Apa Arti Paved The Way yang Biasa Disebut Penggemar K-Pop?

Sabtu, 07 September 2024 - 13:32 WIB
Dari catatan Billboard, tak banyak kemunculan secara signifikan artis K-pop pada masa ini. Yang ada hanya beberapa lagu K-pop yang masuk dalam daftar Billboard Top Songs tahun 1998 (Honey dari J.Y. Park) dan tahun 1999 (I Yah! dari H.O.T).

K-Pop di Amerika Serikat Era 2000-an



MTV Korea diluncurkan pada 1 Juli 2001.

Wonder Girls juga menjadi grup pertama yang berhasil menembus tangga lagu Billboard Hot 100, yaitu pada 31 Oktober 2009. Lagu Nobody saat itu berhasil bertengger di posisi 76.

Mereka juga menjadi penampil K-pop pertama dalam program kompetisi tari populer So You Think You Can Dance pada 9 November 2009.



Foto: Han Myung-Gu/WireImage

K-Pop di Amerika Serikat Era 2010-an



Bicara tentang pengaruh signifikan, Billboard mulai merasa perlu untuk membahas tentang industri K-pop setelah viralnya lagu Gangnam Style oleh PSY pada 2012.

Pada 29 Januari 2013, majalah musik itu membuat Billboard K-Town, sebuah majalah mingguan daring di situs web billboard.com. Majalah ini berisi laporan tentang artis, konser, event, hingga tangga lagu terkait K-pop.

Selain oleh PSY, kontributor Billboard yang mewawancarai Sunmi Wonder Girls pada Maret 2019 juga mengatakan bahwa salah faktor dibuatkan Billboard K-Town adalah prestasi Wonder Girls pada era 2000-an.

Meski begitu, setelah itu karier Wonder Girls yang diasuh oleh JYP Entertainment tidak berkembang ke tingkat yang mainstream di Amerika Serikat.

Sebaliknya dengan PSY, yang sempat mengalami masa-masa popularitas tinggi di tingkat mainstream. Solois ini menjadi artis K-pop pertama yang tampil di MTV Video Music Awards pada 6 September 2012. Saat itu ia tampil bersama aktor dan komedian Kevin Hart.

Ia juga menjadi artis K-pop pertama yang tampil dalam American Music Awards pada 18 November 2012. PSY juga menjadi artis K-pop pertama yang memenangkan piala Billboard Music Award kategori Top Streaming Song (Video) untuk Gangnam Style sebagai video musik paling banyak ditonton pada tahun itu. Perhelatan itu diadakan pada 19 Mei 2013.

Tak cuma itu, PSY juga jadi artis K-pop pertama yang tampil dalam program populer Saturday Night Live (SNL). Ia kala itu menyanyikan Gangnam Style sebagai cameo bersama para pengisi acara program tersebut.



Foto:Danny Moloshok/Reuters

Sementara itu pada 16 Oktober 2012, KCON pertama digelar di California. Ini adalah festival musik K-pop paling populer di Amerika Serikat.

Sebelumnya pada 25 Agustus 2011, Billboard meluncurkan tangga lagu K-pop Hot 100 di Korea. Namun tangga lagu ini dihentikan pada 17 Mei 2014.

Meski begitu, K-pop Hot 100 kembali dihadirkan pada 30 Desember 2017. Namun lagi-lagi diberhentikan pada April 2022.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More