Apa Arti Paved The Way yang Biasa Disebut Penggemar K-Pop?

Sabtu, 07 September 2024 - 13:32 WIB
Pada 2016, BTS mulai menunjukkan tajinya di pasar global. Ini dimulai antara lain dengan menjadi grup pertama yang mendapatkan emoji khusus di Twitter (kini X).

BTS juga menjadi grup K-pop pertama dan satu-satunya yang memenangkan piala Billboard Music Awards kategori umum (bukan K-pop) sejak 2017. Begitu pun dengan di American Music Awards, sedangkan di Grammy Awards masih menjadi satu-satunya grup K-pop yang mendapat nominasi.

Tak cuma mendapatkan penghargaan, BTS juga menjadi satu-satunya artis K-pop yang pernah tampil di panggung ketiga acara penghargaan musik terbesar di Korea tersebut.

Selain itu, BTS juga rutin tampil dalam program televisi populer di Amerika Serikat. Misalnya antara lain menjadi artis K-pop pertama yang tampil dalam America's Got Talent pada 11 September 2018 (semifinal), juga dalam final The Voice Season 16.



Foto:Kevin Mazur/Getty Images

Setelah itu, sudah menjadi hal yang umum bahwa grup-grup K-pop bisa rutin melakukan promosinya di program televisi Amerika Serikat, terutama untuk promosi single atau album terbaru.

Pada masa puncak kejayaan BTS pra-pandemi COVID-19 yaitu pada 28 Februari 2019, perusahaan retail Trans World Entertainment juga menyatakan akan memberikan tempat (section) untuk K-pop di 210 toko dan situs web mereka di Amerika Serikat.

Perusahaan itu juga bekerja sama dengan Hanteo agar penjualan di sana masuk ke catatan penjualan di Hanteo.

Ini bisa dibilang sebuah sejarah besar perkembangan K-pop di Amerika Serikat, karena sebelumnya penggemar K-pop tidak bisa membeli album atau merchandise di toko retail seperti Target dan Walmart.

Fandom BTS ARMY menjadi salah satu pelopor yang rajin meminta toko-toko retail untuk menjual album BTS, hingga perusahaan melihat cukup ada permintaan untuk menjualnya secara rutin.

Pada tahun ini, BTS juga menjadi artis K-pop pertama yang mampu melakukan konser di stadion dan selalu sold.out.

Masih dari tahun 2019, MTV Video Music Awards untuk pertama kalinya membuat kategori MTV Video Music Award for Best K-Pop.

K-Pop di Amerika Serikat Era 2020-an



Berikutnya pada 2022, Billboard untuk pertama kalinya membuat kategori khusus untuk K-pop pada Billboard Music Awards.

Sementara itu pada era pasca-COVID dan sebelum menjalani wamil, BTS juga banyak mendobrak batasan K-pop, misalnya dengan diundang berbicara di Gedung Putih hingga menjadi diplomat kehormatan Korea Selatan, termasuk tampil di Majelis Umum PBB.

Pada 27 Agustus 2024, Billboard meluncurkan Billboard Korea untukmengakomodir pertumbuhan K-pop yang pesat di seluruh dunia. Dalam siaran persnya, mengutip KBS World, pemimpin Billboard Korea Kim Yuna menyatakan misi mereka adalah mengembangkan K-pop dan mencari "Next BTS".

Banyak artis K-pop seperti Bangchan Stray Kids, Sunmi Wonder Girls, TWICE, KARD, dan Jackson Wang GOT7 menyatakan BTS mempermudah langkah mereka untuk lebih dikenal publik di luar Korea.

Meski begitu, terkait isu "paved the way", Suga BTS dalam video behind the scene pembuatan video musik That That yang dirilis di kanal YouTube officialpsy pada 2 Mei 2022, mengatakan bahwa PSY membuka jalan pagi BTS di Amerika Serikat.

"Dengan Gangnam Style, dia (PSY) paved the way untuk K-pop di Amerika Serikat, jadi kami bisa mengikuti langkahnya dengan lebih mudah," ujar rapper dan produser itu.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More