Lagu Resmi Piala Dunia dari Masa ke Masa, Terbaru dari Jung-Kook BTS

Lagu Resmi Piala Dunia dari Masa ke Masa, Terbaru dari Jung-Kook BTS
Jung-kook BTS tampil membawakan Dreamers, lagu resmi Piala Dunia 2022 di Qatar pada Minggu (20/11). Foto/AFP, Getty Images
JAKARTA - Piala Dunia sudah berlangsung sejak 1930, tapi lagu resmi (official) Piala Dunia baru mulai dibuat pada 1990 dan jadi tradisi hingga kini, saat gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar.

Mengutip Billboard, sebelum tahun 1990, beberapa lagu yang terinspirasi Piala Dunia sudah muncul sejak 1962. Namun baru pada era 1990-an FIFA resmi merilis lagu official dan anthem.

Tahun ini, FIFA merilis tiga lagu resmi untuk Piala Dunia. Yang pertama dirilis pada April 2022, yaitu Hayya Hayya (Better Together) yang dibawakan oleh dua penyanyi Amerika Trinidad Cardona dan Davido, serta penyanyi Qatar Aisha. Lagu ini bergenre R&B dan reggae.

Lalu pada 18 November, giliran Tukoh Taka yang dinyanyikan oleh rapper Amerika Nicki Minaj, penyanyi Kolombia Maluma, dan penyanyi Lebanon Myriam Fares dirilis. Tukoh Taka adalah lagu resmi untuk FIFA Fan Festival.

Terakhir, ada lagu resmi utama Dreamers yang dinyanyikan oleh Jung-kook BTS dan penyanyi Qatar Fahad Al Kubaisi.

Berikut ini adalah seluruh lagu resmi Piala Dunia yang pernah dirilis FIFA sejak 1990 hingga 2022. Perlu diketahui, Piala Dunia adalah kompetisi empat tahunan.

1. Un’estate italiana (To Be Number One) - Piala Dunia 1990 (Italia)



Lagu resmi pertama yang dirilis FIFA adalah lagu Italia berjudul Un’estate Italiana (To Be Number One) yang dibawakan oleh para penyanyi Italia Edoardo Bennato dan Gianna Nannini. Sementara versi Inggris-nya dibawakan oleh Giorgio Moroder.

Berbeda dengan genre lagu-lagu Piala Dunia yang sangat populer, To Be Number One adalah lagu rock klasik dengan suntikan gitar dan drum yang kuat.

2. Gloryland - Piala Dunia 1994 (Amerika Serikat)



Penyanyi Daryl Hall berduet dengan grup vokal dan instrumen Sounds of Blackness membawakan Gloryland. Berbeda dengan sebelumnya, lagu ini membawa aura musik soul dengan iringan saksofon yang sangat kental.

3. Cup of Life (La Copa de la Vida) - Piala Dunia 1998 (Prancis)



Cup of Life adalah salah satu lagu resmi Piala Dunia paling populer, dibawakan oleh penyanyi dari Puerto Riko Ricky Martin. Bukan cuma sangat populer, lagu yang dibuat dalam bahasa Inggris dan Meksiko ini juga melambungkan nama sang penyanyi, membuatnya memenangkan Grammy Awards untuk Best Latin Pop Performance.

Secara komersial, Cup of Life juga berhasil duduk di tangga lagu Billboard Hot 100 di posisi ke-60. Lagu ini juga kembali masuk chart di posisi ke-45 pada Agustus 1999.

4. Boom - Piala Dunia 2002 (Korea Selatan dan Jepang)



Lagu Boom dibawakan oleh penyanyi sekaligus dancer Amerika Serikat, Anastacia. Lagu dengan pengaruh musik rock ini mendapatkan status lagu terfavorit FIFA World Cup dari MTV Italia.

5. The Time of Our Lives - Piala Dunia 2006 (Jerman)



The Time of Our Lives dibawakan oleh kuartet vokal Il Divo dan penyanyi Amerika Toni Braxton. Ini adalah lagu R&B dengan dukungan musik grande khas opera.

6. Waka Waka - Piala Dunia 2010 (Afrika Selatan)



Satu lagi lagu Piala Dunia terpopuler adalah Waka Waka yang dibawakan penyanyi Kolombia Shakira. Penyanyi berjuluk "Ratu Musik Latin" ini berduet dengan band afro-fusion Afrika Selatan Freshlyground.

Waka Waka sering dianggap sebagai lagu resmi Piala Dunia terbaik karena bukan hanya musiknya yang adiktif dan menyenangkan, tapi juga tarian Shakira yang memikat. Lagu ini juga membuat tren iringan perkusi yang kuat dalam lagu-lagu Piala Dunia berikutnya.

Hingga kini, video resminya di kanal YouTube Shakira sudah ditonton lebih dari tiga miliar kali. Sementara di tangga lagu Billboard Hot 100 sanggup duduk di posisi ke-38.

Selain Waka Waka, satu lagu lainnya yang bukan lagu resmi tapi populer saat Piala Dunia 2010 adalah Wavin' Flag yang dibawakan oleh penyanyi Somalia-Kanada K'naan. Aslinya ini adalah lagu dalam album sang penyanyi untuk kebebasan warga Somalia. Setelah lagunya dipakai sebagai lagu promosi Piala Dunia 2010 oleh Coca Cola, lagu tersebut langsung meledak popularitasnya.

Baca Juga: 25 Penjahat Marvel Terjelek hingga Terbaik di Fase 4 MCU

7. Ole Ola (We Are One) - Piala Dunia 2014 (Brasil)



Rapper Amerika Pitbull, Jennifer Lopez, dan penyanyi Brasil Claudia Leitte berduet membawakan Ole Ola. Ini adalah lagu dance dengan inspirasi musik Samba yang kuat, dinyanyikan dengan tiga bahasa sekaligus, yaitu Inggris, Spanyol, dan Portugis.

8. Live It Up - Piala Dunia 2018 (Rusia)



Live It Up dibawakan oleh penyanyi Amerika Nicky Jam bersama Will Smith serta penyanyi Albania Era Istrefi. Lagu dance reggae ini juga dibuat dalam versi Spanyol.

Baca Juga: 7 Drama Korea tentang Sisi Gelap Kehidupan Orang Kaya

9. Dreamers - Piala Dunia 2022 (Qatar)



Lagu resmi Piala Dunia terbaru adalah Dreamers yang dinyanyikan member BTS, Jung-kook dan penyanyi Qatar Fahad Al Kubaisi. Lagu pop ini juga membawa aura Piala Dunia yang penuh kegembiraan, dengan lirik penuh mimpi dan harapan. Lagu ini juga satu-satunya lagu resmi yang dibawakan secara langsung dalam pembukaan Piala Dunia 2022 yang digelar semalam (20/11).

Dari unggahan Instagram story Steve Stoute, pemilik perusahaan distributor musik UnitedMasters, Dreamers sudah didengar lebih dari 4,8 juta kali dalam satu jam pertama sejak lagunya dirilis di Spotify pada Minggu (20/11) pukul 12.00 WIB.


(ita)
Share: