7 Drama Korea tentang Sisi Gelap Kehidupan Orang Kaya

7 Drama Korea tentang Sisi Gelap Kehidupan Orang Kaya
Drama Korea kini banyak memotret sisi gelap kehidupan orang kaya, salah satunya The Empire. Foto/Viu
JAKARTA - Kehidupan orang-orang kaya dalam drama Korea tak selamanya digambarkan penuh kesenangan atau kenikmatan. Bahkan kini mulai muncul tren cerita tentang sisi gelap atau keburukan perilaku keluarga superkaya.

Dalam drama Korea klasik, kehidupan orang kaya biasanya hanya digambarkan sebatas atraksi kemewahan saja. Kalaupun ada karakter antagonis yang berasal dari golongan kelas menengah ke atas, kekejaman perilakunya pun tak terlalu berdampak fatal bagi karakter protagonis.

Namun kini, mulai muncul tren cerita tentang sisi gelap kehidupan orang-orang kaya. Tak cuma tindak kejahatan 'biasa', karakter-karakter keluarga superkaya ini rela melakukan penipuan bahkan pembunuhan agar ambisinya bisa tercapai.

Buat kamu yang suka dengan cerita penuh gereget dari kehidupan keluarga kaya di Korea Selatan, berikut ini drama-drama Korea yang bisa kamu tonton.


1. SKY Castle (2018)

7 Drama Korea tentang Sisi Gelap Kehidupan Orang Kaya

Foto: JTBC

SKY Castle yang tayang di JTBC bisa dibilang adalah drama yang membuat kisah sisi gelap keluarga kaya jadi populer. Drama ini adalah serial eksperimental, dan karenanya tidak diharapkan untuk sukses. Namun nyatanya, ceritanya disambut sangat positif hingga tercatat sebagai drama Korea rating tertinggi sepanjang masa kedua dari stasiun televisi kabel Korea.

SKY Castle bercerita tentang kehidupan 1% warga Korea alias keluarga-keluarga superkaya dengan karier yang prestisius, dari dokter hingga pengacara. Karena status sosial yang tinggi tersebut, mereka pun menerapkan standar yang sangat tinggi pula untuk anak-anak mereka, terutama soal pendidikan.

Dari sinilah sisi gelap tersebut muncul. Mereka memaksakan anak-anaknya memperoleh nilai tinggi demi bisa lolos ke salah satu dari tiga universitas ternama di Korea Selatan. Apa pun akan mereka lakukan, termasuk melakukan cara-cara kotor seperti penipuan, bahkan pembunuhan.

Ambisi yang berlebihan dari para orang tua ini tentu saja juga berdampak buruk pada anak-anak mereka. Ada yang depresi, ada juga yang jadi ikut-ikutan menyebalkan seperti orang tua mereka. Yang ingin menyaksikan SKY Castle bisa menonton drama JTBC ini di Viu.

2. Mine (2021)

7 Drama Korea tentang Sisi Gelap Kehidupan Orang Kaya

Foto: Netflix

Mine bercerita tentang dua perempuan crazy rich yang datang dari keluarga konglomerat. Mereka sama-sama menikah dengan keluarga kaya lainnya, tapi tentu saja kehidupan mereka di sini tidak bahagia.

Ada yang hubungannya dengan sang suami tidak mesra. Ditambah lagi ia mengetahui bahwa putranya punya hubungan khusus dengan asisten rumah tangganya.

Ada juga pasangan yang tadinya sempurna, tapi hidupnya berubah saat ada guru privat baru dalam keluarga mereka. Layaknya drama-drama tentang kehidupan keluarga superkaya, Mine juga penuh dengan gambaran rumah dan pakaian-pakaian indah. Drama ini bisa ditonton di Netflix.

3. The Penthouse (2020-2021)

7 Drama Korea tentang Sisi Gelap Kehidupan Orang Kaya

Foto: SBS

The Penthouse sangat sukses sampai dibuatkan hingga tiga season. Para penonton drama ini kerap berkomentar bahwa jalan ceritanya membuat stres, saking begitu peliknya konspirasi kejahatan dari para karakternya. Belum lagi berbagai plot twist seperti karakter-karakter yang mati, lalu dibuat hidup lagi.

The Penthouse bercerita tentang kehidupan para keluarga superkaya yang tinggal di gedung apartemen mewah bernama Hera Palace. Mirip seperti SKY Castle, ceritanya tentang ambisi orang tua pada anaknya terkait pendidikan mereka, juga tentang perebutan kekuasaan.

Meski begitu, kisah dalam The Penthouse dibuat sangat dramatis dan sensasional, sampai pada suatu titik terasa tidak masuk akal dan membuat penonton protes. Namun nyatanya, rating drama makjangini tetap tinggi, dengan rating tertinggi untuk season 3 mencapai 19,5%.The Penthouse bisa ditonton di Netflix dan Viu.
halaman ke-1
Share: