8 Drama Korea yang Jadi Trendsetter Konsep untuk Serial-Serial Lainnya

Sabtu, 19 November 2022 - 10:00 WIB
loading...
A A A
SKY Castle bukanlah drama lawas, tapi tetap sanggup melahirkan konsep cerita tentang sisi gelap orang-orang kaya. Berawal dari rating yang hanya 1,7%, drama ini menjadi serial dengan rating tertinggi kedua sepanjang masa yang tayang di stasiun televisi berbayar.

Kisah tentang orang-orang kaya yang melakukan segala cara agar anaknya bisa masuk ke universitas ternama ini rupanya sangat disukai penonton. Kisah penuh aksi kotor dan plot twist ini akhirnya melahirkan drama-drama sejenis seperti The Penthouse (2020), Mine (2021), serta The Road: The Tragedy of One (2021).

5. Coffee Prince (2007)

8 Drama Korea yang Jadi Trendsetter Konsep untuk Serial-Serial Lainnya

Foto: MBC

Coffee Prince membuat konsep gender bender jadi tren yang makin populer pada masa sekarang. Dari Love in The Moonlight (2016), Sungkyunkwan Scandal, sampai Tale of Nokdu yang membuat seorang pria menyamar jadi perempuan, hanya sedikit dari begitu banyak drama dengan konsep serupa.

Konsep gender bender biasanya diramu dengan kisah komedi yang romantis, membuat penonton sangat menyukainya karena selalu ada kekikukan dari sosok yang menyamar tersebut.

6. My Girlfriend is A Gumiho (2010)

8 Drama Korea yang Jadi Trendsetter Konsep untuk Serial-Serial Lainnya

Foto: SBS

Drama ini menjadi pelopor lahirnya tren kisah cinta antara manusia dengan non-manusia. Drama yang dibintangi Shin Min-a sebagai makhluk mitologi gumiho, serta Lee Seung-gi ini sangat diminati hingga rating tertingginya mencapai 21,3%.

Setelah kesuksesan serial ini, muncul drama-drama dengan konsep serupa yang akhirnya juga menjadi drama legendaris, seperti My Love from the Star (2013), The Legend of the Blue Sea (2016), hingga Goblin (2016).

7. Kingdom (2019)

8 Drama Korea yang Jadi Trendsetter Konsep untuk Serial-Serial Lainnya

Foto: Netflix

Sebelum Kingdom, ada beberapa film Korea tentang zombi, misalnya yang paling populer adalah Train to Busan. Namun kesuksesan serial Netflix ini yang membuat produser di layar kaca melihat bahwa cerita wabah zombi potensial menarik penonton serial.

Setelah Kingdom, setiap tahunnya lahir drama Korea dengan kisah wabah zombi yang juga populer, seperti Zombie Detective (2020), Happiness (2021), dan All of Us Are Dead (2022).

Baca Juga: 10 Drama Korea Coming of Age Rating Tertinggi di MyDramaList

8. My Love from the Star (2013)

8 Drama Korea yang Jadi Trendsetter Konsep untuk Serial-Serial Lainnya

Foto: SBS

Sebelum lahirnya drama yang dibintangi aktris Jun Ji-hyun ini, karakter perempuan dalam drama Korea selalu digambarkan sebagai sosok yang lemah dan selalu butuh perlindungan dari laki-laki. Namun sosok Song-yi yang diperankan Ji-hyun justru kebalikannya. Ia berani menghajar siapa pun termasuk para pria yang semena-mena padanya.

Dari sinilah sosok perempuan tangguh alias badass mulai bermunculan dalam drama-drama lainnya. Sebut saja Man-wol (IU) dalam Hotel del Luna (2019), Yi-seo (Kim Da-mi) dalam Itaewon Class (2020) dan Moon-young (Seo Ye-ji) dalam It's Okay to Not Be Okay (2020). Bukan cuma tangguh, mereka pun fashionable, membuat penampilan mereka di layar selalu memikat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)