Adu Prestasi aespa vs NewJeans, Siapa Lebih Unggul?

Senin, 09 September 2024 - 14:05 WIB
Perbandingan prestasi aespa vs NewJeans bisa dilihat dari posisi lagu di chart dan penghargaan di tingkat domestik dan global. Foto/The Fact Music Awards
JAKARTA - Pembahasan tentang aespa dan NewJeans memang selalu menarik perhatian para pencinta K-pop . Pasalnya setiap kali merilis album, kedua girl group ini hampir selalu berbarengan.

Misalnya saat comeback NewJeans pada 2024 yang merilis album How Sweet pada 24 Mei, aespa lalu juga comeback pada 27 Mei merilis album Armageddon. Jarak comeback yang hanya berselang selama tiga hari dianggap sebagai suatu persaingan.

Selain itu, dari girl group yang debut pada 2020-an, kedua grup ini jadi yang paling terpopuler, membuat keduanya sering dibandingkan, baik dari segi apa pun. Persaingan ini makin menjadi pembahasan pencinta K-pop setelah beredar percakapan pribadi yang diklaim antara pendiri HYBE Bang Shi-hyuk yang bertanya pada CEO ADOR saat itu, yaitu Min Hee-jin, apakah sang CEO bisa mengalahkan aespa.





Oleh karena itu, perlu juga mengetahui perbandingan dari sisi prestasi aespa dan NewJeans di Korea dan kancah global. Siapakah yang lebih unggul di antara keduanya?

Perlu diketahui, aespa debut pada 17 November 2020, sedangkan NewJeans pada 22 Juli 2022. Aespa memiliki empat member, yaituKarina, Giselle, Winter,serta idol asal China Ningning. Sementara NewJeans memiliki lima member yang terdiri dari Minji, Danielle, Haerin, Hyein, dan idol asal Vietnam Hanni.

Perbandingan Prestasi aespa vs NewJeans di Korea dan Tingkat Global



Adu Prestasi aespa vs NewJeans di Chart Musik Korea





Foto: SM Entertainment

Hingga September 2024, aespa memiliki lebih banyak lagu yang duduk di posisi nomor 1 Melon dibanding NewJeans. Perbandingannya adalah 4 melawan 3.

Grup dari SM Entertainment itu mengumpulkan 4 lagu, yaitu Next Level (2021), Savage (2021), Spicy (2023), dan Supernova (2024). Sedangkan NewJeans mendapat tiga lagu dengan Attention (2022), Hype Boy (2022), dan Ditto (2022).

Jika melihat tahunnya, aespa terlihat lebih konsisten melahirkan lagu-lagu hit dibandingkan NewJeans di pasar domestik.

Sementara jika melihat kekuatan bertahannya, Supernova juga menjadi lagu terlama di posisi pertama chart Melon sepanjang sejarah, yaitu selama 15 minggu sekaligus menumbangkan Ditto. Meski begitu, Ditto masih memegang rekor sebagai PAK terbanyak yaitu 655 jam.

Adu Prestasi Aespa Vs NewJeans di Ajang Penghargaan di Korea Selatan





Foto: ADOR
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More