Ini Berbagai Aksi Sosial yang Bisa Kamu Ikuti Selama Ramadan

Sabtu, 11 Mei 2019 - 09:00 WIB
Ini Berbagai Aksi Sosial yang Bisa Kamu Ikuti Selama Ramadan
Ini Berbagai Aksi Sosial yang Bisa Kamu Ikuti Selama Ramadan
A A A
Ada banyak komunitas yang membuat kegiatan sosial sepanjang Bulan Suci Ramadan. Mulai dari jadi sukarelawan Ramadan sampai bersih-bersih masjid. Kamu hanya tinggal pilih mau ikut kegiatan yang mana.

Ramadan merupakan bulan penuh berkah dan kebahagiaan, apalagi jika dipakai untuk melakukan banyak hal bermanfaat seperti ikut serta dalam aksi sosial yang bisa bikin diri kita dan orang lain senang. Belum lagi pahala dari Tuhan yang dijanjikan jika kita melakukan kebaikan untuk sesama.

Jadi, sayang banget kalau bulan istimewa ini enggak kita manfaatin semaksimal mungkin. Nah, ini ada 8 aksi sosial yang bisa kamu lakukan di bulan suci Ramadan bersama komunitas yang menyelenggarakannya.


1. Buka bersama anak yatim dan duafa
Buka bersama atau bukber menjadi cara untuk mempererat tali silaturahmi, juga bisa menjadi momen untuk berbagi di Bulan Suci. Apalagi jika kita berbagi dengan mereka yang membutuhkan. Jika kamu ingin ikut berbagi kepada anak yatim dan duafa, kamu bisa ikut kegiatan buka bersama anak yatim dan duafa dalam acara yang diadakan oleh @agniacare, @mengabdidanmengajar, @amanahsedekah.id, @farohiswalisongo, dan @onsightfoundation.

2. Sahur On The Road atau SOTR
Seperti namanya, aksi ini adalah sahur bersama di jalan. Maksudnya adalah kita berbagi dengan orang-orang yang kurang mampu dan musafir yang ada di jalanan untuk bersantap sahur. Kegiatan ini biasanya dilakukan berkelompok. Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi dari SOTR ini bisa mengunjungi Instagram @ucpeople dan @osis.smapatriot yang akan ngadain aksi SOTR.


3. Sahur On the Panti atau SOTP
Sahur bersama yang dilaksanakan di panti bersama anak-anak spesial ini bisa jadi cara kamu buat lebih belajar arti bersyukur apapun keadaannya. Banyak komunitas sekitar yang mengadakan acara ini terutama di kampus-kampus. Agar Ramadan meninggalkan kesan yang mendalam, kamu bisa gabung dalam acara yang diadakan mahasiswa Ekonomi & Bisnis Esa Unggul pertengahan Mei ini, untuk info lebih lanjut kamu bisa mengunjungi Instagram @ksmueu.


4. Relawan Penggalang Dana
Banyak komunitas yang menerima donasi atau zakat untuk disalurkan kepada orang yang membutuhkan. Karena itu, mereka butuh bantuan pahlawan penggalang dana. Kamu bisa banget untuk berpartisipasi. Untuk infonya kamu bisa mengunjungi akun Instagram @crm_izi_sumsel, @mustahiq_peduli, @tendavisi_id, dan @baznasdepok


5. Relawan Selama Ramadan
Dalam program ini, nggak cuma satu kegiatan yang bisa kamu ikuti, tapi beragam kegiatan kemanusiaan dan sosial bakal kamu jalani yang tentunya akan memperkaya kamu dengan banyak manfaat baik. Penyelenggaranya ada @fsm__fataa, @dompetdhuafadiy, @baznasdepok, dan @spiritbandung. Salah satu kegiatannya adalah berbagi takjil gratis dan santunan kepada anak yatim.


6. Gotong Royong Membersihkan Masjid dan Musola
Ramadan datang, artinya masjid akan lebih ramai dari biasanya karena setiap malam diadakan salat tarawih berjamaah. Akibatnya, masjid dan musala pun akan lebih kotor dan butuh tenaga lebih untuk membersihkannya. Nah, sebagai anak muda yang fisiknya masih bugar, ada baiknya ikut serta dalam kegiatan ini di masjid-masjid sekitar rumah. Namun jika kamu mau ikut gerakan Masjid Resik, kamu bisa kepoin akun Instagram @sesamestreetberbagi.


7. Menjadi Panitia Acara Sosial
Banyak acara sosial diadakan pada bulan Ramadan, dan penyelenggara biasanya membuka rekrutmen untuk menjadi panitia dalam acara yang mereka adakan. Kamu bisa mendaftar dalam divisi sesuai kemampuanmu seperti misalnya dokumentasi, humas, atau logistik. Jika kamu berminat, bisa mengunjungi @mustahiq_peduli yang sedang membutuhkan sukarelawan untuk kegiatannya.

Annisa Putri
Gen Sindo
Universitas Esa Unggul
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0089 seconds (0.1#10.140)