6 Artis Korea yang Pernah Kecelakaan Parah, Termasuk Lee Min-Ho

Rabu, 14 Desember 2022 - 20:05 WIB
loading...
6 Artis Korea yang Pernah Kecelakaan Parah, Termasuk Lee Min-Ho
Lee Min-ho pernah mengalami kecelakaan parah hingga koma berhari-hari. Foto/MYM Entertainment
A A A
JAKARTA - Sejumlah artis Korea pernah mengalami kecelakaan atau cedera yang teramat parah. Bahkan ada yang sampai mengalami koma selama sebulan.

Para artis ini ada yang mengalami kecelakaan tunggal, tapi sudah cukup membuat para korbannya mengalami luka parah. Sementara yang lainnya mengalami cedera saat bekerja. Karena hal ini pula, sebagian mereka tak bisa menjalani wamil sebagai tentara aktif.

Berikutenam artis Korea yang pernah mengalami kecelakaan parah.

1. Heechul Super Junior

6 Artis Korea yang Pernah Kecelakaan Parah, Termasuk Lee Min-Ho

Foto: Dispatch/nocutnews.co.kr

Pada 10 Agustus 2006, Heechul mengalami kecelakaan hebat setelah pulang dari melayat ayah Dong-hae Super Junior yang meninggal. Peristiwa naas itu terjadi akibat kerusakan ban saat mobil akan berpindah jalur.

Akibat kecelakaan tersebut, Heechul yang saat itu baru setahun debut mengalami patah kaki kirinya di lima tempat, termasuk tulang paha, lutut, dan pergelangan kaki. Ia pun harus menjalani operasi selama enam jam.

Cedera lainnya termasuk robekan di lidahnya yang membutuhkan jahitan dan beberapa luka ringan. Gara-gara ini, Heechul harus menjalani terapi untuk bisa berjalan dan mengembalikan kerja otot-otot tubuhnya.

Hingga kini, Heechul mengaku kadang masih merasakan sakit sisa kecelakaan tersebut, terutama jika harus melakukan koreografi dengan gerakan intens atau berat. Gara-gara ini pula, Heechul tak bisa menjalani wamil sebagai tentara aktif, melainkan hanya sebagai petugas publik.

2. Kyuhyun Super Junior

6 Artis Korea yang Pernah Kecelakaan Parah, Termasuk Lee Min-Ho

Foto: SM Entertainment/Yonhap News

Kecelakaan yang dialami Heechul memang mengerikan, tapi yang dialami rekannya, Kyuhyun, setahun kemudian (2007) jauh lebih parah. Ia sampai koma selama empat hari, dan dirawat di rumah sakit sekitar 3-4 bulan.

Penyebab kecelakaannya sama dengan Heechul, dan saat itu sebenarnya Kyuhyun satu mobil dengan member lainnya, yaitu Leeteuk, Shindong, dan Eunhyuk. Namun hanya Kyuhyun yang mengalami luka parah.

Saat tampil dalam acara My Ugly Duckling pada 22 Desember 2019, Kyuhyum bercerita bahwa saat itu, tubuhnya bahkan sampai terlempar 20-30 meter dari mobil mereka. Ia pingsan dan pakaiannya robek.

Sementara semua tulang rusuknya patah dan menusuk paru-parunya. Dikatakan, saat itu peluang hidupnya hanya 20%.

Untuk menyelamatkannya, kala itu dokter ingin melakukan tindakan medis dengan menusuk lehernya dan memasukkan selang ke tenggorokan untuk melebarkan area dada dan perut. Namun jika itu dilakukan, ia mungkin tidak akan bisa bernyanyi lagi.

Untungnya, dokter akhirnya menemukan cara lain, yaitu dengan melakukannya melalui bagian samping tubuhnya. Akhirnya, Kyuhyun pun selamat meski harus menjalani pemulihan hingga lebih dari setengah tahun.

Sama seperti Heechul, akibat kecelakaan parah tersebut, tubuhnya tak bisa berfungsi secara sempurna. Ini juga membuatnya hanya bisa bekerja sebagai petugas pelayanan sosial saat menjalani masa wamilnya.

Baca Juga: 4 Aktris Drama Korea yang Dipuji karena Berat Badannya Naik

3. Kim Jong-Kook


6 Artis Korea yang Pernah Kecelakaan Parah, Termasuk Lee Min-Ho

Foto: Instagram @kjk76/via Koreaboo

Buat kamu pencinta variety show Running Man, mungkin sudah mengetahui bahwa pada 2010, Kim Jong-kook pernah bercerita bahwa dirinya pernah mengalami patah kaki saat kecil. Ini menyebabkan masalah pada cakram di punggungnya.

Tak cuma itu, masalah bertambah lagi dengan masalah pada panggul dan kakinya. Dia bahkan kehilangan beberapa reseptor rasa sakit di sisi kiri tubuhnya.

Meski ia sudah menjalani beberapa operasi dan terapi fisik, tapi kondisi fisiknya sampai sekarang tetap tak sempurna. Karena kondisi tubuhnya ini, Kim Jong-kook pun akhirnya mendaftar sebagai petugas pelayanan publik ketimbang tentara aktif untuk masa wamilnya.

4. Suga BTS

6 Artis Korea yang Pernah Kecelakaan Parah, Termasuk Lee Min-Ho

Foto: VLive BTS

Suga BTS juga mengalami kecelakaan parah saat ia masih menjadi trainee di BigHit Entertainment. Saat itu, ia bekerja sambilan sebagai kurir makanan dan mengalami kecelakaan yang melibatkan sebuah mobil.

Menurut Suga dalam film dokumenter Burn The Stage, saat itu setelah jatuh dan membuka matanya, ia melihat ban mobil yang besar di depan wajahnya. Gara-gara kecelakaan ini, ia mengalami dislokasi pada bahunya.

Meski begitu, ia membiarkan cedera itu bertahun-tahun tanpa dioperasi karena kesibukan BTS yang sangat padat. Selama tujuh tahun, ia pun hanya menghilangkan rasa sakit bahunya itu dengan suntikan dari dokter.

Baru pada November 2020, ia memutuskan melakukan operasi karena menurutnya rasa sakitnya semakin sering muncul. Saking sakitnya, ia bahkan mengaku tak bisa mengangkat botol air mineral ukuran 250 ml dengan satu tangannya.

Setelah dioperasi, Suga absen dari kegiatan BTS selama kurang lebih dua bulan sambil menjalani terapi. Meski begitu, hingga kini ia mengaku tak bisa melakukan gerakan koreografi yang intens.

Belakangan beredar kabar bahwa Suga akan menjalani wamil sebagai petugas pelayanan sosial. Banyak yang menduga ini akibat riwayat cederanya. Namun BigHit Music mengatakan tidak bisa mengonfirmasi kabar soal wamil tersebut.

Baca Juga:

5. Lee Min-ho dan Jung Il-Woo


6 Artis Korea yang Pernah Kecelakaan Parah, Termasuk Lee Min-Ho

Foto:MYM Entertainment/via Koreaboo/9ato Entertainment

Dari bulan dan tahun yang sama dengan Heechul, dua aktor beken Lee Min-ho dan Jung Il-woo mengalami kecelakaan hebat saat melakukan traveling bersama. Sopir dan satu penumpang tewas dalam peristiwa tragis tersebut.

Kecelakaan terjadi saat sebuah mobil dari arah berlawanan melewati garis pembatas tengah berwarna kuning dan menabrak kendaraan mereka. Saat itu, Lee Min-ho duduk di bangku belakang, sedangkan Il-woo di samping sopir.

Baca Juga: Drakor 2022 yang Seru Ditonton dan Ratingnya Tinggi di MyDramaList

Akibat kecelakaan tersebut, Lee Min-ho mengalami patah tulang rusuk, paha, dan pergelangan kaki, serta tulang rawan lutut ikut robek. Dia juga mengalami koma selama sebulan dan harus tinggal di rumah sakit sampai berbulan-bulan.

Hingga kini, tubuh Lee Min-ho tak bisa berfungsi sesempurna sebelum kecelakaan. Bahkan panjang antara kedua kakinya pun berbeda.

Sedangkan Jung Il-woo mengalami kondisi yang lebih parah. Ia mengalami gegar otak, pendarahan otak, bahkan sampai menderita amnesia parsial (sebagian). Ia juga menderita patah pergelangan tangan dan tulang panggul.

Sama seperti para artis lainnya yang sudah disebutkan di atas, akibat kondisi tubuh mereka pascakecelakaan tersebut, keduanya hanya bisa menjalani wamil sebagai petugas layanan publik dibanding tentara aktif.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2276 seconds (0.1#10.140)