5 Tempat Nongkrong Tertua di Jakarta, dari Kafe sampai Diskotek

Minggu, 10 Juli 2022 - 13:13 WIB
loading...
5 Tempat Nongkrong Tertua di Jakarta, dari Kafe sampai Diskotek
Warung Tinggi Tek Sun Ho yang dulu berlokasi di Hayam Wuruk kini bisa dijumpai di Grand Indonesia. Foto/stepheneffendy.com
A A A
JAKARTA - Kini, tempat-tempat bersejarah atau yang bernilai tua dan antik semakin digandrungi anak muda. Mereka cenderung menyukai hal-hal berbau vintage karena dinilai unik dan menarik.

Sambil mengunjungi tempat-tempat tua untuk nongkrong dan ber-selfie di sana, mereka juga memakai baju dengan gaya mode masa lalu. Nah, buat kamu yang juga senang melakukan hal tersebut, berikut ini lima tempat nongkrong atau hang outtertua di Jakarta yang bisa kamu kunjungi.

1. Warung Tinggi Tek Sun Ho

5 Tempat Nongkrong Tertua di Jakarta, dari Kafe sampai Diskotek

Foto: Stepheneffendy.com/Dok. Tek Sun Ho

Untuk kamu yang suka nongkrong ala jadul, Warung Tinggi Tek Sun Ho bisa jadi pilihan. Warung Tinggi Tek Sun Ho didirikan pada 1878 oleh Liaw Tek Soen di Hayam Wuruk, Jakarta Barat.

Kini, kedai kopi ini bisa dikunjungi di Grand Indonesia, dengan menu andalan, Kopi Jantan dan Kopi Betina.

2. Museum Wayang

5 Tempat Nongkrong Tertua di Jakarta, dari Kafe sampai Diskotek

Foto:Instagram @united.toni/Wikimedia

Kalau kamu suka museum date dengan sahabat atau pun pasangan, Museum Wayang bisa jadi pilihanmu. Museum Wayang didirikan pada zaman penjajahan Belanda tahun 1640 oleh VOC. Museum yang dulunya gereja bernama De Oude Hollandsche Kerk ini bukan hanya dinobatkan sebagai museum tertua di Jakarta, tapi juga sebagai museum tertua di dunia.

Museum Wayang terletak di Jalan Pintu Besar Utara No.27, Tamansari, Jakarta Barat, yang juga masih satu kompleks dengan Kota Tua. Di sana, kamu bisa melihat empat ribu jenis dan bentuk wayang dari seluruh dunia, di antaranya wayang kulit, wayang golek, dan wayang topeng.

Baca Juga: Kangen Jalan dan Kulineran? Ini Rekomendasi 5 Chinatown di Jakarta

3. Restoran Trio


5 Tempat Nongkrong Tertua di Jakarta, dari Kafe sampai Diskotek

Foto:Instagram @nindysm/manual.co.id/Liandro N. I. Siringoringo

Kamu pencinta vintage sekaligus kuliner? Bila iya, maka Restoran Trio cocok buat kamu kunjungi, Restoran ini didirikan tahun 1947 di Jl. RP. Soeroso No.29A, Menteng, Jakarta Pusat. Restoran Trio memiliki interior dan perabot retro yang kental dengan nuansa Jakarta tempo dulu, bahkan lagu yang diputar di sana juga adalah lagu klasik.

Di restoran ini, kamu bisa memesan makanan khas Betawi yang dijamin enak rasanya. Bagaimana tidak? Restoran ini masih kuat berdiri sampai sekarang pun karena kelezatan hidangannya itu.

4. Pasar Tanah Abang

5 Tempat Nongkrong Tertua di Jakarta, dari Kafe sampai Diskotek

Foto: Instagram @dav_idkus/Twitter @potretlawas

Pasar Tanah Abang sudah pasti tidak asing lagi di telinga kamu. Pasar Tanah Abang adalah pasar tertua di Jakarta, dibangun pada 1735 oleh Yustinus Vinck atas izin Gubernur Jenderal Abraham Patra Mini selaku pemimpin Hindia Belanda pada masa itu. Pasar Tanah Abang dulunya bernama Pasar Sabtu karena bukanya pada hari Sabtu.

Baca Juga: Tempat Wisata di Seoul yang Sering Jadi Lokasi Syuting Drama Korea

5. Diskotek Tanamur
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)