4 Manfaat Keterampilan Berpikir Kritis, Wajib Kita Kuasai!

Sabtu, 29 Juni 2024 - 15:03 WIB
Dalam era yang semakin modern, kita dapat dengan mudah mengakses informasi sebanyak mungkin. Namun tanpa disadari, sering kali ditemukan informasi palsu atau informasi yang bias.

Untuk itu, diperlukan pemikiran yang kritis, untuk mencari beragam sumber informasi, meneliti sumber informasi, dan memverifikasi infomasi. Dengan keterampilan tersebut, setiap individu dapat memastikan dirinya memiliki pemahaman yang komprehensif terhadap isu-isu yang kompleks.

Hal tersebut dapat memberdayakan individu untuk terlibat dan berkontribusi secara konstruktif ketika sedang diskusi.

3. Memudahkan Proses Pengambilan Keputusan





Foto: atlassian

Pemikir kritis biasanya ahli dalam mempertimbangkan pro dan kontra, mempertimbangkan alternatif dan mengantisipasi konsekuensi potensial. Selain itu, keteranpilan berpikir kritis juga dapat membantu individu menjadi pemikir yang lebih fleksibel yang dapat menemukan solusi.

Pemikiran yang kritis juga dapat mendorong kolaborasi dengan memberikan kerangka kerja bagi individu untuk bekerja sama dalam memecahkan masalah yang kompleks. Sehnigga pemikiran tersebut sering kali dijadikan alat untuk mengambil keputusan secara efektif.



4. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi yang Lebih Baik



Foto: Shutterstock

Komukasi yang efektif adalah landasan dari interaksi profesional. Dengan kebiasaan berpikir kritis, kita mampu mengasah keterampilan komunikasi agar semakin baik, karena kemungkinan besar dapat memproduksi artikulasi ide yang jelas dan logis.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Pennsylvania pada 2023, menyatakan bahwa individu yang mahir dalam berpikir kritis dapat memancarkan kejelasan. Mereka juga memiliki kemampuan dalam menyampaikan pemikirannya dengan lancar melalui kecakapan komunikasi.

Itulah manfaat-manfaat memiliki kemampuan berpikir kritis yang bisa kita peroleh.

MG/Cinta Rasullillah
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More