Peringati Hari Pers, Ini 6 Film Menarik tentang Dunia Wartawan

Rabu, 09 Februari 2022 - 14:08 WIB
loading...
Peringati Hari Pers, Ini 6 Film Menarik tentang Dunia Wartawan
The Post menceritakan dilema pemilik surat kabar yang dekat dengan pemerintah saat harus membongkar borok penguasa. Foto/20th Century Fox
A A A
JAKARTA - Tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional. Peringatan itu ditujukan untuk memperingati peran dan keberadaan pers di lingkup nasional.

Tahun ini peringatan Hari Pers Nasional akan dilaksanakan di Kendari, Sulawesi Tenggara dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Dalam memperingati peran dan keberadaan pers, banyak film yang mengangkat kisah seputar jurnalis. Berikut enam film terbaik tentang jurnalis.

1. All the President’s Men (1976)


Peringati Hari Pers, Ini 6 Film Menarik tentang Dunia Wartawan

Foto:Warner Bros. Pictures

Film ini mengisahkan tentang perjuangan dua orang wartawan dalam melakukan investigasi yang awalnya menemui banyak hambatan. Bob Woodward (Charles Robert Redford) dan Carl Bernstein (Dustin Hoffman) mempertaruhkan hidup mereka untuk membongkar skandal besar yang melibatkan calon presiden Richard Nixon.

All the President’s Men diadaptasi dari novel Bob Woodward dan Carl Bernstein dengan judul sama. Film yang diangkat dari kisah nyata ini menjadi karya klasik dari sutradara Alan J. Pakula dan penulis skenario William Goldman.

Film yang satu ini memberikan edukasi kepada penontonnya tentang kebebasan pers dan integritas jurnalis untuk menjagamasyarakat dari tindakan kesewenang-wenangan pemerintah.

2. The Insider (1999)

Peringati Hari Pers, Ini 6 Film Menarik tentang Dunia Wartawan

Foto: 20th Century Fox

Film The Insider terinpirasi dari kisah nyata seorang bernama Jeffrey Wigand. Kisahnya ditulis oleh Marie Brenner dalam sebuah buku berjudul The Man Who Knew Too Much. Ini adalah drama klasik Michael Mann tentang profesionalisme, keahlian, dan integritas.

Jeffrey Wigand (Rusekk Crowe) dan produser 60 Minutes Lowell Bergman (Al Pacino) ingin membocorkan informasi kepada publik tentang kebohongan di balik perusahaan tembakau Brown & Williamson (B&W). Dari sini, mereka mendapatkan serangkaian ancaman bahaya dari B&W.

The Insider menjadi film yang mengekplorasi sebuah konspirasi dan peliknya penyebaran kebenaran yang disembunyikan dari publik.

3. Shattered Glass (2003)

Peringati Hari Pers, Ini 6 Film Menarik tentang Dunia Wartawan

Foto:Lionsgate

Stephen Randall Glass (Hayden Christensen) seorang jurnalis muda yang punya gaya tutur khas dan memiliki hubungan baik dengan rekan-rekan kerjanya. Dari majalah The New Republic, iamembangun reputasi sebagai jurnalis muda berbakat. Tetapi ternyata ia mengarang artikel-artikelnya.

Penelusuran fakta yang dilakukan oleh Adam Panenberg (Steve Zahn), editor Forbes Digital, terhadap artikel Hack Heave yang ditulis oleh Stephen, mengungkap kebohongan jurnalis muda itu. Kariernya pun berakhir.

Film ini diadaptasi dari kisah nyata seorang jurnalis muda di Amerika Serikat, yang menjadi pengingat untuk selalu jujur dan tidak merusak integritas.

4. Zodiac (2007)

Peringati Hari Pers, Ini 6 Film Menarik tentang Dunia Wartawan

Foto: Paramount Pictures

Film thriller misteri ini bercerita tentang seorang kartunis Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal) dan reporter kriminal Paul Arvey (Robert Downey Jr). Mereka melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus pembunuhan berantai yang menamakan dirinya Zodiac Killer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2345 seconds (0.1#10.140)