Sebelum Nonton Jurassic World: Dominion, Ini 5 Hal yang Perlu Diingat dan Diketahui

Rabu, 08 Juni 2022 - 09:29 WIB
loading...
Sebelum Nonton Jurassic World: Dominion, Ini 5 Hal yang Perlu Diingat dan Diketahui
Jurassic World: Dominion mulai tayang hari ini (8/6) dan menggabungkan karakter lama dan baru. Foto/Universal Pictures
A A A
JAKARTA - Jurassic World: Dominion mulai tayang hari ini (8/6) di seluruh jaringan bioskop di Indonesia. Ini adalah film keenam dari waralaba Jurassic Park sejak dirilis pada 1993.

Jurassic World: Dominion juga menjadi film terakhir dari trilogi Jurassic World yang dimulai sejak 2015.Seperti diketahui, film ini terbagi dalam dua bagian. Tiga film pertama adalah bagian dari trilogi Jurassic Park (1993-2001)dengan tiga tokoh kunci Dr Alan Grant (Sam Neill), Dr Ellie Sattler (Laura Dern), serta Dr Ian Malcolm (Jeff Goldblum).

Sementara trilogi kedua Jurassic World punya dua tokoh kunci protaganis, yaitu Owen Grady (Chris Pratt) dan Claire Dearing (Bryce Dallas). Kelima tokoh protagonis ini akan disatukan dalam Jurassic World: Dominion, ditambah dengan beberapa karakter pendukung dari film sebelumnya, juga karakter baru.

Karena melibatkan banyak karakter dan mengaitkan dengan film-film sebelumnya, kamu mungkin akan sedikit bingung, atau mungkin juga sudah lupa dengan cerita dari film-film sebelumnya. Untuk menyegarkan ingatanmu, berikut ini hal-hal yang perlu kamu ketahui dan ingat sebelum menonton Jurassic World: Dominion.

1. Asal Mula Cerita Jurassic Park dan Jurassic World

Sebelum Nonton Jurassic World: Dominion, Ini 5 Hal yang Perlu Diingat dan Diketahui

Foto: Universal Pictures

Pada film pertama atau pada 1993, International Genetic Technologies, Inc. atau InGen yang dipimpin CEO John Hammond (Richard Attenborough) mengekstraksi DNA dari fosil nyamuk yang diawetkan. Dengan menggunakan ilmu rekayasa genetika, DNA itu dipakai untuk mengkloning dinosaurus.

Mereka juga memakai genetika reptil untuk menyempurnakan dinosaurus 2.0 tersebut. Hasilnya, adalah para dinosaurus yang lebih kuat dan mampu bertahan dalam berbagai situasi dan kondisi. Mereka ditempatkan dalam taman hiburan Jurassic Park di pulau Isla Nubar. Namun seperti diketahui, semuanya berakhir jadi bencana.

Dalam Jurassic World: Dominion, InGen memiliki pesaing, yaitu Biosyn. Perusahaan tersebut mendapatkan hak untuk menangkap dan memelihara dinosaurus di seluruh dunia. Keistimewaan ini lantas dimanfaatkan oleh CEO-nya, Lewis Dodgson (Campbell Scott) untuk tujuan militer dan kepentingan komersial.

Salah satu yang dilakukan Biosyn adalah menciptakan belalang prasejarah yang tujuannya merusak tanaman gandum. Hanya ladang yang menggunakan obat dari Biosyn saja yang tidak dirusak oleh belalang raksasa tersebut.

Selain itu, dalam film terbaru ini juga terjadi perdagangan dinosaurus di seluruh dunia. Perlu dicatat juga, bahwa Lewis Dodgson sempat muncul sekilas dalam film Jurassic Park, dan diperankan oleh Cameron Thor.

2. Para Karakter Utama

Sebelum Nonton Jurassic World: Dominion, Ini 5 Hal yang Perlu Diingat dan Diketahui

Foto: Universal Pictures

Ahli paleontologi (ilmu fosil) Dr Alan, ahli paleobotani (tanaman prasejarah) Dr Ellie, dan ahli matematika sekaligus chaos theorist Dr Ian dari film pertama ikut tampil dalam Jurassic World: Dominion. Mereka adalah para ahli yang diundang Dr Hammond untuk mengunjungi Jurassic Park. Sejak awal, mereka sudah menyampaikan kekhawatirannya saat dinosaurus dihidupkan kembali.

Dalam film terbaru ini, Ellie menemukan keganjilan dalam praktik kerja di Biosyn. Ia lalu mengajak Alan untuk menyelidikinya dengan datang langsung ke Biosyn. Di sana, mereka bertemu dengan Ian, yang bekerja sebagai motivator untuk para karyawan Biosyn.

Sementara itu, Owen Grady adalah mantan anggota angkatan laut sekaligus pelatih velociraptor, utamanya Blue. Makhluk ini menjadi poin utama dalam Jurassic World dan Fallen Kingdom karena pihak-pihak yang rakus ingin agar Blue dimanfaatkan untuk kepentingan militer.

Adapun Claire Dearing adalah mantan manajer di Jurassic World, yang lebih memilih pendekatan yang simpatik pada dinosaurus. Owen dan Claire pada akhir cerita digambarkan berpacaran.

Perlu dicatat juga bahwa ahli bioteknologi Dr Henry Wu (B.D. Wong) yang pernah bekerja di Jurassic Park sejak film pertama, kini bekerja di Biosyn. Ia juga menjadi karakter pendukung yang penting dalam Jurassic World: Dominion.

Selain itu, beberapa karakter lama lainnya yang sempat muncul dalam film terbaru ini adalah Barry Sembene (Omar Sy), seorang pelatih hewan yang bekerja bersama Owen di Jurassic World. Kini ia bekerja bersama CIA untuk melacak para pemburu dinosaurus.

Lalu ada juga Franklin Webb (Justice Smith), mantan teknisi di Jurassic World yang muncul dalam film kelima Fallen Kingdom. Ia bekerja di FBI khusus menangani kasus hewan buas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1379 seconds (0.1#10.140)