6 Drama Thailand dengan Tema Kesehatan Mental

6 Drama Thailand dengan Tema Kesehatan Mental
Drama Thailand dengan tema kesehatan mental salah satunya yang terbaru adalah The Eclipse. Foto/GMM 25
JAKARTA - Drama Thailand dengan tema kesehatan mental belum terlalu banyak dibuat, tapi yang hanya sedikit tersebut menjadi menarik perhatian, bahkan jadi perbincangan di negaranya.

Tema tentang kesehatan mental memang bukan kisah yang akrab diangkat oleh serial televisi di Asia Tenggara. Oleh karena itu, saat ada yang menceritakannya, apalagi jika tokoh utamanya adalah remaja dan menyinggung tema kontroversial lainnya, maka tak ayal drama tersebut akan langsung menjadi bahan pembicaraan.

Nah, berikut ini enam drama Thailand dengan tema kesehatan mental yang bisa kamu jadikan alternatif tontonan.

1. The Eclipse (2022)

6 Drama Thailand dengan Tema Kesehatan Mental

Foto: GMM 25

Drama Thailand on going ini tengah jadi pembicaraan hangat di negara asalnya. Pasalnya, selain mengangkat tema kesehatan mental di kalangan remaja, juga karena konsep BL alias boys love yang diusungnya.

The Eclipse bercerita tentang Ayan (Khaotung Thanawat), seorang murid yang baru pindah ke sekolah khusus laki-laki yang prestisius, Suppalo. Ia sebenarnya pindah demi mencari tahu penyebab aksi bunuh diri pamannya di sekolah tersebut.

Sementara itu, di Suppalo ada keyakinan bahwa murid yang melanggar aturan sekolah akan dikutuk, dan kutukan itu akan makin kuat saat gerhana matahari mendekat. Pihak sekolah lantas menugaskan Akk (Kanaphan Puitrakul) untuk mengawasi murid-murid yang akan melanggar aturan. Di sini, Ayan dianggap sebagai siswa aneh yang senang melanggar.

Ayan dan Akk digambarkan sama-sama punya masalah kesehatan mental. Ayan mengalami trauma dan depresi karena kehilangan pamannya yang punya hubungan dekat dengan dirinya. Sedangkan Akk tertekan secara mental, selain karena selalu dianggap siswa teladan, juga karena tekanan sosial yang dirasakannya.

Dalam salah satu adegan, digambarkan Akk tiba-tiba mengalami demam, padahal secara fisik dia tidak sakit. Ini rupanya karena kelelahan mental dan tekanan yang sangat kuat yang dialaminya. The Eclipse tayang sejak 25 Agustus lalu di GMM 25, dan akan berakhir pada 28 Oktober mendatang.

2. Project S: Skate Our Souls (2017)

6 Drama Thailand dengan Tema Kesehatan Mental

Foto: GMM 25

Drama ini juga masih berlatar kisah anak sekolahan, dan dikenal juga dengan judul S.O.S. Tokoh utamanya adalah anak SMA bernama Boo (James Teeradon Supapunpinyo) yang mengalami depresi. Ia sangat menyukai skateboarding, tapi ayahnya tak suka dengan hobinya itu.

Selain depresi, drama ini juga menunjukkan gangguan mental seperti menyakiti diri sendiri dan keinginan untuk mengakhiri hidup. Drama sebanyak delapan episode ini juga tayang di GMM 25.

3. You Never Eat Alone (2020)

6 Drama Thailand dengan Tema Kesehatan Mental

Foto: YouTube Copy A Bangkok

Drama Thailand lainnya yang bertema kesehatan mental adalah You Never Eat Alone. Drama komedi ini bercerita tentang seorang remaja yang tidak bisa makan sendirian. Ia harus selalu mencari orang untuk menemaninya makan.

Kondisi ini jadi rumit saat ia harus memasuki dunia perkuliahan. Di sini, ia dipaksa untuk beradaptasi untuk hidup dan makan sendirian.

You Never Eat Alone menyorot masalah trauma dan stigma yang menimpa penderita kesehatan mental. Drama ini dibintangi Zee Pruk Panich dan Peemapol Panichtamrong. Draam 12 episode ini bisa ditonton di kanal YouTube Copy A Bangkok.

Baca Juga: 5 Drama Thailand Bertema Sekolah, Dijamin Bikin Terhibur
halaman ke-1
Share: