Cara Unik Rayakan Lebaran ala Gen Z di Berbagai Negara

Rabu, 10 April 2024 - 06:22 WIB
Lebaran ala Gen Z di Australia dirayakan dengan acara seremonial dan pentas seni. Foto/Fatima Zahra/ABNA24.com
JAKARTA - Lebaran menjadi salah satu momen yang paling ditunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Hal ini tak terkecuali pada Generasi Z alias Gen Z .

Dalam menyambut momen Lebaran, Gen Z biasanya memiliki cara yang unik serta kreatif dalam merayakan hal tersebut. Di Indonesia, biasanya Gen Z merayakannya dengan membagikan bingkisan parsel hingga mengadakan pawai obor.

Bukan hanya di Indonesia, Gen Z di berbagai negara juga memiliki cara uniknya masing-masing dalam menyambut hari raya ini. Berikut ulasannya.



Cara Unik Merayakan Lebaran ala Gen Z di Berbagai Negara





1. Arab Saudi





Foto: Shutterstock

Masyarakat Arab Saudi terkenal dengan berbagai keseniannya. Tak heran, Gen Z yang ada di negara tersebut merayakan Lebaran dengan cara menghias rumahnya dengan lampion.

Hall ini bertujuan untuk membawa suasana ceria sepanjang Ramadan dan menjadi pertanda untuk menyambut hari raya Idulfitri. Selain memasang lampion, mereka juga mengadakan pagelaran seperti teater, puisi, parade tari, dan lainnya.

2. India





Foto: Mohammed Asad/Times of India

Berbeda dengan Arab Saudi, kegiatan yang dilakukan oleh Gen Z di India juga tidak kalah unik. Mereka biasanya mengadakan bazar di malam hari dan berbelanja untuk kebutuhan Lebaran mulai dari pakaian dan lainnya.

Para remaja perempuannya biasanya menggunakan henna khas India dan menggunakan pakaian tradisional India. Sementara para pria menggunakan Kurta Piyama, Tqiyah, dan Mojri. Mereka juga tak lupa untuk menghias topinya.

3. Mesir





Foto: Ahmed Gomaa/Xinhua

Kegiatan yang dilakukan oleh Gen Z di Mesir dapat dikatakan cukup normal. Mereka biasanya hanya menikmati libur Lebaran dengan berlibur ke pantai, taman bermain, atau bioskop.

Kegiatan tersebut biasanya mereka lakukan setelah selesai mengunjungi para kerabatnya untuk bersilaturahim dan mengunjungi makam keluarga mereka.

4. Amerika Serikat

Halaman :
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.