6 Fanwar K-Pop Paling Legendaris yang Pernah Terjadi pada Masa Lalu

Kamis, 26 Mei 2022 - 20:06 WIB
loading...
6 Fanwar K-Pop Paling Legendaris yang Pernah Terjadi pada Masa Lalu
Adegan perkelahian antara fandom SECHS KIES dan H.O.T digambarkan dalam drama Reply 1997. Foto/tvN
A A A
JAKARTA - Dengan para penggemar yang sangat antusias dalam mendukung para idolanya, fanwar alias perang antarpenggemar atau fandom K-pop memang jadi sulit dihindari.

Alasan terjadi fanwar antar-fandom atau bahkan dalam satu fandom bisa beragam. Mulai dari penggemar yang menjelekkan idol lain, persaingan prestasi grup yang diidolai, hingga perbedaan pendapat akan suatu hal.

Nah, berikut ini enam fanwar paling legendaris yang pernah terjadi antar-fandom grup, bahkan sampai ada yang adufisik, mengutip Koreaboo.

1. SONE dan Blackjack - 2014

6 Fanwar K-Pop Paling Legendaris yang Pernah Terjadi pada Masa Lalu

2NE1. Foto: YG Entertainment

Kontroversi dimulai ketika Girls' Generation (SNSD)comeback dengan lagu Mr. Mr,bersamaan dengan 2NE1 lewat lagu Come Back Homedan 4MINUTE dengan Whatcha Doin Today? Ketiga lagu tersebut bersaing dalam Inkigayo.

Karena hal ini, fandom SNSD yaitu SONE dan fandom 2NE1 yaitu Blackjack saling perang untuk meyakinkan diri bahwa grup idola mereka yang akan menang. Bahkan mereka sampai meminta idol lain, yaitu Chanyeol EXO untuk ikut memihak. Sementara penggemar4MINUTE memilih untuk tidak terlibat dalam fanwar.

Ternyata hasil skorInkigayomenunjukkan bahwa 4MINUTE yang menang. Fanwarini pun dianggap tidak ada gunanya. Namun bagi SONE dan Blackjack, perang ini belum berakhir karena kedua grup ternyata kembali menjadi nomine dalam kategori Artist of The Year dan Best Female Group pada MAMA.

Namun sejarah terulang lagi, saat ternyata SNSD maupun 2NE1 tidak memenangkan kedua penghargaan tersebut. Artist of The Year diraih oleh EXO, sementara Best Female Group oleh SISTAR.

2. SECHS KIES dan H.O.T


6 Fanwar K-Pop Paling Legendaris yang Pernah Terjadi pada Masa Lalu

Reply 1997. Foto: tvN

Bisa dibilang, inilah fanwar paling sadis dalam sejarah K-pop karena melibatkan perkelahian fisik hingga para penggemar berdarah. Peristiwa ini terjadi saat Golden Disc Awards 1998, yang menjadi puncak perseteruan kedua fandom setelah sebelumnya mereka juga bentrok fisik dalam beberapa kesempatan.

Beberapa penggemar yang ingat bahkan mengatakan bahwa saat itu polisi dipanggil untuk membubarkan beberapa perkelahian fisik. Peristiwa itu juga diliput oleh stasiun televisi nasional.

Saking legendarisnya perkelahian pada 1998, bahkan adegan pertarungan antarpenggemar grup generasi pertama K-pop ini diabadikan dalam drama Reply 1997.

Persaingan antara para penggemar SECHS KIES (Dear Sechskies Friend) dan penggemar H.O.T (White Angels) memang sangat sengit. Fanwar bahkan juga berlangsung di internet, sesuatu yang saat itu belum lazim dilakukan.

3. SONE dan ELF

6 Fanwar K-Pop Paling Legendaris yang Pernah Terjadi pada Masa Lalu

SNSD. Foto: SM Entertainment

Kali ini antara SONE dan fandom Super Junior, ELF. Namun tidak ada yang tahu awal mula perdebatan panjang antara kedua fandom ini. Beberapa orang berpikir 'perang' dimulai saat Super Junior meliris lagu ‘Mr. Simple (2011)tapiada juga yang beranggapan bahwa perseteruan sudah berlangsung jauh sebelum itu.

Terlepas dari asal-usul pertikaian, penggemar dari kedua belah pihak saling menyalahkan satu sama lain. Beberapa ELF mengklaim bahwa SONE mengatakan hal-hal yang kejam tentang mereka. sementara SONE menyalahkan ELF atas black oceandi konser Dream 2008.

Yang menarik, perseteruan antara kedua fandomyang berada dalam satu agensi ini tiba-tiba berhenti begitu saja. Tentu ini jadi hal yang menyenangkan karena 'perang' selama bertahun-tahun antara mereka akhirnya menemui ujungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)