Seolah Satu Fandom K-Pop, Ini Bedanya Fans Grup, Solo Stan, dan Mantis

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:38 WIB
loading...
Seolah Satu Fandom K-Pop, Ini Bedanya Fans Grup, Solo Stan, dan Mantis
K-pop penuh istilah khusus seperti OT, solo stan, anti, mantis, hingga locals yang juga bisa memantik fan war. Foto/Boontoom Sae-Kor, Shutterstock
A A A
JAKARTA - Untuk kamu yang baru masuk dalam dunia K-pop , bisa jadi bingung dengan banyak istilah yang beredar di kalangan pencinta K-pop alias K-poppers.

Beberapa istilah yang sering muncul di antaranya adalah OT (angka tertentu), solo stan, juga mantis. Ada pula solo anti, anti, locals, dan lainnya. Namun untuk istilah dalam satu fandom atau komunitas penggemar grup K-pop tertentu, tiga yang disebut pertama yang paling sering muncul.

Agar kamu tak salah paham, berikut ini penjelasan OT atau fans grup, solo stan, dan mantis. Solo anti, anti, dan locals juga akan dibahas secara singkat.

1. OT (Ditambah Angka Tertentu)


Seolah Satu Fandom K-Pop, Ini Bedanya Fans Grup, Solo Stan, dan Mantis

Foto: SM Entertainment

Kamu pasti sering melihat istilah OT7, OT4, OT5, dan sebagainya. OT adalah singkatan dari One True, menandakan fans yang mendukung sebuah grup dengan jumlah member tertentu.

Sejatinya, jika masuk dalam sebuah fandom tertentu, makapenggemar harus mendukung seluruh member dalam grup itu. Jadi misalnya NCT memiliki total 23 member, maka kamu seharusnya menjadi NCTzen OT23.

Atau kalau kamu ARMY, maka kamu seharusnya menjadi penggemar OT7 karena member BTS seluruhnya berjumlah tujuh orang. Inilah yang disebut sebagai fans grup secara utuh.

Biasanya, mayoritas OT atau fans grup sejati tidak suka melakukan fan war dengan fandom lain, kecuali jika 'disenggol'. Mereka hanya fokus mendukung grupnya saja lewat streaming musik dan membeli album, sambil menyebarkan prestasi-prestasi grup idolanya.


2. Solo Stan dan Solo Anti


Seolah Satu Fandom K-Pop, Ini Bedanya Fans Grup, Solo Stan, dan Mantis

Foto (sekadar ilustrasi): Yehyun Kim/USA Today

Kebalikan dengan OT yang diikuti jumlah total member grup, solo stan hanya mendukung atau menggemari satu member saja dari sebuah grup. Jadi misalnya, kamu hanya menggemari Jaemin NCT saja, atau Jake ENHYPEN saja.

Solo stan pun bisa dibagi dua, yaitu solo stan dan solo anti. Seorang solo stan hanya fokus mencari tahu tentang idol favoritnya itu, tanpa peduli dengan member lainnya dalam grup yang sama.

Mereka juga hanya menyebarkan prestasi member idolanya, termasuk juga hanya mengoleksi photocard sang idol. Solo stan juga tidak selalu berarti bahwa ia membenci member lainnya dalam grup yang sama dengan idolanya itu.

Hanya saja, jika prestasi idol-nya kalah dari member lainnya, maka ia bisa saja kesal atau kecewa dengan fakta itu. Ia juga mungkin akan mati-matian membela idol-nya jika prestasinya dibanding-bandingkan dengan member lainnya dalam grup yang sama.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Fans Gen 2 K-Pop Iri dengan Generasi Berikutnya

Sementara itu, solo anti adalah solo stan yang membenci (anti) dengan member lainnya dalam grup yang sama. Seorang solo anti biasanya senang mengajak fan war. Bahkan dengan orang yang satu fandom dengannya pun bisa diajak berkelahi lewat media sosial.

Dalam tingkat yang paling toxic, solo stan dan solo anti tidak ragu untuk melakukan ancaman lisan maupun tulisan, termasuk ancaman pembunuhan. Mereka juga bisa bertindak lebih jauh dengan mengirimkan ancaman secara langsung, misalnya mengirimkan barang tertentu yang membuat penerimanya ketakutan.

Seorang solo stan atau solo anti juga sering mengeluh soal line distribution atau pembagian jatah bernyanyi untuk tiap member. Mereka juga sering mengirimkan truk protes ke agensi.

3. Mantis
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)