Catat! Ini Tempat Wisata di Jakarta yang Buka Pasca-PSBB

Senin, 15 Juni 2020 - 14:33 WIB
loading...
Catat! Ini Tempat Wisata di Jakarta yang Buka Pasca-PSBB
Beberapa tempat wisata dan mal udah mulai dibuka pada masa PSBB Transisi. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Setelah hampir tiga bulan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pemerintah provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk menerapkan PSBB transisi sebelum memasuki fase kenormalan baru (new normal).

Pada tahap ini, pemprov mulai membuka tempat wisata yang sempat ditutup selama PSBB. Buat kamu yang udah bosen di rumah aja, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata berikut ini

1. MUSEUM

Catat! Ini Tempat Wisata di Jakarta yang Buka Pasca-PSBB

Foto: Instagram@ disparekrafdki

Museum - museum di Jakarta mulai dibuka pada 8 Juni. Walau sudah dibuka, pengunjung tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku seperti memakai masker dan menjaga jarak antarpengunjung. Museum – Museum yang udah dibuka adalah Museum Sejarah Jakarta, Museum Taman Prasasti, Museum MH, Thamrin, Museum Joang ’45, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Tekstil, dan Museum Bahari.

2. MAL

Catat! Ini Tempat Wisata di Jakarta yang Buka Pasca-PSBB

Foto: Dok. Koran Sindo

Kalau kamu adalah orang yang hobi berwisata belanja, kamu pasti akan senang berkunjung ke mal. Sejak PSBB Jakarta diberlakukan, pusat perbelanjaan dan mal ditutup. Nah, sekarang kamu udah bisa berkunjung ke mal lagi karena mulai 15 Juni udah dibuka. Menurut Ketua Asosias Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Ellen Hidayat, terdapat 60 mal yang dibuka pada 15 Juni dan 4 mal lainnya akan dibuka pada 18 Juni.

3. KEBUN BINATANG RAGUNAN

Catat! Ini Tempat Wisata di Jakarta yang Buka Pasca-PSBB

Foto:Isra Triansyah/Dok.Sindonews

Taman Margasatwa Ragunan, biasa disebut kebun binatang Ragunan, punya luas 140 hektare. Ada sekitar 295 spesies hewan di kebun binatang ini. Sebelum hendak berkunjung ke Ragunan, ada baiknya kamu mendaftarkan diri terlebih dahulu secara daring. Pendaftaran ini bisa kamu lakukan H-1 sebelum kunjungan. Hal ini dikarenakan pengelola Ragunan membatasi jumlah pengunjung maksimal seribu orang per harinya.

4. MONAS

Catat! Ini Tempat Wisata di Jakarta yang Buka Pasca-PSBB

Foto: Instagram@disparekrafdki

Monumen nasional atau Monas adalah tujuan wisata lainnya yang bisa kamu sambangi. Melalui puncak Monas, kamu bisa melihat pemandangan kota Jakarta. Pengelola monumen yang dibangun pada 17 Agustus 1961 ini juga menerapkan protokol kesehatan kepada setiap pengunjung yang akan berkunjung ke sana.

5. ANCOL

Catat! Ini Tempat Wisata di Jakarta yang Buka Pasca-PSBB

Foto: Instagram@ancoltamanimpian

Taman Impian Jaya Ancol akan dibuka kembali pada 20 Juni 2020. Menurut direktur utama PT Impian Jaya Ancol, pihak pengelola sudah menyiapkan peraturan baru untuk menunjang aktivitas pengunjung serta pencegahan COVID – 19. Peraturan tersebut di antaranya pemesanan tiket melalui daring dengan pembayaran nontunai (cashless), pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk kawasan wisata, pembatasan jumlah pengunjung, hingga pelarangan berkunjung untuk ibu hamil, anak – anak di bawah usia lima tahun dan lansia.

Nah, itulah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi setelah PSBB berakhir. Jangan lupa untuk selalu menjaga jarak, mengenakan masker dan membawa hand sanitizer saat pergi ke ruang publik.

Devy Putri Nur Oktavia
Kontributor GenSINDO
Institut Pertanian Bogor
Instagram: @devyputrinurokta
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6011 seconds (0.1#10.140)