Kurang Laku, Ini 9 Film Perang Irak dan Afghanistan Paling Laris

Minggu, 12 November 2023 - 23:56 WIB
Film perang Irak dan Afghanistan punya bobot emosional yang berbeda dengan film perang lainnya. Sayangnya, meski rating bagus, film ini kurang laku di bioskop. (Foto: Stage and Cinema)
Film perang Irak dan Afghanistan punya bobot emosional yang berbeda dengan film perang lainnya. Sebagian besar film ini lebih pada personal karakternya ketimbang cerita tentang asal mula konfliknya. Ini bisa dipahami karena hampir semua film ini dibuat dari kacamata Hollywood atau Amerika Serikat (AS).

Sayangnya, film perang Irak dan Afghanistan ini juga kalah pamor dengan film Perang Dunia. Di box office, pendapatan untuk film perang Irak dan Afghanistan ini belum bisa menyamai hasil yang diperoleh film Perang Dunia. Bahkan, sebagian besar malah dianggap rugi karena hasil yang diperoleh tidak sebanding dengan modalnya.

Sampai saat ini, baru satu film yang mampu mencetak USD500 juta (Rp7,8 triliun) di box office. Sisanya masih berada di kisaran angka USD100 juta dan bahkan ada yang tidak sampai USD50 juta. Yang menarik, meski pendapatan mereka tidak besar, sebagian film ini punya rating bagus di Rotten Tomatoes. Film perang Irak dan Afghanistan apa saja yang punya pendapatan besar? Simak ulasannya berikut!



9. The Hurt Locker — 2008





Foto: Military.com

Sutradara: Kathryn Bigelow

Pemeran: Jeremy Renner, Anthony Mackie, Brian Geraghty, Evangeline Lilly, Ralph Fiennes, David Morse, Guy Pearce

Rotten Tomatoes: 97%

Box Office: USD49,2 juta

Setelah kematian seorang sersan yang sangat dihormati di Irak, Sersan JT Stanborn dan Spesialis Owen Eldridge menemukan unit mereka diberi pemimpin tim yang sangat berbeda. Pemimpin baru itu, Sersan William James, adalah seorang pengambil risiko yang sepertinya berkembang di perang. Tapi, tidak bisa dibantah kalau dia punya keahlian dalam menjinakkan bom.

8. 12 Strong — 2018



Foto: INdieWire

Sutradara: Nicolai Fuglsig

Pemeran: Chris Hemsworth, Michael Shannon, Michael Pena, Navid Negahban, Trevante Rhodes, Geoff Stults, Thad Luckinbill

Rotten Tomatoes: 50%

Box Office: USD71,1 juta

Setelah serangan 11 September, Kapten Mitch Nelson memimpin tim Pasukan Khusus AS ke Afghanistan untuk misi yang sangat berbahaya. Begitu sampai di sana, para tentara itu mengembangkan kemitraan yang tak biasa dengan Aliansi Utara untuk menundukkan Taliban dan sekutu Al-Qaeda-nya. Kalah jumlah dan senjata, Mitch dan pasukannya menghadapi kondisi sulit dalam pertarungan melawan musuh yang tidak mau membawa tahanan.

7. War Dogs — 2016

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More