Isu Sosial

Dari Papua hingga Korea, Ini Film-Film Bertema Diskriminasi

Dari Papua hingga Korea, Ini Film-Film Bertema Diskriminasi
Film The Hate U Give yang mengangkat isu diskriminasi di Amerika Serikat. Foto/20th Century Fox
Jakarta - Tema tentang diskriminasi ras, etnis, dan gender juga masuk ke ranah perfilman. Meski beberapa kisahnya fiksi, tapi tetap terinspirasi oleh peristiwa nyata.

Film-film dengan tema diskriminasi ras dan gender jadi yang paling banyak disorot dalam perfilman dunia, meski kelas diskriminasi lainnya juga diungkapkan. Berikut di antaranya.

1. KITORANG BASUDARA (2015)

Film pendek berdurasi 30 menit ini bercerita tentang sulitnya mahasiswa Papua mendapat tempat kos di Yogyakarta karena prasangka buruk masyarakat terhadap etnis di Timur Indonesia itu. Film yang disutradarai Ninndi Raras ini didukung oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta.





2. FREEDOM WRITERS (2007)

Film "Freedom Writers" menggambarkan perjuangan seorang guru kulit putih mengajar murid-murid dari berbagai latar belakang ras. Film ini menggambarkan tindakan diskriminasi ras dalam lingkup pendidikan seperti pembedaan perlakuan, pemisahan murid-murid, dan stigma negatif terhadap ras lain.



halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Terkait
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss