15 Kosakata yang Sering Muncul dalam Drama Korea

Kamis, 16 Maret 2023 - 18:22 WIB
Hwaiting atau juga sering disebut fighting adalah ungkapan informal yang diucapkan untuk menyemangati seseorang. Misalnya saat orang tersebut akan mengikuti ujian, lomba, atau sesuatu yang membutuhkan penyemangat.

6. Appa, Eomma, dan Sebutan untuk Anggota Keluarga



Foto: tvN

Appa dan eomma berarti "ayah" dan "ibu", tapi dipakai untuk percakapan informal. Jika ingin formal, maka menggunakan abeoji dan eomeoni. Untuk anak laki-laki disebut adeul, sementara anak perempuan disebut ttal.

Untuk anak-anak, adik laki-laki menyebut kakak laki-lakinya dengan sapaan hyung. Sementara untuk kakak perempuannya, adik laki-laki menyebut nuna.

Untuk kakak perempuan, adik perempuan menyebut eonni. Sementara adik perempuan menyebut kakak laki-lakinya dengan oppa. Namun panggilan oppa juga bisa dipakai untuk panggilan sayang perempuan untuk pacarnya.



7. Hajima/Andwae/Ani - Jangan/Tidak



Foto: Netflix

Tiga kata ini punya arti yang mirip. Hajima berarti "jangan", dan biasanya digunakan sebagai kata larangan. Andwae berarti "tidak" yang berupa sebuah ketidaksetujuan terhadap sesuatu atau ekspresi kaget seperti "oh, tidak". Sedangkan ani atau aniyo juga berarti "tidak" atau "bukan begitu".

8. Omo Jinja?! - Ya Ampun, Beneran?!



Foto: tvN



Omo bisa diartikan dengan kata "ya, ampun" untuk menunjukkan rasa kaget atau takjub. Sedangkan jinja bisa berarti "benarkah?" untuk memastikan kebenaran akan sesuatu.

9. Eotteoke - Bagaimana?



Foto: JTBC

Eotteoke atau ottoke bisa dipakai saat kita bertanya sesuatu, misalnya tentang cara melakukan atau menggunakan sesuatu.

10. Ireoke - Seperti ini?



Foto: JTBC

Ireoke dipakai untuk memastikan apakah yang sedang kita lakukan benar. Kata ini juga bisa dipakai saat menginstruksikan seseorang untuk melakukan sesuatu.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More