7 Fakta Slipknot yang Bakal Tampil di Hammersonic Malam Ini

Minggu, 19 Maret 2023 - 17:50 WIB

4. Ogah Disebut Band Nu Metal



Foto: Louder Sound

Album debut Slipknot diakui teripengaruh album Korn, Korn (1994), dan album Limp Bizkit, Three Dollar Bill, Y’all$ (1997). Tapi, band itu ogah disebut sebagai band nu metal, meski dua band yang mempengaruhi mereka itu adalah band genre tersebut dengan Korn disebut sebagai “embahnya” nu metal. Mereka memilih untuk menyebut diri mereka sebagai band dengan genre tersendiri.

“Saya rasa kami ini genre kami sendiri, jujur saja. Maksud saya, ada banyak genre berbeda, dan lalu ada Slipknot, karena ketika kalian mendengarkan kami, kalian segera tahu kalau itu kami,” ujar Corey Taylor, dalam sebuah wawancara dengan Exclaim.

Menurut Corey, wajar kalau orang melabeli mereka sebagai band nu metal. Ini karena mereka debut ketika Korn, Deftones, dan White Zombies sedang naik daun. Band-band ini memperkenalkan genre tersebut sebelum akhirnya bermunculan band-band serupa seperti Limp Bizkit dan Linkin Park.

“Sejauh melabeli Slipknot sebagai band nu metal, saya rasa itu sebenarnya muncul karena A. waktu, ketika kami keluar, dan B. fakta kalau kami menggunakan banyak elemen hip hop dan semacamnya. Tapi, saya rasa, kami lebih seperti pendahulu atas apa yang mereka sebut sebagai New Wave of American Heavy Metal. Saya rasa kami seperti mengisi gap itu,” ujar Corey di wawancara yang sama.

3. Arti Logo Slipknot



Foto: Music Festival Explorer/Planet Minecraft

Salah satu yang membuat sebuah band dikenal penggemar dan kebanyakan orang adalah logo. Slipknot juga punya logo. Nonagram itu dibuat anggota band itu ketika mereka didirikan. Nonagram itu adalah sigil terkenal Slipknot dan merepresentasikan bintang titik lima—simbol persatuan, loyalitas, persahabatan, dan kenangan. Setiap titik bintang itu ditujukan untuk setiap anggota asli band itu. Nonagram itu bukanlah simbol Setan dan alih-alih mewakili pertarungan Slipknot melawan dunia palsu.

Logo dan strategi branding band itu berubah sebelum perilisan album .5: The Gray Chapter pada 2014. Nonagram baru berbentuk huruf S itu menarik perhatian publik, dengan diumumkan sebagai awal era baru. Warna merah hitam dan desain minimalis elegannya mendapatkan apresiasi publik dan masih digunakan sampai sekarang.

2. Aksi Panggung Slipknot



Foto: The Pit

Slipknot dikenal atas penampilan live-nya yang kacau dan energik yang berkontribusi terhadap kesuksesan band itu. Selama tampil, sebagian besar anggota band itu selalu ber-headbang. Di awal-awal tahun mereka berdiri, aksi panggung mereka sangat ekstrem dari terjun dari atas panggung dan menyalakan api.

Clown bahkan dikenal suka masuk ke jajaran penonton dan mengikat orang dengan kabel. Paul Gray pernah digugat karena aksi ekstremnya dianggap membahayakan orang. Sejak saat itu, band itu tidak lagi melakukan aksi ekstrem tersebut demi usia panjang band tersebut.

Meski begitu, aksi panggung Slipknot tetap energik dan tidak bisa diduga. Mereka sering menggunakan setup panggung besar dengan menggunakan pyrotechnic, area panggung yang bisa naik turun, tempat drum yang bisa naik turun, dan layar komputer. Aksi panggung ini tentu menghibur dan sangat memuaskan para penontonnya.



1. Mengapa Slipknot Memakai Topeng?



Foto: Kerrang!

Salah satu daya tarik terbesar dan yang membuat unik Slipknot adalah topeng. Sejak debut, band ini selalu menyembunyikan wajah mereka di balik topeng. Bahkan, di atas panggung pun, mereka tetap memakai topeng itu selain kostum jumpsuit yang pas.

Ide memakai topeng ini sebenarnya tidak sengaja. Semuanya berasal dari topeng yang dipakai pemain perkusi mereka, Shawn Crahan yang akrab disapa Clown, saat gladi resik ketika band itu kali pertama dimulai. Konsep itu kemudian dikembangkan dan pada akhir 1997, band itu memutuskan kalau setiap anggota band harus memakai topeng unik dan jumpsuit yang matching.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More