8 Musisi Legendaris Dunia Paling Berpengaruh, Terbaru BTS

Sabtu, 18 Juni 2022 - 09:56 WIB
loading...
A A A
8 Musisi Legendaris Dunia Paling Berpengaruh, Terbaru BTS

Foto: Kent Gavin/Instagram @officialqueenmusic

Kembali dari Inggris, band rock ini populer pada era 1970-1980-an. Lagu-lagunya hingga kini sangat populer dan mainstream, mulai dari Bohemian Rhapsody, We Are the Champion, sampai We Will Rock You. Lagu-lagu mereka kerap menjadi anthem dalam acara-acara bidang olahraga, misalnya saja We Are the Champion yang sering diputar dalam kompetisi sepak bola liga eropa Liga Champions

Baca Juga: 8 Lagu K-Pop Populer yang Awalnya Diberikan untuk Orang Lain, Ada 'Bekas' Ariana Grande

6. Michael Jackson

8 Musisi Legendaris Dunia Paling Berpengaruh, Terbaru BTS

Foto: Matthew Murphy/People

Berawal dari grup The Jackson 5, Michael Jackson adalah legenda pop yang mendapat julukan King of Pop yang sangat populer hingga era 1990-an. Bukan hanya lagunya yang populer hingga sekarang, tapi gaya pakaian dan rambut, bahkan gerakan moonwalk-nya menjadi yang paling diingat masyarakat dunia dalam sejarah musik.

7. Nirvana

8 Musisi Legendaris Dunia Paling Berpengaruh, Terbaru BTS

Foto: Getty Images

Band rock asal Amerika Serikat ini terkenal dengan aliran musik grunge atau Seattle sound. Salah satu albumnya yang bertajuk Nevermind yang dirilis pada awal 1990-an berhasil memecahkan rekor dengan menduduki posisi nomor satu di daftar tangga lagu dunia selama 252 minggu.

Gaya berpakaian grunge dengan kemeja flanel dan jins belel seperti vokalis Kurt Cobain juga jadi tren di kalangan anak muda era 1990-an.

8. BTS

8 Musisi Legendaris Dunia Paling Berpengaruh, Terbaru BTS

Foto:Hong Jang-hyun/Rolling Stone

Bangtan Sonyeondan alias BTS mungkin terlalu muda dan belum teruji zaman untuk bisa disebut legendaris. Namun sulit dibantah bahwa saat ini merekalah musisi paling populer dan berpengaruh di dunia.

Baca Juga: 5 Drama Korea Romantis untuk Kamu yang Antiromantic

BTS kerap disebut sebagai "The Beatles Abad ke-21" karena memiliki penggemar yang sangat antusias dalam mendukung grupnya. Berdiri sejak 2013, BTS berhasil membawa K-pop yang liriknya mayoritas berbahasa Korea menjadi musik mainstream di Amerika Serikat, pasar musik terbesar di dunia. Mereka juga telah tampil dalam tiga ajang penghargaan musik terbesar di Amerika, yaitu Billboard Music Awards, American Music Awards, dan Grammy Awards.

Bukan hanya dalam bidang musik, mereka juga merambah ke dunia mode, juga sampai diundang oleh PBB dan terlibat dalam kampanye antikekerasan dan pemberdayaan remaja. Presiden Joe Biden juga mengundang BTS ke Gedung Putih untuk membahas soal kejahatan anti-Asia. Tak heran, kini mereka menjadi ikon budaya pop era 2010-an.

GenSINDO
Diah Ayu Pramesti
UIN Jakarta
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)