6 Fanwar K-Pop Paling Legendaris yang Pernah Terjadi pada Masa Lalu

Kamis, 26 Mei 2022 - 20:06 WIB
loading...
A A A
Baca Juga: 8 Idol K-Pop Beken yang Mungkin Kamu Tak Tahu Pernah Kena Isu Bullying

4. EXO-L dan VIP - 2015

6 Fanwar K-Pop Paling Legendaris yang Pernah Terjadi pada Masa Lalu

EXO.Foto: SM Entertainment

Perseteruan dimulai saat ‘Love Me Right yang dibawakanEXO dan ‘lagu BIGBANG berjudul Loser bersaing dalam program M!Countdown dan Inkigayo. Ini membuat fandom EXO (EXO-L) dan fandom BIGBANG (VIP) saling bersaing.

Saat itu, ada spekulasi bahwa Mnet lebih menyukai satu grup dibanding yang lain. Lalu Mnet mengklarifikasi dan mengatakan bahwa ada kesalahan dalam pemungutan suara, tapi mereka berusaha memperbaikinya.

Perkelahian berlanjut sampai salah satu EXO-L mengunggah video dirinya membakar foto Taeyang BIGBANG dengan lagu Mamamilik EXO menjadi latar musiknya. Meski begitu, EXO-L lainnya terkejut dengan unggahan itu, dan mengungkapkan kemarahan atas rekan sesama fandom-nya itu.

5. EXO-L dan BABY - MAMA 2012

6 Fanwar K-Pop Paling Legendaris yang Pernah Terjadi pada Masa Lalu

B.A.P. Foto: TS Entertainment

Pada 2012, EXO dan B.A.P yang punya nama fandom BABY sama-sama masuk sebagai nomine Rookie of the YearMAMA. Perdebatan sengit pun terjadi tentang grup yang pantas mendapatkan kemenangan.

Menariknya, fanwar berakhir dengan kemenangan Busker Busker sebagai Rookie of the Year, dan istilah ‘’Busker Buskered’’ pun tercipta.

Baca Juga: 9 Skandal K-Pop Terbesar dalam Sejarah, Terbaru Kim Garam


6. ELF dan VIP - MAMA 2015

6 Fanwar K-Pop Paling Legendaris yang Pernah Terjadi pada Masa Lalu

Super Junior. Foto: SM Entertainment

Pada masa lalu, Super Junior dan BIGBANG sering dibandingkan meskipun mereka adalah dua grup yang berbeda jenis musik dan citranya. Namun persaingan mereka jadi panas gara-gara ajang MAMA.

Kedua grup beradu untuk memperebutkan penghargaan Album of the Year dan Best Male Group. Seperti bia ditebak, keduanya berargumen tentang siapa yang lebih baik. Pada akhirnya, dua kategori itu dimenangkan EXO, sementara BIGBANG memenangkan Song of the Year dan Artist of the Year. Seiring dengan itu, perseteruan kedua fandom pun berakhir.

Risa Maharani Putri
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @risamharani
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2820 seconds (0.1#10.140)