Korea Music Awards, NewJeans memperoleh piala Best K-pop Album (New Jeans) dan Best K-pop Song (Attention) juga Best K-pop Album (Get Up), Best K-pop Song (Ditto), serta Song of the Year (Ditto). Sementara aespa memperoleh Best K-pop Song dan Song of the Year untuk Next Level.

Adu Prestasi Aespa vs NewJeans di Chart Musik Global





Foto: SM Entertainment

Di kancah internasional, NewJeans juga bisa dibilang lebih unggul dan populer. Mereka berhasil menempatkan lagu OMG dan Ditto berada di urutan ke-74 dan ke-84 di Billboard Hot 100.

Selain itu Lagu Super Shy yang dirilis pada 7 Juli 2023 juga masuk Billboard Hot 100 meraih posisi yang lebih tinggi dari lagu sebelumnya yaitu pada peringkat ke-66. Pada 8 Maret 2023, NewJeans mendapatkan penghargaan dari Guinness World Record sebagai Artis K-pop tercepat yang mencapai satu miliar streaming di Spotify dalam 219 hari.

Adapun aespa belum pernah sekali pun masuk dalam tangga lagu bergengsi Billboard Hot 100. Namun Black Mamba sempat menduduki posisi ke-138 tangga lagu Billboard Global 200. Drama menduduki peringkat ke-33 di Billboard 200 dan pada Mei lalu, Supernova masuk ke dalam Top 20 Mingguan di posisi posisi ke-19 pada Billboard Global 200.

Adu Prestasi Aespa Vs NewJeans di Ajang Penghargaan Internasional





Foto: Billboard

Di ajang internasional, aespa pernah meraih MTV Europe Music Awards 2021 kategori Best Korean Act. Sedangkan NewJeans meraih Billboard Music Awards 2023 kategori Top Global K-Pop Artist dan MTV Video Music Awards Japan 2023 kategori Best Buzz Award.



Kesimpulan Perbandingan Prestasi aespa vs NewJeans

Melihat deretan prestasi di atas, lagu-lagu aespa lebih banyak yang populer di kalangan warga Korea dibanding NewJeans. Namun dari segi dampak atau pengaruhnya, NewJeans mengungguli aespa dengan deretan penghargaan bergengsi, juga dari kategori paling bergengsi.

Begitu pun dengan di kancah global, NewJeans lebih banyak mendapatkan popularitas dibanding aespa.

Meski begitu, tentu saja karier aespa dan NewJeans bisa dibilang masih panjang, dan prestasi-prestasi lainnya akan terus mereka ukir. Tentunya, persaingan juga belum berakhir dan terus berlanjut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More