10 Film Marvel Paling Jelek dalam Satu Dekade Terakhir

Minggu, 18 September 2022 - 11:55 WIB
loading...
10 Film Marvel Paling Jelek dalam Satu Dekade Terakhir
Dalam 10 tahun terakhir, sejumlah film Marvel gagal memuaskan penontonnya dan masuk kategori paling jelek. Di IMDb, penonton pun mengungkapkan pandangan mereka. (Foto: Shortlist)
A A A
Dalam 10 tahun belakangan, film Marvel dianggap “antigagal”, terutama yang masuk Marvel Cinematic Universe (MCU). Tapi, dalam masa ini, film Marvel tidak hanya MCU. Masih ada sejumlah film Marvel yang masuk franchise lain di Fox dan Sony.

Tentu saja, dari puluhan film yang sudah dirilis, tidak semuanya masuk kategori bagus. Dalam 10 tahun ini saja, sudah banyak film Marvel yang jadi sasaran empuk amarah para pengulas film dan penonton. Faktornya pun banyak. Dari segi cerita, pemilihan casting, hingga tone punya banyak pengaruh atas penilaian penonton dan kritikus terhadap film tersebut.

Di IMDb, sejumlah film Marvel yang dirilis dalam 10 tahun terakhir ini masuk kategori terjelek. Bahkan, di antaranya ada yang berasal dari MCU, yang selama ini dikenal kebal rating jelek. Nah, apa saja film Marvel paling jelek dalam satu dekade terakhir menurut IMDb? Simak ulasannya berikut ini!



10. The Wolverine — 6,7

10 Film Marvel Paling Jelek dalam Satu Dekade Terakhir

Foto: Marvel

Franchise X-Men di film agak kocar kacir dalam 10 tahun terakhir. Sementara ada yang bisa menjadi hit, ada juga yang tidak. The Wolverine adalah salah satu film X-Men dengan rating paling buruk dalam 10 tahun terakhir di IMDb. Sebagai perbandingan, di Rotten Tomatoes, film ini mendapatkan rating 69% dan tidak masuk 10 besar film Marvel paling jelek dalam 10 tahun terakhir.

Dengan mempertimbangkan sudah ada film asal usul Wolverine, tambahan ini rasanya nyaris tidak dibutuhkan. Setting film di Jepang jelas tidak pas dengan fim lain X-Men tentang Wolverine. Film ini memang tidak bagus. Untungnya, Logan mampu menjadi pamungkas yang memuaskan.

9. Venom — 6,6

10 Film Marvel Paling Jelek dalam Satu Dekade Terakhir

Foto: IMDb

Venom adalah film pertama di Sony’s Spider-Man Universe (MCU). Meski sukses di box office, kritikus dan penonton sama-sama tidak terkesan dengan nyamannya Venom dengan Eddie Brock. Dia lalu memutuskan melawan rencana makhluk sejenisnya yang ingin memakan manusia.

Cerita yang sederhana membuat kecewa kritikus yang mengharapkan kedalaman lebih di film superhero karena MCU. Namun, review positif disematkan kepada penampilan Tom Hardy sebagai pemeran utama. Penggambaran Tom terhadap Eddie yang dilanda kecemasan sangat menghibur penonton.

8. The Amazing Spider-Man 2 — 6,6

10 Film Marvel Paling Jelek dalam Satu Dekade Terakhir

Foto: The Cosmic Circus

Sekuel Amazing Spider-Man ini dianggap menutup perjalanan Andrew Garfield sebagai Peter Parker. Namun, dia kembali ke peran ini tahun lalu di Spider-Man: No Way Home. Amazing Spider-Man 2 gagal memberikan kesan bagi penonton dan kritikus. Meskipun, kalau ditonton lagi, film ini tidak jelek-jelek amat sebenarnya. Angka 6,6 di IMDb ini mengindikasikan kalau film ini sebenarnya cukup bisa dinikmati.

Film itu dikritik karena menampilkan terlalu banyak penjahat dan setup untuk semesta sinematik, yang malah menjauhkan ancaman Electro dan mengubahnya menjadi penjahat kelas rendahan. Kisah cinta antara Peter dan Gwen disoroti sebagai titik terkuat. Tapi, poin negatifnya sepertinya lebih berat dari positifnya. Ini karena plot yang terlalu rumit atas penyakit Harry Osborn dan perubahan mendadaknya menjadi Green Goblin tidak pas dengan ceritanya.

7. Thor: Love and Thunder — 6,5

10 Film Marvel Paling Jelek dalam Satu Dekade Terakhir

Foto: Marvel

Kesuksesan Thor: Ragnarok mengangkat kembali karakter Thor di MCU membuat Marvel bersemangat untuk melanjutkan kisahnya. Sayang, Thor: Love and Thunder gagal membuat penggemar dan kritikus terkesan. Formula Thor: Ragnarok yang diterapkan di film ini tidak berhasil dan justru membuat film ini terkesan pointless.

Kembalinya Jane Foster ke franchise Thor ternyata tidak banyak mempengaruhi film ini. Gaya penceritaan yang dangkal dengan komedi yang berlebihan membuat film ini jadi bikin penggemar malas menontonnya. Namun, Christian Bale yang tampil sebagai Gorr the God Butcher di film ini mendapatkan pujian dari banyak orang.

6. Eternals — 6,3

10 Film Marvel Paling Jelek dalam Satu Dekade Terakhir

Foto: Den of Geek

Sepanjang 11 tahun perjalanannya di dunia perfilman, MCU sepertinya kebal dengan ulasan buruk. Tapi, ini hanya bertahan sampai Eternals dirilis. Film ini langsung mendapatkan ulasan buruk dan skor rendah di sejumlah situs pengulas film, termasuk IMDb. Meski angka di IMDb masih lumayan, di atas 6,0, tapi tetap saja, ini menjadi film MCU terjelek selama 10 tahun terakhir.

Kritikus merasa ada banyak hal yang seharusnya diperbaiki Eternals demi menjustifikasi masa depan karakter di serial ini. Cerita tentang makhluk abadi yang hidup seperti manusia tidak terkait, karena para pengulas film merasa itu tidak logis. Sebagian besar film itu didedikasikan untuk karakter yang membahas masa lalu mereka. Karena penonton tidak tahu siapa orang-orang itu sebelum film ini, eksposisi ini tidak berdampak bagi penggemar.

5. Venom: Let There Be Carnage — 5,7

10 Film Marvel Paling Jelek dalam Satu Dekade Terakhir

Foto: IMDb

Meskipun dianggap menjadi perbaikan dari sebelumnya, Venom: Let There Be Carnage juga menerima review negatif atas ceritanya yang terlalu cepat. Film ini juga terlalu pendek dan kurang mengekspos kekuatan Carnage. Meski begitu, pujian ditujukan kepada Eddie Brock dan Venom.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)