Beda NCTzen dan Sijeuni, Mirip tapi Tak Sama

Rabu, 20 Juli 2022 - 15:33 WIB
loading...
Beda NCTzen dan Sijeuni, Mirip tapi Tak Sama
NCT punya istilah yang mirip untuk penggemar mereka, yaitu NCTzen dan Sijeuni. Foto/SM Entertainment
A A A
JAKARTA - Beda NCTzen dan Sijeuni memang tipis saja, tapi perbedaan ini terletak pada detail dan tingkat keintiman terkait para member NCT dengan para penggemarnya.

Seperti kita ketahui, NCTzen adalah nama resmi untuk fandom atau penggemar NCT. Nama ini resmi diberikan NCT pada 2017, yaitu saat mereka melakukan siaran di VLive untuk menyapa para penggemarnya.

Sekadar menyegarkan ingatan, NCT dibentuk pada 2016 oleh SM Entertainment. Saat ini, total member-nya ada 23 orang. Para member dibagi menjadi empat unit, yaitu NCT U, NCT 127, NCT Dream, dan Way V. Sementara pada masa mendatang akan dibuat NCT Hollywood dan NCT Tokyo.

Kembali ke NCTzen, nama fandom ini diambil dari kata NCT dan Citizen, yang jika digabung artinya kira-kira Warga NCT. Meski NCT punya banyak sub-unit, tetap saja semua penggemar dari sub-unit disebut NCTzen.

Baca Juga: 9 Idol K-Pop yang Dipecat Agensinya, Terbaru Kim Garam

Nah, lalu apa bedanya NCTzen dengan Sijeuni?

Beda NCTzen dan Sijeuni, Mirip tapi Tak Sama

Foto:Osakayuku

Ternyata, Sijeuni juga diambil dari kata NCTzen. Dalam bahasa Korea atau hangul yang diromanisasi, NCTzen ditulis menjadi "ensitijeun". Nah, dari kata itu, hanya kata "si" dan "jeun" yang diambil, ditambah imbuhan "i" yang biasa dipakai di Korea. Dari sini lahirlah kata Sijeuni.

Baca Juga: Drama Korea yang Ratingnya Kecil tapi Menang Drama Terbaik Baeksang Arts Awards

Meski sebenarnya masih berasal dari akar yang sama, Sijeuni dipakai sebagai ungkapan atau panggilan sayang kepada NCTzen. Panggilan ini dipakai sebagai bentuk yang lebih akrab, dibanding NCTzen yang terkesan formal.

Nah, itulah bedanya NCTzen dan Sijeuni. Jadi penggemar NCT lebih suka dipanggil NCTzen atau Sijeuni, nih?
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0941 seconds (0.1#10.140)