8 Musisi Legendaris Dunia Paling Berpengaruh, Terbaru BTS

Sabtu, 18 Juni 2022 - 09:56 WIB
loading...
8 Musisi Legendaris Dunia Paling Berpengaruh, Terbaru BTS
BTS jadi musisi Asia yang memiliki pengaruh besar pada era 2010-an hingga diundang ke Gedung Putih. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Musisi, baik itu solois atau band/grup, datang silih berganti, tapi hanya segelintir yang layak menyandang status legendaris.

Mereka yang disebut legendaris adalah yang pada masa jayanya punya popularitas yang sulit tertandingi. Musisi ini punya penggemar setia yang luar biasa, penuh semangat mendukung sang idola, bahkan sampai kini. Lagu-lagu mereka pun masih tetap hidup walau dirilis belasan hingga puluhan tahun lalu.

Tak cuma itu, pengaruh mereka juga melebar ke luar dunia musik , mulai dari memengaruhi dunia mode, budaya, bahkan terkadang politik. Karena pengaruhnya yang besar, tak heran di antara mereka sampai menyandang status ikon budaya pop.

Dari banyak musisi legendaris dunia yang memengaruhi genre dan industri musik, berikut ini tujuh musisi yang sampai kini masih dikenal generasi muda.

1. Elvis Presley

8 Musisi Legendaris Dunia Paling Berpengaruh, Terbaru BTS

Foto: Metro-Goldwyn-Mayer

Elvis Aaron Presley yang berjuluk King of Rock 'n' Roll punya pengaruh yang besar dalam membawa musik khas warga Afrika-Amerika seperti soul dan R&B - yang dicampur dengan musik country - ke telinga warga kulit putih hingga menjadi musik mainstream. Penampilannya yang seksi dengan goyangan pinggul yang khas membuatnya menjadi ikon budaya pop pada era 1950-1960-an.

2. Bob Dylan

8 Musisi Legendaris Dunia Paling Berpengaruh, Terbaru BTS

Foto: Michael Ochs/Getty Images


Musisi Amerika Serikat berusia 81 tahun ini kerap disebut sebagai penulis lirik terbaik sepanjang masa. Lagu-lagunya yang bergenre folk, blues, hingga jazz ini kerap dijadikan lagu tema (anthem) bagi pergerakan hak sipil dan antiperang, misalnya Blowin' in the Wind dan The Times They Are a-Changin. Sepanjang kariernya sejak 1960-an, lirik-lirik lagunya juga menyentuh topik filosofi, juga terpengaruh literatur.

Saking kuatnya pengaruh Bob Dylan dalam budaya pop, pada 1967, Jann Wenner dan Ralph Gleason merilis majalah musik, budaya, dan politik bernama Rolling Stone. Menurut Wenner, nama ini di antaranya terinspirasi dari lagu hit Bob Dylan yang dirilis pada 1965, yaitu Like a Rolling Stone.

3. The Beatles

8 Musisi Legendaris Dunia Paling Berpengaruh, Terbaru BTS

Foto:beatlesbible.com

Band rock asal Liverpool, Inggris, ini begitu digilai pencinta musik pada era 1960-1970-an. The Beatles dilabeli sebagai musisi yang memiliki pengaruh besar tak hanya di industri musik tetapi juga budaya populer. Selain lagu, gaya berpakaian mereka juga menjadi sebuah tren kala itu.

Saking populernya, University of Liverpool memiliki jurusan S2 untuk mempelajari pengaruh musik dan budaya yang diberikan Fab Four - julukan bagi band ini - kepada dunia.

.

4. The Rolling Stones

8 Musisi Legendaris Dunia Paling Berpengaruh, Terbaru BTS

Foto:Terry O'Neill/REX/Shutterstock

Band rock asal Inggris ini populer dalam waktu yang kurang lebih sama dengan The Beatles. Musik mereka disebut melahirkan genre hard rock, juga bercampur Rock 'n' Roll. Lebih dari 50 tahun berkarier dalam industri musik dunia, The Rolling Stones masih aktif mengeluarkan album dan melakukan tur hingga kini.Album studio mereka yang terbaru dirilis pada 2016.

5. Queen
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2291 seconds (0.1#10.140)