Drama Korea yang Ratingnya Kecil tapi Menang Drama Terbaik Baeksang Arts Awards

Selasa, 19 Juli 2022 - 17:10 WIB
loading...
Drama Korea yang Ratingnya Kecil tapi Menang Drama Terbaik Baeksang Arts Awards
Drama Korea rating kecil seperti Beyond Evil juga bisa memenangkan drama terbaik dalam Baeksang. Foto/JTBC
A A A
JAKARTA - Drama terbaik pilihan ajang penghargaan Baeksang Arts Awards umumnya juga mendapatkan rating tinggi hingga tembus belasan hingga puluhan persen. Namun ada juga yang ratingnya kecil.

Baeksang Arts Awards adalah salah satu penghargaan seni paling bergengsi di Korea Selatan, mencakup karya di televisi, layar lebar, dan panggung teater. Ajang ini pertama kali diadakan pada 1965 untuk penghargaan dalam dunia perfilman Korea Selatan.

Nama penghargaan "Baeksang" diambil dari nama pena dari pendiri surat kabar Hankook Ilbo, Chang Key-young. Saat ini, Baeksang Arts Awards diadakan oleh Ilgan Sports, JTBC Plus, dan JoongAng Ilbo.

Penghargaan untuk drama terbaik atau Best Drama Baeksang Arts Awards pertama kali diadakan pada 1975. Pada masa itu hingga era 2010-an, serial-serial yang terpilih sebagai Best Drama umumnya adalah serial yang populer di tengah masyarakat alias punya rating yang sangat tinggi.

Misalnya saja drama romantis Coffee Prince (2011), drama romantis sejarah The Moon Embracing the Sun(2012), drama medis romantis Good Doctor (2014), dan yang terakhir ada D.P (2021).

Namun ada juga segelintir drama Korea yang meski ratingnya tergolong kecil, tapi tetap mampu memikat para juri Baeksang Arts Awards. Pada akhirnya, mereka pun didaulat sebagai Best Drama dalam ajang tersebut.

Berikut ini empat drama Korea yang ratingnya kecil, tapi sanggup meraih piala drama terbaik dalam Baeksang Arts Awards.

1. Beyond Evil (2021)

Drama Korea yang Ratingnya Kecil tapi Menang Drama Terbaik Baeksang Arts Awards

Foto: JTBC

Drama JTBC hanya mendapat rating rata-rata nasional 4,7% menurut Nielsen Korea. Sementara rating tertingginya adalah 5,9%. Meski begitu, Beyond Evil mampu merebut piala Best Drama Baeksang Arts Awards 2021.

Tak cuma itu, Beyond Evil juga mendapatkan piala skenario terbaik dan aktor terbaik, masing-masing untuk Kim Su-jin dan Shin Ha-kyun. Drama tentang dua polisi yang mencari pembunuh berantai ini juga bisa ditonton di Netflix.

2. My Mister (2018)

Drama Korea yang Ratingnya Kecil tapi Menang Drama Terbaik Baeksang Arts Awards

Foto: tvN

Drama tvN yang dibintangi IU ini mendapat rating rata-rata nasional hanya 4,9%. Sementara rating tertingginya juga hanya 7,3%.

My Mister mampu meraih gelar drama terbaik dalam Baeksang Arts Awards tahun 2019. Penulis skenario Park Hae-young juga mendapat piala untuk skenario terbaik.

Baca Juga: 6 Drama Korea yang Diprotes karena Kebanyakan Iklan Product Placement

Jalan cerita My Mister memang agak kelam dan lambat, jadi bisa dipahami bahwa drama ini tak memikat untuk penonton drama Korea mainstream. Meski begitu, kisah tentang dua orang yang berusaha saling menyembuhkan luka kehidupan ini sebenarnya sangat penuh dengan perenungan. My Mister bisa juga ditonton di Viu dan Netflix.

3. Mother (2018)

Drama Korea yang Ratingnya Kecil tapi Menang Drama Terbaik Baeksang Arts Awards

Foto: tvN

Rating drama tvN ini juga sangat kecil, rata-rata nasionalnya hanya 3,4%. Untuk rating tertingginya tercatat 4,9%. Serial ini menjadi Best Drama dalam Baeksang Arts Awards 2018. Adapun aktris cilik Heo Yool meraih penghargaan Best New Actress.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)