Rapper Coolio Ditemukan Meninggal Dunia di Kamar Mandi

Rapper Coolio Ditemukan Meninggal Dunia di Kamar Mandi
Rapper 90-an, Coolio, yang nge-hit dengan Gangstas Paradise, ditemukan tewas di kamar mandi di rumah seorang temannya, Rabu siang (28/9) waktu Los Angeles. (Foto: CNN)
Rapper 90-an, Coolio, yang nge-hit dengan Gangsta’s Paradise, ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa di kamar mandi di rumah seorang temannya, Rabu siang (28/9) waktu Los Angeles. Belum diketahui apa penyebab kematian rapper berusia 59 tahun itu. Teman dan managernya, Jarez Posey, telah mengonfirmasi kabar ini.

Menurut TMZ, Coolio sedang mengunjungi rumah seorang teman ketika paramedis dipanggil sekitar pukul 16.00 waktu setempat. Mereka dipanggil setelah teman Coolio itu menemukan rapper itu dalam kondisi tidak responsif di kamar mandi. Coolio kemudian dinyatakan tewas di tempat.

Di sekitar lokasi kejadian tidak ditemukan tanda-tanda mencurigakan. Polisi saat ini sedang menyelidiki kematian rapper itu. Otopsi dan uji toksikologi akan dilakukan. Tapi, polisi mengatakan mereka tidak menemukan narkoba atau parafenalia obat-obatan di lokasi kejadian. Menurut Jarez, paramedis menduga, Coolio terkena serangan jantung.

Baca Juga: Profil PnB Rock, Rapper Amerika yang Tewas Ditembak saat Perampokan

Mengutip The New York Times, sepanjang hidupnya, Coolio berjuang melawan asma. Dia bahkan pernah menjadi juru bicara untuk Yayasan Asma dan Alergi Amerika. Saat tampil di Brooklyn, New York, pada 2016, dia mengalami serangan asma dan diselamatkan seorang penggemar yang membawa inhaler.

Karier Coolio dimulai pada 80-an. Dia mendapatkan ketenaran dari arus bawah tanah. Fantastic Voyage adalah lagu pertama yang benar-benar menempatkannya di peta musik. Coolio juga dikenal dengan lagu lain seperti C U When You Get There dan 1, 2, 3, 4 (Sumpin’ New).

Coolio lahir dengan nama Artis Leon Ivey Jr. Dia memenangkan Grammy untuk Rapper Solo Terbaik pada 1996 untuk Gangsta’s Paradise. Lagu itu jadi hit setelah menjadi soundtrack film Dangerous Mind. Di era streaming, lagu itu telah mencapai 1 miliar view di YouTube.



“Itu adalah sejenis lagu yang turun temurun di generasi. Saya tidak menggunakan kata-kata trendi… saya rasa itu membuatnya timeless,” ujar Coolio dalam wawancara terbaru yang dikutip CNN.

Meski berstatus sebagai rapper “tua”, Coolio punya tempat istimewa di hati kaum Millenial atas lagunya untuk serial Nickelodeon Kenan and Kel. Dia juga berkontribusi untuk album Dexter’s Laboratory: The Hip-Hop Experiment. Album itu berisi lagu dari berbagai artis hip hop yang terinspirasi serial animasi Cartoon Network.

Dalam beberapa tahun terakhir, Coolio menikmati keuntungan menjadi sosok notalgia. Dia tampil di tayangan televisi seperti Celebrity Cook Off dan Celebrity Chopped. Coolio juga punya tayangan di Oxygen, Coolio’s Rules, yang tayang pada 2008.

Coolio tumbuh di Compton, California. Sepanjang kariernya, dia telah menjual lebih dari 17 juta rekaman. Sebelum meniti karier sebagai rapper, Coolio pernah kecanduan narkoba. Tapi, dia kemudian sadar dan berhenti menjadi pemadat setelah berusaha menjadi pemadam kebakaran.

Baca Juga: Rapper Sidhu Moose Tewas Diberondong Peluru, Polisi India Sebut Aksi Gangster Kanada

“Saya tidak mencari karier, saya mencari cara untuk bersih—cara untuk keluar dari narkoba. Itu akan membunuh saya dan saya tahu saya harus berhenti. Dalam pelatihan petugas pemadam kebakaran, ada disiplin yang saya perlukan. Kami lari setiap hari. Saya tidak minum atau merokok atau melakukan apa yang dulu saya biasa lakukan,” kata Coolio kepada Los Angeles Times pada 1994.

Selain nge-rap, Coolio juga pernah menjajal akting baik di layar lebar atau pun di televisi. Dia pernah memerankan Jonathan Crane di Batman & Robin. Kemudian, tampil di Daredevil pada 2003 yang dibintangi Ben Affleck. Dia juga muncul di Dear God, Leprechaun in the Hood, Submerged, Shriek If You Know What I Did Last Friday the 13th, In Pursuit, the Beat, Stealing Candy, A Wonderful Night in Split, Dracula 3000, Pterodactyl, dan Three Days to Vegas. Coolio juga tampil di tayangan televisi seperti Martin, Sabrina the Teenage Witch, The Nanny, Joey, Black Jesus, dan Teachers.


(alv)
Share: