5 Kontroversi ISAC Sepanjang Masa Penyelenggaraannya, Cedera Parah Paling Gawat

5 Kontroversi ISAC Sepanjang Masa Penyelenggaraannya, Cedera Parah Paling Gawat
ISAC alias Idol Star Athletics Championship hampir selalu mengundang kontroversi dalam penyelenggaraannya. Foto/MBC
JAKARTA - ISAC atau Idol Star Athletics Championships adalah kejuaraan bagi para idol K-pop yang diselenggarakan sejak 2010 oleh stasiun televisi MBC.

Dalam kompetisi ini, para idol melakukan lomba, baik secara individu maupun bersama grup mereka. Beberapa cabang olahraga yang dilombakan antara lain atletik, panahan, futsal, tenis meja, e-sport, sampai yang terbaru adalah dance.

Ajang ini biasanya disiarkan untuk menyambut hari libur Chuseok atau hari panen yang jatuh pada musim gugur (September-Oktober). Pada masa itu, warga Korea Selatan memperoleh libur selama tiga hari.

Karena ditayangkan pada masa liburan, tak heran rating acara ini juga tinggi. Pada 2015, ratingnya bisa mencapai 9,9%. Sedangkan pada 2019 rating tertingginya mencapai 9,4%. Setelah itu, ISAC dihentikan sementara selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Karena rating yang tinggi itu, banyak agensi yang menyertakan grup-grupnya untuk ikut serta dalam acara ini. Apalagi bagi grup rookie, ISAC menjadi ajang promosi yang efektif untuk mengenalkannya kepada para pencinta musik K-pop.

Tahun ini, ISAC 2022 akan ditayangkan pada September mendatang. Ada 53 grup K-pop serta solois yang ikut dalam acara ini, menandakan masifnya kompetisi tersebut.

Sayangnya, acara yang populer ini juga kerap dihajar kontroversi sejak awal penyelenggaraannya. Bahkan, sebagian penggemar tak suka jika idol-nya mengikuti kompetisi ini. Nah, berikut ini beberapa kontroversi ISAC yang pernah terekam sepanjang penyelenggaraannya.

1. Cedera Parah hingga Dirawat 6 Minggu di Rumah Sakit

5 Kontroversi ISAC Sepanjang Masa Penyelenggaraannya, Cedera Parah Paling Gawat

Foto: Koreaboo

ISAC kerap kali dikritik oleh para penggemar K-pop karena dianggap membahayakan para idol mereka. Sudah tak terhitung idol yang mengalami cedera ringan hingga parah saat melakukan pertandingan di lapangan.

Mengutip Kpop Herald, Seolhyeon AOA pernah terluka kakinya saat melakukan curling, yaitu olahraga meluncurkan batu di atas permukaan es hingga sampai ke daerah sasaran. Akibatnya, ia sampai harus dirawat di rumah sakit selama enam minggu.

Jin BTS juga pernah sampai berdarah sikunya karena beradu dengan Dongjun ZE:A saat bertanding futsal. Sementara Leo VIXX sampai tak bisa tampil di televisi karena luka memar di wajahnya akibat olahraga yang sama.

Woohyun INFINITE juga pernah terluka parah saat mengikuti ISAC 2014. Tulang rawan di sekitar bahu kirinya robek saat bertanding futsal. Akibat cedera ini, ia jadi tidak bisa menggunakan lengan kirinya dengan sempurna.

Selain Seolhyeon, Xiumin EXO, Bora Sistar juga pernah cedera. Sedangkan Jackson dan Jinyoung GOT7 sampai harus memakai gips di lengan mereka karena cedera.

Baca Juga: 5 Tuduhan Plagiat Paling Konyol dalam K-Pop, Terbaru NewJeans

Cedera saat olahraga sebenarnya adalah hal yang biasa. Namun yang dikeluhkan para penggemar adalah karena MBC dianggap tidak menyediakan perawatan yang layak bagi idol yang cedera di lapangan.

Akibat rentetan cedera ini, pada 2018 para penggemar sempat memboikot acara tersebut. Namun MBC tetap menyiarkan acara ISAC.

2. Terpaksa Pakai Sepatu dari Sponsor

5 Kontroversi ISAC Sepanjang Masa Penyelenggaraannya, Cedera Parah Paling Gawat

Foto:Sports Kyunghyang

Mengutip laporan Sports Kyunghyang, pada saat syuting ISAC 2022 pada 30 Juli dan 1 Agustus lalu, ada empat idol yang terjatuh karena memakai sepatu dengan sol tinggi. Padahal mereka sedang melakukan lomba atletik.

Meski kualitas sepatunya bagus, tapi sepatu jenis itu tidak cocok, malah berbahaya, untuk beraktivitas olahraga. Namun para idol terpaksa memakainya karena itu adalah produk sepatu dari sponsor.

3. Aturan yang Tidak Manusiawi

5 Kontroversi ISAC Sepanjang Masa Penyelenggaraannya, Cedera Parah Paling Gawat

Foto: MBC

ISAC 2022 juga sempat mengundang kontroversi pada awal pengumumannya karena aturan yang dianggap tidak manusiawi bagi para penggemar. Aturan ini pertama kali diunggah oleh boy grup AB6IX pada 26 Juli lalu.

Sesuai pengumuman, pemeriksaan kehadiran untuk para idol dan penonton dilakukan pada 1 Agustus pukul 05:30 waktu setempat. Kemudian gerbang akan ditutup pada pukul 6:10. Selain itu, penonton juga dilarang makan selama syuting.

Aturan ini langsung direspons negatif oleh para fandom karena syuting yang berlangsung dari pagi sampai malam akan sangat memberatkan bagi mereka. Meskipun ada istirahat untuk makan siang, tapi tetap saja aturan tersebut dianggap memberatkan. Meski begitu, MBC tetap teguh pada peraturan tersebut dengan alasan mencegah penyebaran Covid-19 yang masih merebak di Korea.

4. Perang Dingin MBC dan HYBE

5 Kontroversi ISAC Sepanjang Masa Penyelenggaraannya, Cedera Parah Paling Gawat

Foto: BigHit Entertainment

Ini adalah isu lama yang sampai sekarang sepertinya masih berlaku. Seperti diketahui, pada tahun ini tak ada satu pun grup dari HYBE yang mengikuti ISAC. Alih-alih, grup-grup K-pop dari HYBE malah lebih dulu membuat acara serupa ISAC yang dibuat oleh produser beken Na PD alias Na Yeong-seok.

Ini menjadi pertanda bahwa perang dingin antara HYBE dan MBC, atau lebih tepatnya produser acara musik di MBC, tampaknya masih berlangsung. Semua ini bermula pada akhir tahun 2019 silam, BTS diundang untuk menjadi pengisi acara pada perhelatan Gayo Daejejeon yang diadakan stasiun televisi tersebut.

Sayangnya BTS tidak dapat memenuhi undangan itu karena sedang memiliki jadwal di luar negeri. Ketidakhadiran BTS ini akhirnya menimbulkan konflik berkepanjangan hingga kini. Bahkan Music Core yang tayang di MBC menjadi satu-satunya acara program musik besar yang tidak dihadiri BTS saat mempromosikan album terbaru mereka, Proof.

Meski kedua pihak telah membantah isu tersebut, tapi fakta-fakta yang ada sulit untuk diabaikan begitu saja.

5. Perlakuan Buruk Agensi dan Perbandingan Menu Makan Siang

5 Kontroversi ISAC Sepanjang Masa Penyelenggaraannya, Cedera Parah Paling Gawat

Foto: Nate Pann

Yang satu ini tidak terkait langsung dengan MBC, melainkan antara agensi dengan fandom. Seperti diketahui, agensi bertanggung jawab penuh pada partisipasi para fandom tiap grup yang hadir dalam ISAC.

Agensi yang mengurus daftar peserta, menyiapkan staf untuk fandom mereka, termasuk memberikan makan siang gratis saat istirahat. Nah, yang baru saja terjadi, Stay alias fandom Stray Kids belum lama ini mengeluhkan etika staf yang disewa agensi untuk mengurus mereka dalam acara tersebut.

Staf tersebut dianggap tidak sopan. Sementara agensi juga disebut mengabaikan keinginan penggemar untuk memberikan dukungan berupa banner untuk Stray Kids. JYP Entertainment akhirnya menyampaikan permintaan maaf resmi terkait masalah itu.

Baca Juga: 5 Drama Korea tentang Orang Kaya yang Pura-Pura Miskin

Selain itu, ada pula isu perbandingan menu makan siang yang dibahas oleh netizen. Misalnya saja saat mereka membandingkan menu untuk penggemar ATEEZ dan CIX. Saat itu, agensi ATEEZ memberikan menu makan siang omurice (nasi goreng berbalut omelet) dari merek populer Kimbap Heaven.

Ini berbeda dengan CIX yang menu makan siangnya lebih beragam, yaitu jus, buah, kimbap, sandwich, ayam, roti, fish cakes, dan spam musubi. Mereka bahkan memberikan kupon makan malam di restoran yang cukup mahal untuk fandom-nya.

Gara-gara ini, netizen pun jadi bertanya-tanya, bagaimana mungkin ATEEZ yang lebih populer dibanding CIX dan baru saja menggelar tur dunia menyediakan menu yang 'kalah' dibanding grup tersebut.



(ita)
Share: