7 Grup K-Pop yang Kontraknya Berakhir pada 2023, Lanjut atau Disband?

Selasa, 11 Oktober 2022 - 12:56 WIB
loading...
7 Grup K-Pop yang Kontraknya Berakhir pada 2023, Lanjut atau Disband?
Kontrak tujuh tahun pertama BLACKPINK akan berakhir pada Agustus 2023. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kontrak yang segera berakhir bagi grup K-pop adalah momen yang paling mengkhawatirkan untuk para penggemarnya.

Pasalnya, selalu ada kemungkinan grup idola mereka tersebut akan dibubarkan oleh agensi, atau para member-nya yang memutuskan tak memperpanjang kontrak. Yang pertama bisa karena grupnya dianggap tidak membawa profit, yang kedua bisa jadi karena sang idol ingin merambah bidang lain.

Pilihan yang lebih baik bagi penggemar adalah saat grup tidak memperpanjang kontrak dengan agensi lama, tapi pindah ke agensi baru, baik dalam agensi yang sama atau agensi yang berbeda. Yang terakhir terjadi pada GOT7 yang seluruh member-nya keluar dari JYP dan memilih agensi yang berbeda-beda, tapi GOT7 tidak bubar.

Selain itu, perlu juga diketahui bahwa grup idol K-pop umumnya dirancang bukan sebagai grup yang bertahan lama hingga belasan atau puluhan tahun. Karena itulah mereka dibekali banyak keahlian agar bisa mempertahankan karier mereka dalam bidang hiburan yang lain, terutama sebagai bintang drama televisi atau variety show.

Nah, berikut ini grup-grup K-pop yang kontrak tujuh tahunnya akan berakhir pada 2023.

1. BLACKPINK

7 Grup K-Pop yang Kontraknya Berakhir pada 2023, Lanjut atau Disband?

Foto: YG Entertainment

Kontrak BLACKPINK akan berakhir pada Agustus 2022. Jika melihat kesuksesan grup ini, sangat tidak mungkin BLACKPINK akan di-disband oleh agensinya, tapi ada beberapa hal lain yang membuat para penggemar khawatir akan keberlangsungan grup tersebut.

Pertama, selama ini Jennie, Jisoo, Rose, dan Lisa lebih banyak sibuk dengan proyek solo ketimbang grup. Mereka pun sukses dalam proyek-proyek tersebut.

Kedua, YG Entertainment punya citra buruk membubarkan 2NE1 secara mendadak saat grup itu tengah di puncak kepopulerannya, hanya selang tiga bulan setelah BLACKPINK debut. Rumor beredar bahwa agensi tersebut akan mendebutkan girl group baru berusia remaja pada 2023. Kondisi ini membuat para penggemar khawatir bahwa kondisi yang menimpa 2NE1 akan terjadi juga pada BLACKPINK.

2. NCT

7 Grup K-Pop yang Kontraknya Berakhir pada 2023, Lanjut atau Disband?

Foto: SM Entertainment

Kontrak NCT akan berakhir pada Januari 2023. Jika melihat proyek jangka panjang SM Entertainment dengan grup ini - seperti NCT Tokyo dan NCT Hollywood - hampir pasti grup ini tidak akan dibubarkan.

Meski begitu, ada spekulasi bahwa tidak semua member yang jumlahnya 23 orang akan memperbarui kontrak mereka. Mengingat Januari 2023 hanya hitungan kurang dari tiga bulan lagi, semestinya informasi detail tentang kontrak NCT akan keluar tak lama lagi.

Baca Juga: 9 Rekor K-Pop yang Sulit Terpecahkan, BTS Paling Banyak

3. Astro

7 Grup K-Pop yang Kontraknya Berakhir pada 2023, Lanjut atau Disband?

Foto: Fantagio

Suka tidak suka, grup Astro makin melejit namanya di kalangan mainstream berkat kepopuleran Cha Eun-woo lewat drama-drama yang dimainkannya. Karena itulah saat Februari 2023 nanti kontrak mereka berakhir, banyak yang berspekulasi bahwa Astro akan dibubarkan.

Selain karena faktor Cha Eun-woo yang disibukkan dengan proyek solonya, para member yang lain pun juga punya kesibukan kerja solo lainnya. Meski begitu, Astro tampaknya mengindikasikan bahwa mereka ingin tetap bersama, jadi peluang mereka meneruskan kontrak tetap terbuka.

4. Pentagon
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)