5 Drama Korea yang Kelihatannya Happy Ending Padahal Tidak

5 Drama Korea yang Kelihatannya Happy Ending Padahal Tidak
Crash Landing on You berakhir bahagia, tapi ada juga penonton yang berteori sebaliknya. Foto/tvN
JAKARTA - Menonton drama Korea tentu menyenangkan kalau ceritanya berakhir bahagia. Namun yang terlihat menyenangkan pada ending ceritanya bisa jadi tak sepenuhnya seperti itu.

Sebagian penonton berteori bahwa beberapa drama Korea yang ceritanya berakhir bahagia sebenarnya tidak seindah yang terlihat. Penulis skenario dan sutradara sebenarnya menyembunyikan masalah yang ada, dan hal ini hanya akan terlihat kalau penonton benar-benar jeli menelaahnya.

Nah, berikut ini lima drama Korea yang happy ending, tapi menurut teori penonton justru tidak seperti itu.

1. Goblin (2016)

5 Drama Korea yang Kelihatannya Happy Ending Padahal Tidak

Foto: tvN

Mayoritas penonton menganggap drama Korea legendaris ini ditutup dengan cerita bahagia. Pasalnya, Eun-tak sang pengantin goblin yang mati akhirnya bereinkarnasi dan bisa bertemu kembali dengan Kim Shin. Adapun pedang di dada Kim Shin juga berhasil dicabut, meskipun ia tetap saja menjadi goblin.

Namun, ending bahagia ini dianggap tetap menyedihkan karena meskipun Eun-tak bisa mengingat Kim Shin setiap kali ia bereinkarnasi, tapi perempuan itu hanya bisa lahir kembali sebanyak empat kali. Ini artinya, Kim Shin tetap akan sendiri selamanya setelah Eun-tak tidak lagi bisa bereinkarnasi.

2. Mr Queen (2021)

5 Drama Korea yang Kelihatannya Happy Ending Padahal Tidak

Foto: tvN

Mr Queen berakhir dengan Raja Cheoljong akhirnya hidup bahagia bersama Ratu Cheorin setelah mengalahkan sang antagonis utama. Adapun chef Jang Bong-hwan kembali ke era sebelumnya ia hidup.

Meski kelihatannya semuanya hidup bahagia, tapi ada penonton yang menganggap hal ini justru jadi sesuatu yang menyedihkan buat Bong-hwan dan Raja. Bong-hwan yang kembali ke masa kini harus hidup sendiri dan tak bisa menikmati hasil perjuangannya saat masih berada di dalam tubuh Ratu.

Selain itu, Raja sebenarnya jatuh cinta pada Ratu yang rohnya diisi oleh Bong-hwan, bukan Ratu yang sebenarnya seperti yang ada dalam akhir cerita. Ini artinya, sebenarnya kisah cinta Raja dan Bong-hwan tidak berakhir bahagia.

Bukan cuma itu, jangan lupakan juga bahwa orang-orang jahat yang ada dalam drama ini memang berhasil dikalahkan, tapi mereka tidak mati, juga tidak dipenjara.

3. Crash Landing on You (2019-2020)

5 Drama Korea yang Kelihatannya Happy Ending Padahal Tidak

Foto: tvN

Crash Landing on You ditutup dengan bertemunya kembali Kapten Ri dengan Se-ri di Swiss. Penonton lalu dengan cepat menganggap ini adalah sebuah akhir yang membahagiakan bagi pasangan dari dua negara yang berseteru ini.

Penonton lupa bahwa Kapten Ri masih menjadi tentara yang merupakan sosok yang diandalkan oleh Korea Utara. Cepat atau lambat, ia akan kembali ke negaranya. Yang artinya, mereka akan menjalani hubungan LDR yang sangat sulit karena konflik antara kedua negara.

Konflik ini pula yang membuat keduanya hampir pasti tidak bisa menikah, kecuali salah satunya jadi pembelot. Kalau Kapten Ri yang membelot, ini tentu akan sangat membahayakan jiwanya.

Belum lagi, semua teman Se-ri sebenarnya ada di Korea Utara. Intinya, apa pun yang terjadi setelah pertemuan di Swiss, Kapten Ri dan Se-ri tetap akan menjalani perjalanan hidup yang berat dan rumit.

Baca Juga: 4 Artis Drama Korea yang Diperlakukan Buruk saat Syuting

4. Rooftop Prince (2012)

5 Drama Korea yang Kelihatannya Happy Ending Padahal Tidak

Foto: SBS

Drama komedi romantis dengan bumbu fantasi lintas waktu ini berakhir bahagia dengan kekalahan para antagonis yang ada dalam era Joseon. Adapun karakter utama Park-ha bisa bertemu kembali dengan versi modern sang Putra Mahkota Lee-gak, yaitu Tae-yong.

Namun, ada penonton yang menganggap bahwa Park-ha sebenarnya hanya bisa hidup bersama 'tiruan' Lee-gak. Tapi tetap saja Tae-yong bukan Lee-gak. Meskipun ada pula penonton yang berteori bahwa akhir ceritanya memberi kesan ambigu tentang pria yang ditemui Park-ha, alias tak jelas apakah itu Tae-yong atau Lee-gak.

Selain itu pada masa lalu, Lee-gak juga masih tetap harus mengirim Se-na dan ibunya ke pengasingan. Padahal, Park-ha sudah mengorbankan dirinya demi hal tersebut tidak terjadi. Kakak Se-na yang jahat juga tidak mendapat ganjaran yang setimpal atas perbuatannya.

Baca Juga: 4 Drama Korea saat Karakter Perempuannya Memilih Tetap Jomblo

5. Vincenzo (2021)

5 Drama Korea yang Kelihatannya Happy Ending Padahal Tidak

Foto: tvN

Vincenzo berakhir dengan terbalasnya semua kejahatan. Adegan romantis antara Vincenzo dan Cha-young juga menambah sempurna penutup cerita kisah gangster ini.

Namun setelah itu, Vincenzo harus pergi mengisolasi dirinya ke sebuah pulau karena statusnya adalah buronan. Meski ini adalah tipikal filmantihero, tapi tetap saja hal tersebut bukan akhir yang membahagiakan untuk sebuah kisah romantis.

Akan sulit buat Vincenzo dan Cha-young membangun hubungan yang sehat karena status buronan Vincenzo. Ditambah lagi, Cha-young adalah perempuan yang kariernya bagus dan sangat independen. Jika mereka mau tetap bersama, tentunya keduanya harus berusaha keras merawat cinta mereka.



(ita)
Share: