Serial Netflix Trinkets Ulas Kepribadian Pelaku Kleptomania

Senin, 15 Agustus 2022 - 15:59 WIB
loading...
Serial Netflix Trinkets Ulas Kepribadian Pelaku Kleptomania
Serial Netflix berjudul Trinkets mengulas tentang kisah persahabatan para penderita kleptomania. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Trinkets adalah serial Netflix bertema kehidupan remaja yang dirilis pada 2019. Serial ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis popular Amerika Kirsten “Kiwi” Smith.

Serial yang sudah berjalan dua season ini menjadi menarik karena mengangkat banyak isu penting yang jarang dibahas dan dikemas dalam suatu tayangan yang ringan dan menarik. Salah satu dan yang menjadi highlight-nya adalah kleptomania.

Trinkets bercerita tentang persahabatan antara ketiga tokoh utamanya, yaitu Elodie (Brianna Hildebrand), Moe (Kiana Madeira), dan Tabitha (Quintessa Swindell). Mereka secara tidak sengaja bertemu di sebuah komunitas konseling khusus para pengidap kleptomania.

Meski awalnya saling mengabaikan, mereka akhirnya menjadi dekat karena merasa memiliki teman untuk berbagi tanpa harus menyembunyikan apa pun.

Serial Netflix Trinkets Ulas Kepribadian Pelaku Kleptomania

Foto: Netflix

Secara teknis, kleptomania didefinisikan dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM) sebagai gangguan kontrol impuls, bukan kecanduan. Cirinya adalah kegagalan berulang untuk menahan impuls untuk mencuri objek yang tidak segera digunakan atau nilai intrinsik pada individu. Ini disertai perasaan ketegangan yang meningkat sebelum melakukan pencurian dan kesenangan atau kelegaan selama tindakan tersebut.

Baca Juga: 5 Drama Korea tentang Kisah Adik Kakak, dari yang Kocak sampai Haru

Dalam serial ini, kita dapat melihat bahwa para pengidap kleptomania tetap dapat menjalani kehidupan seperti orang lain dan tidak ada ciri khusus yang membedakan mereka dengan orang pada umumnya.

Walaupun masih menjadi perdebatan mengenai penyebab seseorang mengidap kleptomania, tetapi dalam Trinkets, ada sebuah pola saat karakternya masing-masing memiliki masalah yang mungkin memicu mereka.

Seperti Elodie yang memiliki trauma setelah kematian ibunya dan ayahnya memiliki keluarga baru, sehingga ia merasa terasing. Tabitha memiliki pacar yang kasar dan suka melecehkannya. Mencuri menjadi semacam pelarian yang melegakan ketika semua masalah bergumul dalam hidup mereka.

Serial Netflix Trinkets Ulas Kepribadian Pelaku Kleptomania

Foto: Netflix

Menurut Terry Shulman, LMSW, seorang pengutil yang sembuh sekaligus pendiri Kleptomaniacs and Shoplifters Anonymous, beberapa kasus dimulai setelah kehilangan, trauma, pengkhianatan, atau transisi yang sulit dalam hidup mereka.

Meskipun ada mekanisme coping maladaptif yang mungkin disukai selama masa-masa sulit (seperti penyalahgunaan zat atau perjudian), mengutil memberikan jenis sensasi tertentu.

Motivasi untuk mengutil seringkali bukan tentang memiliki barang yang sebenarnya, tetapi mendapatkan kembali rasa kendali. Misalnya, beberapa orang akan mencuri barang-barang tidak masuk akal yang tidak akan pernah mereka gunakan.

Contoh lainnya adalah pakaian yang tidak muat, atau ratusan pulpen, karena tindakan tersebut membantu mereka mengurangi perasaan cemas. Shulman ingat, ia merasakan "sedikit muatan atau kepuasan sesaat" ketika dulu biasa mengutil.

Kristen "Kiwi" Smith mengatakan dalam wawancaranya dengan Teen Vogue bahwa menurutnya ide mengutil sangat menarik bagi penonton yang mungkin bergulat dengan masalah serupa.

Serial Netflix Trinkets Ulas Kepribadian Pelaku Kleptomania

Foto: Netflix

"Banyak perempuan muda mungkin tertarik karena mereka tidak memiliki kontrol dan kekuatan yang cukup sehingga ini (tindakan kleptomania) adalah cara untuk merebutnya, meski itu adalah tindakan yang salah. Ini adalah cara untuk mengatasi beberapa masalah dengan harta benda," kata Smith.

Baca Juga: Kisah Cinta All of Us Are Dead di Semesta Alternatif? Ini Kata Para Pemainnya

"Saya benar-benar ingin masuk ke hal-hal apa saja yang membuat seseorang rentan terhadap hal ini. Ini sesuatu yang nyata. Kami ingin menjelajahi semua hal ini dengan cara yang sungguh-sungguh dan senyata mungkin," ujarnya.

Sebagai serial remaja, Trinkets membawa tema yang tak biasa ke masyarakat, yaitu membantu menyebarkan kesadaran tentang kleptomania. Bahwa kleptomania adalah isu yang ada dan nyata di tengah masyarakat.

Kita diajak menyelami lebih jauh kehidupan dari sudut pandang mereka yang seringkali dianggap sebelah mata dalam kehidupan sosial.

GenSINDO
Putri Monica
Politeknik Negeri Media Kreatif
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)