10 Simbol Batman yang Pernah Tampil di Film Caped Crusader

10 Simbol Batman yang Pernah Tampil di Film Caped Crusader
Simbol Batman di kostum Caped Crusader telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari setiap film manusia kelelawar itu. Di tiap film, simbol itu tak pernah sama. (Foto: Amazon)
Batman adalah salah satu karakter superhero yang paling sering diadaptasi ke film. Di setiap perwujudan live-action-nya, Batman senantiasa punya desain kostum yang berbeda. Tak hanya kostum, logo khas yang biasa terpampang di dadanya juga berlainan dari satu film ke film lain meski aktor pemerannya masih sama.

Logo itu adalah bagian penting dari Batman. Dia dalah simbol keadilan dan pembalasan untuk Gotham City. Logo itu juga melengkapi jubah, cowl dan sabuk yang diperlukan untuk menjadi Batman yang pas. Masing-masing selalu punya desain unik.

Apakah logo itu jadi terlalu mencolok dan bombastik atau lembut, simbol itu adalah representasi sempurna bagi penggambaran Batman. Sejumlah logo lebih baik dari yang lain, sementara lainnya jadi lebih baik dari keseluruhan kostumnya. Mengutip Screen Rant, ada 10 simbol Batman di film live action yang paling bisa diingat sampai sekarang.

Baca Juga: The Batman yang Dibintangi Robert Pattinson Tayang Maret, Ini Sinopsisnya

10. Ben Affleck
10 Simbol Batman yang Pernah Tampil di Film Caped Crusader

Bagi banyak penggemar, Ben Affleck adalah Batman pertama yang terlihat seprti keluar dari komik dengan kostum abu-abu dan cowl abu-abu gelap. Salah satu aspek uang tidak diambil dari komik adalah simbolnya. Simbol itu jelas dimaksudkan sebagai tribute untuk simbol Batman besar Frank Miller.

Sayangnya, simbol dari semua penampilan DCEU-nya ini kehilangan apa yang disuka penggemar dari Bat-symbol. Simbol Batman-nya Ben Affleck ini adalah blok besar dengan kuping kelelawar yang membentang di sepanjang dadanya. Ini adalah simbol unik bagi Batman tapi terlihat terlalu besar dan kaku untuk terlihat seperti kelelawar.

9. Christian Bale versi 2
10 Simbol Batman yang Pernah Tampil di Film Caped Crusader

Dengan Batsuit yang diperbarui di The Dark Knight, Batman mengenakan simbol yang lebih kecil dan ramping. Simbol ini mengingatkan pada gawai ikoniknya, Batarang. Sekali lagi, ini adalah insignia unik yang cocok dengan versi yang lebih membumi dan realistic atas Batman-nya Christopher Nolan.

Simbol itu mirip dengan logo Batman Beyond, tapi diringkas hingga menjadi lebih tajam dan disederhanakan. Logo itu terlihat bagus di poster dan sebagai Batarang. Tapi, logo itu diperlakukan tidak terlalu adil di Batsuit. Di Batman sendiri, logo itu tidak terlalu terlihat di zirah yang terlalu detail karena diembos dan sangat kecil.

8. George Clooney versi 1
10 Simbol Batman yang Pernah Tampil di Film Caped Crusader

Ada banyak hal untuk diolok-olok di Batman & Robin. Film itu adalah bencana yang menjadi guilty pleasure bagi penggemar. Sementara, simbol yang dipakai George Clooney adalah campuran antara simbol oval klasik dari film sebelumnya tapi menampilkan warna yang sama dengan kostumnya.

Akibatnya, logo George Clooney itu mengalami masalah yang sama seperti The Dark Knight. Simbol itu terlalu banyak mencampur dan sulit menonjol. Bat-insignianya adalah desain ulang insignia klasiknya. Tapi, logo itu tidak terlalu mencolok atau turunan. Logo itu hanya butuh digunakan dengan lebih baik, terutama bukan di Bat-Credit Card.

7. Michael Keaton versi 1
10 Simbol Batman yang Pernah Tampil di Film Caped Crusader

Secara keseluruhan, banyak hal yang dari Batman karya Tim Burton masih diingat dengan baik. Tapi, kostum pertama Michael Keaton, meski ikonik, menderita secara usia, dengan sejumlah bagiannya butuh diperbarui. Simbol itu adalah contoh sempurna logo dengan bentuk oval kuning familiar dari komik dan film lain yang disukai penggemar.

Namun, simbol itu sendiri punya sejumlah detail aneh seperti sayap yang sangat gemuk dan titik tambahan di bat-tail. Meski begitu, simbol itu sulit dipisahkan dari adegan apapun karena logo itu adalah simbol awal untuk antalogi film Batman pada 90-an. Simbol itu kemudian digunakan untuk fondasi desain ulangnya.

6. George Clooney versi 2
10 Simbol Batman yang Pernah Tampil di Film Caped Crusader

Ini adalah kasus langka di mana Batsuit mengkhianati simbolnya. Logonya sendiri dengan mudah menjadi bagian lebih baik dari kostum kedua George Clooney di Batman & Robin. Sayangnya, kostum itu terlalu cerah warnanya dan didesain untuk menjual mainan sehingga simbol perak cerahnya jadi tertahan.

Simbol ini mirip dengan logo di kostum kedua Val Kilmer, tapi lebih besar dan lebar. Kalau logo itu diberikan ke kostum yang lebih pada gaya kostum Christian Bale atau Michael Keaton, simbol itu pasti diingat dengan baik.

5. Val Kilmer versi 1
10 Simbol Batman yang Pernah Tampil di Film Caped Crusader

Ada sangat sedikit perbedaan antara simbol pertama Val Kilmer di Batman Forever dan di dua film yang dibintangi Michael Keaton. Simbolnya tetap mempertahankan logo berbentuk oval. Tapi, yang ini punya kurva yang lebih dinamis ke sayap dan ujungnya yang runcing.

Detail menarik yang membuat simbol tersebut menonjol adalah logo itu tidak dipasang tepat di kostum. Alih-alih, simbol itu adalah bagian terpisah dari bagian di dada. Ini membuat sejumlah bagian tertentu simbol itu melayang di atas simbol itu. Itu adalah perubahan halus yang efektif.

4. Val Kilmer versi 2
10 Simbol Batman yang Pernah Tampil di Film Caped Crusader

Dengan pembaruan terhadap Sonar Batsuit Val Kilmer, Batman mendapatkan desain ulang dengan simbolnya. Kali ini, bentuk ovalnya dibuang dan diganti dengan simbol yang membentang di sepanjang dadanya. Ini adalah pembaruan layak yang terasa menyegarkan dan membantu Batman versi Val Kilmer tampil lebih unik ketimbang versi Michael Keaton.

Sama seperti kostum Christian Bale, simbol itu disatukan di bagian tubuh, tapi diembos hingga terlihat lebih menonjol. Simbol itu mempertahankan simbol yang sama dengan milik Micahel Keaton, tapi lebih lebar. Ini menjadikannya terlihat akrab tapi menjadi penampilan segar simbol itu.

3. Michael Keaton versi 2
10 Simbol Batman yang Pernah Tampil di Film Caped Crusader

Perubahan kecil bisa membuat sesuatu menjadi leih baik. Simbol pertama Batman memang efektif, tapi mungkin sedikit berlebihan. Di sekuelnya, Batman Returns, simbol itu diberi perlakuan yang sama seperti Batsuit: dirampingkan dan hasilnya adalah desain yang lebih disukai penggemar.

Dengan sedikit titik tapi lebih panjang, simbol itu secara efektif menciptakan ulang simbol ikonik di komik. Tapi, desain ini masih mempertahankan penampilan unik untuk film. Simbol ini tetap menjadi simbol ikonik yang bahkan dipakai lagi oleh Michael Keaton untuk penampilannya sebagai Batman di The Flash dan Batgirl.
halaman ke-1
Share: