4 Drama Korea Kena Kritik tapi Tetap Raih Rating Tinggi dan Cetak Sejarah

Sabtu, 03 September 2022 - 10:03 WIB
loading...
4 Drama Korea Kena Kritik tapi Tetap Raih Rating Tinggi dan Cetak Sejarah
Twenty-Five Twenty-One pernah dikritik beberapa kali oleh penonton drama Korea ini. Foto/tvN
A A A
JAKARTA - Di balik kesuksesan beberapa drama Korea dalam daftar rating tertinggi, ternyata tetap ada kontroversi dan kritik yang menyertainya.

Beberapa di antaranya dikritik karena dinilai memiliki latar belakang karakter membosankan, penempatan product placement (PPL) yang berlebihan, hingga diduga mengubah sejarah Korea. Berikut empat drama Korea yang kontroversial tapi justru sangat terkenal dan memiliki rating tinggi.

1. Goblin (2016)


4 Drama Korea Kena Kritik tapi Tetap Raih Rating Tinggi dan Cetak Sejarah

Foto: tvN

Drama Korea pertama yang sukses tapi penuh kontroversi ialah Goblin(2016). Serial televisi yang dibintangi ooleh Gong Yoo, Lee Dong-wook, Kim Go-eun, Yoo In-na, dan Yook Sung-jae, ini berhasil memikat banyak orang dengan akting dalam pembawaan cerita yang romantis dan menghibur.

Drama ini mengisahkan tentang seorang jendral yang dikutuk menjadi dokkaebi alias goblin dan menjadikannya abadi. Atas kutukan yang mulanya ia anggap berkah itu, perlahan menjadi sebuah penderitaan karena harus melihat orang terkasih meninggal satu per satu. Kutukan tersebut bisa berakhir jika ada seseorang yang mampu mencabut pedang di dadanya, yang disebut pengantin goblin.

Goblin masuk dalam Top 3 serial tvN dengan rating episode dan rating rata-rata nasional tertinggi sepanjang masa menurut data Nielsen Korea. Angkanya adalah 18,6% untuk rating episode, hanya kalah dari Reply 1988 dan Crash Landing on You. Sementara rating rata-rata nasionalnya sebesar 12,8%, hanya kalah dari Mr. Sunshine senilai 0,1%.

Serial ini juga menjadi drama Korea yang legendaris, memenangkan banyak penghargaan di pasar domestik. Sementara di luar Korea, drama ini termasuk pendorong hallyu di seluruh dunia.

Meski begitu, di balik kesuksesannya, serial ini juga sempat dikritik berkali-kali. Pertama, karakter utama pria (Kim Shin), dianggap terlalu berlebihan karena punya sifat hampir sempurna serta memiliki kekuatan yang tidak dimiliki manusia biasa.

Kemudian karakter perempuan yang diperankan Kim Go-eun dinilai terlalu mainstream, karena latar belakang kisah hidupnya yang menyedihkan sudah sering terjadi dalam drama lainnya.

Kedua, penempatan product placementproduk yang keterlaluan dalam banyak adegannya. Bahkan produk yang diiklankan sampai mendapatkan adegan khusus tersendiri. Padahal adegan tersebut dinilai oleh kebanyakan penonton tidak dibutuhkan untuk plot cerita. Contohnya saat Kim Shin mengenang dirinya ketika masih menjadi seorang sales parfum.

Kontroversi terakhir dari film ini adalah hadirnya kisah cinta antara pria dewasa dan anak SMA, yang dianggap sebagai bentuk dukungan terhadap pedofilia.

2. Crash Landing on You (2019)

4 Drama Korea Kena Kritik tapi Tetap Raih Rating Tinggi dan Cetak Sejarah

Foto: tvN

Drama tvN dengan rating tertinggi episode sepanjang masa ini juga tak terhindar dari kontroversi dan kritikan. Serial karya penulis naskah populer Park Ji-eun yang berjumlah 19 episode ini bercerita tentang pengusaha dari keluarga kaya yang terjebak di Korea Utara karena kecelakaan dan akhirnya menjalin kisah cinta dengan tentara Korea Utara bernama Ri Jung Hyuk atau Kapten Ri.

Terlepas dari catatan sejarah yang berhasil diukir, drama ini juga banjir kritik, baik dari penonton maupun pemerintah. Penggambaran Korea Utara dan warganya sebagai latar cerita dianggap terlalu diromantisasi, berbeda dengan yang selama ini penonton lihat dalam berita-berita di media massa.

Ditambah lagi, ada keterlibatan pembelot Korea Utara yang turut serta dalam proses pembuatan cerita drama tersebut.

3. Twenty-Five Twenty-One (2022)

4 Drama Korea Kena Kritik tapi Tetap Raih Rating Tinggi dan Cetak Sejarah

Foto: tvN

Twenty-Five Twenty-Onemenjadi salah satu drama karya sutradara Jung Ji-hyun paling hit tahun ini. Serialnya dibintangi oleh Kim Tae-ri, Nam Joo-hyuk, Bona WJSN, Choi Hyun-wook, Lee Joo-myung, dan Kim Hye Eun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2858 seconds (0.1#10.140)