9 Hal dalam Drama Korea yang Sungguh Terjadi dalam Kehidupan Nyata

Rabu, 10 Agustus 2022 - 10:18 WIB
loading...
A A A
Sekte, dukun, pembacaan kartu tarot, dan peramal nasib juga hal yang umum terjadi dalam masyarakat di Korea, seperti yang tergambar dalam Cafe Minamdang. Dalam drama Korea Tomorrow, karakter yang diperankan Rowoon dan Lee Soo-hyuk sempat digambarkan kena tipu oleh seorang anggota sekte.

Lalu dalam drama thriller Hellbound pun sekte religi juga sempat digambarkan punya pengaruh luas di dalam masyarakat.

Baca Juga: 8 Drama Korea yang Cocok untuk Ditonton Kaum Introvert

5. Kekerasan di Sekolah dan di Tempat Kerja

9 Hal dalam Drama Korea yang Sungguh Terjadi dalam Kehidupan Nyata

Foto: SBS

Bukan cuma kekerasan di sekolah yang kasusnya kerap menimpa idol K-pop dan bintang drama, kekerasan di tempat kerja pun sering terjadi di tengah masyarakat Korea. Selain bekerja melebihi waktu, kekerasan oleh bos dan rekan kerja seperti yang tergambar dalam Taxi Driver episode 5 dan 8 juga terjadi. Perlu dicatat, kasus tersebut terinspirasi dari kisah nyata.

Dalam masyarakat Korea ada istilah gapjil, yaitu tindakan arogan dan kasar yang dilakukan oleh seseorang yang lebih berkuasa ke orang di bawah mereka. CNN menyebut bahwa hampir 30% pekerja di Korea Selatan mengalami kekerasan di tempat kerja.

6. Adopsi

9 Hal dalam Drama Korea yang Sungguh Terjadi dalam Kehidupan Nyata

Foto: tvN

Adopsi anak Korea oleh pasangan di luar negeri bukan hal yang aneh. Rumitnya masalah ini cukup tergambar dalam Move to Heaven episode 9. Kisah karakter Song Joong-ki dalam Vincenzo yang diadopsi mafia Italia, meski kedengarannya mustahil, tapi nyatanya bisa saja terjadi.

Saking merebaknya adopsi anak Korea oleh orang-orang di luar Korea bahkan membuat pemerintah menetapkan aturan yang lebih ketat untuk hal ini.

7. Minimarket 24 Jam

9 Hal dalam Drama Korea yang Sungguh Terjadi dalam Kehidupan Nyata

Foto: SBS

Kota Seoul tak pernah tidur. Minimarket buka 24 jam, sementara beberapa restoran, kafe internet (PC Bang), study cafe, bar, dan tempat karaoke buka sampai larut malam, bahkan sampai dinihari.

Dalam Extraordinary Attorney Woo episode 9 digambarkan seorang anak SD yang makan saat larut malam di minimarket, dan ini memang benar terjadi di area-area berdirinya tempat kursus.

8. DTR

9 Hal dalam Drama Korea yang Sungguh Terjadi dalam Kehidupan Nyata

Foto: tvN

DTR atau Defining The Relationship mengacu pada sebutan yang menempel pada nama seseorang, terkait statusnya dengan orang yang diajak bicara. Jika di Indonesia kita memanggil seseorang dengan "Mbak", "Bang", atau "Kak", maka di Korea berlaku kata "Oppa", "Unnie", juga "Noona".

Jika ada seseorang yang tidak memakai embel-embel tersebut dalam berinteraksi sosial, maka ia akan dianggap kasar alias tidak sopan.

Baca Juga: 6 Drama Korea tentang Cewek Jelek Jadi Cantik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2212 seconds (0.1#10.140)