The Bad Guys, Film Animasi Ringan nan Kocak dan Sarat Makna

The Bad Guys, Film Animasi Ringan nan Kocak dan Sarat Makna
The Bad Guys penuh komedi dan adegan seru, tapi juga sarat makna. Film ini akan membuat penontonnya bertanya tentang makna persahabatan dan jati diri. (Foto: DreamWorks)
Lagi galau di akhir pekan? Nyari tontonan ringan yang bikin ngakak? Coba tonton The Bad Guys , deh! Biarpun film ini berbentuk animasi dan ditujukan untuk anak-anak, tapi, film ini menghibur dan bakal bikin ngakak.

Film produksi DreamWorks ini punya cerita yang sangat sederhana. The Bad Guys mengikuti sekelompok penjahat yang meneror kota. Mereka terdiri atas Wolf, Snake, Piranha, Shark, dan Tarantula. Kejahatan mereka begitu kondang di kota itu sampai semua orang langsung lari tunggang langgang begitu melihat mereka.

Kawanan ini suka sekali merampok bank. Namun, suatu kali, mereka ingin mencuri sesuatu yang lebih besar, yaitu piala Lumba-Lumba Emas. Piala itu akan diberikan kepada orang paling baik di kota itu, Profesor Marmalade, seekor tikus belanda. Ingin pertaruhan lebih besar, Wolf dkk mulai merencanakan pencurian piala itu.

Baca Juga: Review Film The Lost City: Chemistry Asyik Sandra Bullock dan Channing Tatum

Rencana sederhana itu akhirnya jadi rumit. Mereka tertangkap polisi. Alih-alih dipenjara, Profesor Marmalade membuat mereka menjadi subyek proyek percontohan bagaimana orang jahat tidak selalu jahat. Mereka bisa berubah menjadi baik dan berguna bagi masyarakat.

Adegan kejar-kejaran antara komplotan Wolf dan polisi menjadi salah satu aksi paling menarik di film ini. Adegan ini seru, tapi juga kocak. Upaya mereka menjadi orang baik agar tidak masuk penjara juga tak jarang mengundang gelak tawa.
The Bad Guys, Film Animasi Ringan nan Kocak dan Sarat Makna

Tapi, dari itu semua, film ini banyak mengajarkan tentang kehidupan. Diungkapkan dengan cara yang ringan dan menghibur, The Bad Guys akan membuat kalian bertanya tentang diri kalian sendiri. Apakah kalian akan berubah atau tetap seperti apa kalian sekarang hanya kareng gengsi dan anggapan orang terhadap kalian?

Film ini juga mengangkat tentang tema persahabatan. Loyalitas antarteman juga menjadi salah satu isu di sini. Film ini menunjukkan bahwa perbedaan di satu kelompok tidak harus menjadi titik perpecahan, tapi menjadi sebuah kekuatan yang bisa bermanfaat bagi semua orang.

Gaya animasi film ini juga berbeda. Meski menjadi makhluk dari air, Shark dan Piranha tidak punya kulit yang mengilap seperti kebanyakan ikan. Kulit mereka terlihat lembut dan mirip velvet. Demikian juga dengan Snake. Kulitnya bisa berganti, tapi kulit itu tetap seperti velvet, tidak mengilap.

Selain itu, yang menjadi titik aneh di sini adalah tidak semua karakter di film ini berbentuk hewan yang bisa berbicara. Justru, hewan di film ini bisa dihitung dengan jari. Sisanya adalah manusia seutuhnya. Film ini menampilkan hewan lain selain komplotan Bad Guys, Marmalade, dan wali kotanya yang seekor rubah. Hewan itu adalah tikus belanda yang menjadi bahan eksperimen dan juga kucing. Tapi, tikus belanda dan kucing ini tidak bisa bicara dan tetap berlaku seperti hewan pada umumnya.
The Bad Guys, Film Animasi Ringan nan Kocak dan Sarat Makna

Memang, hal itu bukanlah hal yang tidak biasa di film animasi. Looney Tunes dan Mickey Mouse pun bisa seperti itu. Mickey bahkan punya seekor anjing bernama Pluto. Sementara, di Looney Tunes, Bugs Bunny juga sering berinteraksi dengan anjing yang memang bertingkah seperti anjing pada umumnya. Mereka tidak bisa bicara atau berinteraksi dengan karakter lain.

Selain karakter para hewan ini, karakter manusianya pun tak kalah konyol. Salah satunya adalah kepala polisi, Luggins. Kepala polisi sumbu pendek ini selalu bertekad untuk menangkap komplotan Wolf. Baginya, menangkap Wolf dkk bukan hanya misi polisi, tapi sudah menjadi misi pribadinya.

Baca Juga: Review Film Ambulance: Pelarian Konyol Perampok Bank Ulung

The Bad Guys penuh komedi dan adegan seru, tapi juga sarat makna. Film ini akan membuat penontonnya bertanya tentang makna persahabatan dan jati diri. Semuanya dikemas dengan ringan dan menghibur.

The Bad Guys sudah bisa disaksikan di bioskop kesayangan kalian. Tetap patuhi protokol kesehatan! Selamat menyaksikan!



(alv)
Share: