11 Gangguan Kesehatan Mental dalam Drakor Daily Dose of Sunshine

Kamis, 09 November 2023 - 12:49 WIB
Dalam episode 5, seorang perempuan pekerja dan ibu rumah tangga bernama Kwon Joo-young (Kim Yeo-jin) diceritakan membawa anak perempuannya yang menjadi korban perisakan di sekolah ke psikiater. Ia khawatir anaknya mengalami gangguan kesehatan mental karena hal tersebut.

Namun nyatanya, psikiater menemukan bahwa kehidupan sehari-hari yang berat serta kesulitan menyeimbangkan antara pekerjaan dan urusan domestik di rumah membuat Joo-young tanpa sadar mengalami stres berat dan depresi terpendam. Ia mengalami insomnia dan terus menerus khawatir dengan pekerjaan dan kondisi anaknya.

Ia lantas mengalami pseudodementia atau disebut juga dengan "demensia palsu". Ini adalah kondisi saat seseorang mengalami penurunan ingatan karena depresi atau faktor psikologis lainnya. Ini juga membuatnya susah berkonsentrasi yang juga mirip gejala demensia. Meski begitu, penyebabnya bukan karena perubahan dalam struktur otak, tapi karena kondisi psikologis.

Psikiater lantas menganjurkan Joo-young untuk menulis biografi diri dan perasaannya dalam bentuk jurnal. Dari sini, ternyata ada banyak perasaan negatif yang dirasakannya, terutama setelah ia melahirkan anak. Dari penulisan jurnal ini, Joo-young pun bisa memetakan pikirannya untuk mengatasi masalahnya itu.

Selain Joo-young, Kepala Ruangan Perawat di Poli Kesehatan Jiwa yaitu Park Soo-yeon (Lee Sang-hee) juga mengalami masalah yang sama. Ia kesulitan menyeimbangkan hidupnya sebagai pekerja dan ibu rumah tangga yang harus mengurus suami dan dua anak yang masih kecil.

8. PTSD



Foto: Netflix

Post-traumatic stress disorder atau PTSD digambarkan dalam episode 7 Daily Dose of Sunshine. Beberapa orang yang anggota keluarga meninggalnya atau bunuh diri menderita gangguan ini, termasuk Da-eun.

Dalam sebuah adegan, terdapat pernyataan bahwa orang yang bunuh diri akan meninggalkan dampak pada 5-10 orang lainnya.

9. Skizofrenia



Foto: Netflix

Penyakit skizofrenia digambarkan dalam episode 10, yang dialami oleh adik dari kepala perawat Song Hyo-jin (Lee Jung-eun) yang bernama Ae-sin (Ko Seo-hee). Ini adalah gangguan yang membuat pengidapnya mengalami kesulitan dalam berpikir dan berperilaku.

Dalam kasus Ae-sin, ia malas membersihkan tubuhnya hingga mengganggu pasien lain. Dalam tingkatan yang lebih parah, penderita skizofrenia juga bisa mengalami delusi dan halusinasi.

Salah satu bagian menarik yang juga digambarkan di sini adalah stigma masyarakat terhadap penderita skizofrenia. Mereka dianggap membahayakan warga sekitarnya, berpeluang menyakiti bahkan membunuh orang lain.

10. Amnesia disosiatif



Foto: Netflix

Amnesia disosiatif sempat dialami Da-eun saat salah satu pasiennya meninggal. Kondisi ini membuatnya secara mendadak lupa akan peristiwa besar yang terjadi dalam hidupnya meski itu baru terjadi beberapa hari sebelumnya.



11. Borderline Personality Disorder



Foto: Netflix
Halaman :
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.