7 Drama Korea Sukses yang Pernah Ditolak Stasiun TV Besar

Sabtu, 23 Juli 2022 - 09:30 WIB
loading...
7 Drama Korea Sukses yang Pernah Ditolak Stasiun TV Besar
Descendants of the Sun ditolak penayangannya di SBS dan akhirnya dirilis di stasiun televisi pesaing, KBS. Foto/KBS
A A A
JAKARTA - Drama Korea sukses dengan rating tinggi tak selalu berawal dari jalan yang mulus. Dalam beberapa kasus, serial-serial tersebut bahkan ditolak oleh stasiun televisi nasional di Korea.

Penolakan tersebut punya alasan yang beragam. Dari bujet yang terlalu besar hingga cerita yang dianggap terlalu serius. Namun ditolak di satu stasiun televisi mengantarkan drama tersebut sukses besar di stasiun televisi lainnya.

Berikut ini drama Korea yang pernah ditolak di stasiun televisi besar di negeri pengekspor budaya pop era terkini tersebut.

1. Descendants of the Sun

7 Drama Korea Sukses yang Pernah Ditolak Stasiun TV Besar

Foto: KBS2

Descendants of the Sun tayang di KBS pada 2016, dan jadi salah satu drama legendaris dengan rating tinggi. Namun ternyata, drama ini awalnya ditawarkan ke SBS, tapi stasiun televisi nasional tersebut menolaknya. Padahal, kedua pihak sudah membahas jadwal penayangan serial tersebut.

Mengutip Sports Donga, alasan SBS akhirnya menolak memproduksi drama tersebut adalah karena biaya produksi yang tinggi, termasuk syuting di Yunani. Sementara karakter utamanya yang seorang tentara dan dokter membuat keduanya akan lebih banyak memakai seragam. Ini membuat SBS merasa akan sulit mencari sponsor iklan product placement (PPL).

Fakta bahwa drama ini ditulis oleh Kim Eun-sook yang berada di balik kesuksesan drama SBS Heirs (2014), dan delapan proyek lainnya, tetap membuat stasiun televisi itu bergeming. Keputusan tak cermat itu akhirnya membuat SBS terpaksa gigit jari setelah melihat Descendants of the Sun sukses besar di stasiun televisi nasional saingan mereka.

2. Signal

7 Drama Korea Sukses yang Pernah Ditolak Stasiun TV Besar

Foto: tvN

Tak hanya Descendants of the Sun, SBS juga kena sial saat menolak serial thriller Signal pada tahun yang sama. Signal akhirnya tayang di tvN, dan menjadi salah satu serial dengan rating tertinggi sepanjang masa untuk penayangan di seluruh stasiun televisi berbayar.

Kesuksesan Signal secara komersial dan di mara para kritikus juga membuatnya diadaptasi di Jepang dan China. Kini, Signal 2 pun tengah dipersiapkan tvN.

Sama seperti penolakan SBS terhadap Descendants of the Sun, Signal dinilai tidak akan membawa keuntungan karena jalan ceritanya yang dianggap 'berat'. Serial dengan jalan cerita kilas balik (flashback) dari tahun 1980-an ke masa sekarang juga dianggap akan sulit dijual untuk PPL.

3. Strong Woman Do Bong Soon

7 Drama Korea Sukses yang Pernah Ditolak Stasiun TV Besar

Foto: JTBC

Kali ini giliran tvN yang kurang cermat. Mengutip KBIZoom, awalnya drama dengan jalan cerita unik ini ditawarkan ke stasiun televisi berbayar itu. Namun tvN menolaknya, dan akhirnya diambil oleh sesama stasiun televisi kabel, JTBC.

Hasilnya, tvN terpaksa menelan ludah karena Strong Woman Do Bong Soon ternyata masuk dalam daftar drama Korea TV kabel dengan rating tertinggi sepanjang masa, dengan perolehan tertingginya mencapai 9,6%. Drama ini juga jadi hit dan sangat disukai oleh penonton di luar Korea.

Baca Juga: 6 Drama Korea Thriller Romantis dengan Rating Tinggi

4. Mr Sunshine

7 Drama Korea Sukses yang Pernah Ditolak Stasiun TV Besar

Foto: tvN
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)