One Punch Man Season 3 Digarap MAPPA, Fans Kaget dan Bahagia

One Punch Man Season 3 Digarap MAPPA, Fans Kaget dan Bahagia
One Punch Man season 3 dikabarkan akan digarap studio MAPPA. Ini membuat studio itu menjadi rumah produksi ketiga yang menggarap adaptasi serial manga ONE itu. (Foto: Twitter/ShonenLeaks)
Anime One Punch Man pindahan rumah lagi untuk season 3. Setelah season 2 yang mengecewakan di bawah produksi JC Staff, dikabarkan kalau season 3 serial ini akan digarap MAPPA. Season pertama serial ini digarap Madhouse. Ini membuat One Punch Man sebagai anime yang selalu pindah studio setiap season-nya.

Kabar kepindahan One Punch Man ke MAPPA ini kali pertama dikabarkan akun Twitter Shonen Leaks. Cuitan ini muncul sekitar sebulan setelah serial itu menjadi salah satu anime paling diantisipasi di MyAnimeList. Serial itu menduduki posisi Top 30. Tapi, tidak ada informasi tentang studio pembuatnya. Sampai saat ini, anime itu baru merilis teaser visual resmi yang menampilkan Saitama dan Garou.

Dibuat ONE, One Punch Man adalah serial manga superhero yang dimulai sebagai serial webcomic pada 2009. Dua tahun kemudian, seniman Yusuke Murata mengontak mangaka itu. Dia bertanya apakah ONE ingin bekerja sama untuk menggambar ulang webcomic itu karena dia adalah penggemar berat serial original itu.

Baca Juga: Ganti Studio, 10 Anime Ini Bikin Kecewa Penggemarnya

One Punch Man berkisah tentang seorang pria bernama Saitama. Setelah melatih fisiknya hingga melampaui batas selama tiga tahun, pria berusia 25 tahun itu akhirnya menjadi seorang yang sangat kuat. Tapi, dia kemudian jadi bosan bertarung karena dia bisa mengalahkan lawannya hanya dengan satu pukulan. Dia pun berusaha mencari lawan yang seimbang.
One Punch Man Season 3 Digarap MAPPA, Fans Kaget dan Bahagia

Foto: Crunchyroll

One Punch Man kemudian diadaptasi menjadi anime pada 2015 dan segera menjadi hit. Tapi, meski manga-nya selalu difavoritkan banyak orang, serial ini punya masalah dengan studio animasinya. Hanya dengan dua season, anime ini sudah dua kali pindah studio.

Perpindahan studio itu punya dampak besar terhadap serial itu. Pindahnya One Punch Man dari Madhouse ke JC Staff membuat kualitas animasi serial tu jadi menurun. Ini membuat penggemar menjadi khawatir dengan kelangsungan serial anime itu. Kini, sekitar 3,5 tahun setelah season 2-nya dirilis, penggemar mendapatkan kabar kalau serial kesayangan mereka akan pindah ke MAPPA. Penggemar pun yakin kalau mereka akan mendapatkan season yang fantastik.
One Punch Man Season 3 Digarap MAPPA, Fans Kaget dan Bahagia

Foto: Cultured Vultures

Keterlibatan MAPPA di One Punch Man membuat penggemar tidak bisa menyembunyikan kegembiraan mereka. MAPPA dikenal dengan reputasinya membuat serial dengan visual dan animasi yang menakjubkan. Masuknya One Punch Man ke studio itu bisa menjadi jaminan kalau penggemar akan mendapatkan tontonan tarung yang enak ditonton.

MAPPA menjadi salah satu studio animasi paling sibuk saat ini. Dalam dua tahun belakangan, studio itu telah membuat sejumlah anime dengan nama besar. Pada 2020, mereka mengadaptasi manhwa The God of High School. Di tahun yang sama, studio itu juga mengadaptasi manga laris Jujutsu Kaisen. Kedua anime ini disutradarai orang yang sama, yaitu Sunghoo Park. Setelah Wit mundur dari proyek Attack on Titan, MAPPA mengambil proyek itu untuk Final Season-nya.

Tahun ini, studio itu mengerjakan adaptasi serial fantasi gelap karya Tatsuki Fujimoto, Chainsaw Man, setelah menyelesaikan produksi bagian kedua Attack on Titan: The Final Season. Meski punya jadwal padat, MAPPA tidak kehilangan momentum. Pada 2023, MAPPA juga sudah disibukkan dengan banyak proyek baru seperti season kedua Vinland Saga—juga limpahan dari Wit, Attack on Titan: The Final Season Part 3, Jujutsu Kaisen Season 2, dan serial baru Hell’s Paradise: Jigoraku.
One Punch Man Season 3 Digarap MAPPA, Fans Kaget dan Bahagia

Foto: IMDb

Dengan kabar tentang One Punch Man season 3 itu, penggemar serial itu pun kaget karena mereka merasa bersimpati kepada karyawan MAPPA yang harus mengulangi menganimasi satu anime setelah yang lainnya. Ini menyebabkan lelucon yang terus berjalan kalau karyawan MAPPA sudah lama tidak bertemu keluarga mereka. Menurut mereka, karyawan MAPPA menghadapi situasi yang sama dengan karyawan Twitter yang harus tidur di kantor karena pekerjaan yang menumpuk. Dengan masuknya proyek One Punch Man season 3, pekerjaan mereka pun tambah menumpuk.

Baca Juga: 5 Karakter Anime Ini Berpura-pura Kuat, Padahal Lemah

Mengutip CBR, sementara MAPPA mendapatkan pujian atas nilai produksinya yang tinggi, studio itu juga dicermati atas kondisi kerja yang tidak sehat. Seorang animator freelance mengkritik studio itu atas animator yang kebanyakan kerja. Dia mengklaim studio itu punya kondisi mirip pabrik. Animator itu juga mengecam MAPPA yang mengerjakan empat serial pada saat yang sama, yang konsekuensinya menambah pekerjaan bagi karyawannya.

Teruyuki Omine, salah satu sutradara episode Attack on Titan: The Final Season mencuit kalau dia baru bisa pulang ke rumahnya untuk kali pertama dalam tiga hari pada Februari 2022. Pada Juli 2021, studio itu dikecam karena tidak membayar animatornya dengan bayaran yang layak untuk sebuah proyek Netflix. MAPPA meresponsnya dengan mengatakan kalau mereka telah membayar kompensasi kepada karyawannya dengan adil.


(alv)
Share: