Juvenile Justice, 6 Alasan Kamu Wajib Nonton Drama Korea Terbaru Netflix Ini

Senin, 28 Februari 2022 - 12:15 WIB
loading...
A A A
Kisah lainnya yang diadaptasi dari kisah nyata di Korea Selatan adalah kasus dibocorkannya kunci jawaban ujian SMA dan perisakan oleh para siswi di sekolah. Kasus lainnya adalah siswa yang cedera berat setelah kejatuhan batu bata yang sengaja dijatuhkan siswa lainnya dari atas demi menarik perhatian orang tua pelaku.

Episode-episode ini akan menunjukkan bahwa para remaja ternyata juga bisa melakukan kejahatan yang sangat mengerikan, yang mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh kebanyakan orang.

3. Gambaran Dilema dan Beratnya Menjadi Hakim Anak

Juvenile Justice, 6 Alasan Kamu Wajib Nonton Drama Korea Terbaru Netflix Ini

Foto: Netflix

Juvenile Justice berkali-kali memberikan pengetahuan kepada penonton tentang jalannya sistem pengadilan anak di Korea Selatan. Misalnya adalah adanya dua kategori dalam menilai kasus yang masuk, yaitu kasus perlindungan anak dan kasus tindak pidana anak.

Kasus yang pertama umumnya hanya membuat pelaku masuk ke semacam program pembinaan dengan pengawasan ketat. Sementara yang kedua bisa berakhir sama, tapi juga bisa berujung dipenjara.

Untuk memberi keputusan tiap kasus, hakim harus benar-benar melihat secara adil. Ini karena kebanyakan pelaku kriminal remaja sebenarnya adalah korban dari kelalaian keluarga dalam mengasuh anaknya.

Meski begitu, ini juga tidak bisa jadi alasan memaklumi perilaku jahat para remaja. Artinya, mereka harus dihukum atas fakta bahwa mereka telah secara sadar melakukan kejahatan tersebut.

Pada masa-masa inilah hakim mesti benar-benar jernih dalam melihat masalah, dan inilah hal rumit yang mesti dijalani setiap hari oleh Hakim Shim dan Hakim Cha.

Tak cuma itu, tugas mereka juga tak berakhir saat sidang selesai. Mereka harus tetap mengurusi hidup para pelaku yang kasusnya mereka tangani. Mereka harus memantau perkembangan sang pelaku, juga membantu mencari solusi saat mereka kembali bermasalah, atau saat mereka menjadi korban kejahatan. Hal-hal inilah yang sangat menguras emosi para hakim.

4. Bentrok Nilai Hakim Shim dan Hakim Cha

Juvenile Justice, 6 Alasan Kamu Wajib Nonton Drama Korea Terbaru Netflix Ini

Foto: Netflix

Dalam hal menghadapi para pelaku kriminal remaja, Hakim Shim dan Hakim Cha punya prinsip yang bertolak belakang.

Hakim Shim sangat dingin dan nyaris tanpa perasaan saat menghadapi para pelaku. Sementara Hakim Cha sangat berempati, sabar, dan penuh kasih sayang. Keduanya kerap bentrok saat bekerja sama, tapi justru perbedaan ini yang akhirnya membuat mereka saling mengisi dan memengaruhi cara kerja masing-masing.

Perlahan-lahan, penonton juga akan diberitahu latar belakang prinsip kerja yang dianut oleh kedua hakim. Siap-siap terharu jika kamu sudah sampai pada tahap pembongkaran latar belakang dan hal-hal yang terkait dengannya.

5. Sisi Gelap Cara Kerja Hakim dan Masyarakat Korea

Juvenile Justice, 6 Alasan Kamu Wajib Nonton Drama Korea Terbaru Netflix Ini

Foto: Netflix

Seperti layaknya beberapa serial Netflix, Juvenile Justice juga akan mengungkap beberapa sisi gelap masyarakat Korea. Misalnya sistem pendidikan yang terlalu berorientasi pada kompetisi, hingga cara kerja hakim yang "asal cepat selesai karena banyak kasus lain yang menunggu".

Serial ini juga menggambarkan betapa beratnya kerja seorang hakim anak, karena Hakim Shim dan Hakim Cha selalu digambarkan kerja hingga tengah malam, bahkan tetap bekerja meski sudah di rumah.

Satu hal lagi, penonton juga akan diberikan gambaran pahit bahwa hakim dengan integritas tinggi bisa saja tergelincir karena satu kesalahan kecil. Ini akan jadi salah satu momen paling pahit sekaligus paling mengharukan yang muncul setelah paruh pertama serial ini berjalan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)