Aksi Sujud Jung Ho-Yeon ke Lee Jung-Jae saat Menang SAG Awards Jadi Polemik

Senin, 28 Februari 2022 - 13:52 WIB
loading...
Aksi Sujud Jung Ho-Yeon ke Lee Jung-Jae saat Menang SAG Awards Jadi Polemik
Jung Ho-yeon dan Lee Jung-jae memenangkan aktor dan aktris televisi terbaik dalam ajang SAG Awards 2022. Foto/ Amy Sussman, Getty Images
A A A
CALIFORNIA - Jung Ho-yeon dan Lee Jung-jae masing-masing menjadi aktris dan aktor televisi terbaik dalam Screen Actors Guild (SGA) Awards yang berlangsung di California, Minggu (27/2) malam waktu setempat.

Lee Jung-jae terlebih dahulu naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan atas perannya dalam serial hit Squid Game. Setelah itu, SAG Awards mengumumkan bahwa Jung Ho-yeon juga memenangkan piala untuk kategori aktris.

Saat namanya disebut, Jung Ho-yeon langsung dihampiri oleh Lee Jung-jae. Sebelum keduanya berpelukan, Jung Ho-yeon langsung bersujud di depan Lee Jung-jae, hingga menyentuh lantai.

Jung-jae yang melihat aksi Ho-yeon langsung tertawa lebar. Sementara setelah 1-2 detik bersujud di hadapan Jung-jae, Ho-yeon juga ikut tertawa, lantas memeluk seniornya itu.

Peristiwa ini direkam oleh Eksekutif Editor Variety Ramin Setoodeh di akun Twitter resminya. Ia mengunggah video yang diambilnya itu dengan keterangan foto, "Squid Game’ star Jung Ho-Yeon collapses to the ground as she hugs Lee Jung-Jae after they both win #SAGAwards." ("Bintang Squid Game Jung Ho-yeon 'pingsan' dan memeluk Lee Jung-jae setelah keduanya memenangkan #SAGAwards").



Kebanyakan netizen yang menulis di kolom komentar sang editor mencoba meralat keterangan foto Ramin dengan mengatakan bahwa aktris dan model itu bukan "collapse", melainkan ia menunjukkan penghormatan terdalam kepada Jung-jae sesuai tradisi di Korea.

Baca Juga: Adu Kuat Comeback NCT Dream, Stray Kids, (G)I-DLE, Red Velvet Maret 2022, Siapa Juaranya?

Namun ternyata ada netizen yang mencoba memberi penjelasan bahwa yang dilakukan oleh sang aktris tidak pantas disebut penghormatan. Kalaupun itu sebuah penghormatan layaknya tradisi Korea, caranya juga salah.

"Kami orang Korea tidak membungkuk sampai ke lantai seperti itu di tempat publik dan pada masa modern seperti sekarang ini, kecuali kepada nenek moyang dan orang yang lebih tua dalam acara khusus," tulis salah satu netizen.

Aksi Sujud Jung Ho-Yeon ke Lee Jung-Jae saat Menang SAG Awards Jadi Polemik

Foto: Netflix

Komentarnya ini lantas ditanggapi oleh netizen lainnya yang mengaku dirinya juga adalah orang Korea. "Aku pikir dia menunjukkan respek dengan cara yang menyenangkan. Terlihat dengan dia tertawa. Ini mirip seperti gaya orang Amerika," tulisnya.

Tak mau kalah, netizen yang mengawali polemik lantas berkata bahwa justru itulah letak kesalahannya, bahwa Jung Ho-yeon menyampurkan tradisi Korea dengan budaya Amerika.

Baca Juga: Juvenile Justice, 6 Alasan Kamu Wajib Nonton Drama Korea Terbaru Netflix Ini

"Orang Korea tidak pernah membungkuk dengan maksud bercanda... Tapi lihat dia. Dia seperti berkata, "OMG, apa yang terjadi!".

Perdebatan pun akhirnya berhenti setelah netizen yang menanggapi mengatakan bahwa sebaiknya netizen menunggu pernyataan Jung Ho-yeon tentang tujuan dari aksi sujudnya itu.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)