11 Mata Uang Anime dan Perkiraan Nilainya di Dunia Nyata

Selasa, 06 Juni 2023 - 19:19 WIB

6. Berry — One Piece



Foto: Kombo/One Piece Wiki – Fandom

One Piece memakai mata uang bernama Berry. Simbolnya mirip seperti mata uang Thailand, Bath, dengan garis yang lebih cerah. Di Mugiwara Store di Nagoya, 1 yen (Rp106) sama dengan 1 Berry. Tapi, mungkin nilai tukar Berry bisa berbeda ketika di konversi ke USD. Di sampul Chapter 476, Mimpi Buruk Luffy, kubis besar berharga 150 Berry. Di Amerika Serikat, kubis besar berharga USD2 (Rp29.680), jadi USD1 senilai sekitar 75 Berry.

5. Cens — Fullmetal Alchemist



Foto: Kombo/Fullmetal Alchemist Wiki – Fandom

Amestris, latar prinsip di Fullmetal Alchemist, punya sistem mata uang bernama Cens. Mata uang ini punya uang kertas dan juga koin berbeda. Sayang, tidak ada konfirmasi dari kreatornya, Hiromu Arakawa, terkait nilai Cens di dunia nyata.

Karena Fullmetal Alchemist adalah anime ikonis Jepang, sepertinya Cens setara dengan yen. Kalau melihat harga di semesta itu, seperti telepon umum berbiaya 520 Cens dan secangkir kopi sekitar 100 Cens, masuk akal kalau mata uang itu setara yen. Sekarang, secangkir kopi di Jepang rata-rata seharga 100—500 Cens.

4. Jenny — Hunter x Hunter



Foto: Hunterpedia

Jenny adalah mata uang di Hunter x Hunter. Awalnya, pada 2000, 1 Jenny bernilai 0,9 yen. Tapi, terjemahan Viz punya nilai tukar berbeda dengan membuat 134 Jenny setara dengan USD1 pada 2006. Saat ini, dengan inflasi, USD1 setara dengan 149 Jenny. Selain Jenny, Hunter x Hunter juga punya mata uang lain, yaitu Pail. Di serial ini, 1 Jenny setara dengan 500 Pail. Seiring inflasi, USD1 setara dengan 71.000 Pail.

3. Ryo — Naruto



Foto: WordPress.com

Naruto memakai mata uang fikif bernama Ryo. Nama mata uang itu diambil dari koin emas Jepang yang dipakai di periode pra-Meiji. Menurut The Naruto Secret: Scroll of Soldier Official Fanbook, 1 Ryo setara dengan 10 yen (Rp1.063).

Penting untuk dicatat perbedaan antara Ryo fiktif di Naruto dan mata uang ryo asli. Ryo asli digantikan yen pada 1871 karena nilai fluktuatif emas dan biaya hidup. Ryo asli bernilai 1 koku (150 kg) beras atau jumlah yang dibutuhkan untuk makan satu orang selama setahun.

2. Kan — Bleach



Foto: Naruto and Bleach Wiki – Fandom

Bleach punya dunia berbeda, yaitu dunia nyata (Jepang) dan Soul Society. Karenanya, ada dua mata uang yang berbeda. Soul Society memakai Kan dalam urusan sehari-hari. Sayang, kreatornya, Tite Kubo, belum memberikan banyak petunjuk terkait berapa nilai tukar tepat antara Kan dan mata uang di dunia nyata. Tapi, sejumlah pertunjuk konteks bisa mengiluminasi subyek itu.

Di Bleach, selama Soul Society berjalan, maka roda perekonomian pun ikut berputar. Bisa dicatat kalau Seireitei Communication, majalah yang dirilis di Soul Society, dijual antara 380—680 Kan. Majalah yang sama di Jepang dijual dengan harga 400—500 yen. Jadi, bisa diasumsikan kalau 1 Kan bernilai sekitar 0,95—1,35 yen (Rp100—143).



1. Jewels — Fairy Tail

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More