Belajar soal Hubungan Manipulatif dari Serial Layangan Putus

Belajar soal Hubungan Manipulatif dari Serial Layangan Putus
Dalam serial Layangan Putus, Kinan sering merasa bersalah pada Aris, padahal Aris lah yang mengkhianatinya. Foto/WeTV
JAKARTA - “It’s my dream, Mas, not hers! My dream!” Siapa masyarakat Indonesia yang tidak familier dengan kalimat tersebut? Kalimat ini diucapkan Kinan pada Aris, dan menjadi meme yang membuat penonton serial Layangan Putus ikut baper.

Banyak yang berempati pada kisah Kinan, istri yang diselingkuhi suaminya, Aris. Sikap manipulatif Aris dalam serial ini membuat banyak penonton ikut merasa kesal. Terutama saat Aris dan teman-temannya memberikan sebuah pernyataan, “Admit nothing, deny everything”. Pernyataan itu sepertinya benar-benar Aris terapkan dalam kehidupannya.

Hal itu terlihat dari episode awa. sikap Aris begitu emosional saat tahu istrinya mencurigai bahwa dirinya berselingkuh dengan Miranda. Aris bahkan mempertanyakan Kinan yang tidak percaya pada dirinya.

Sikap lainnya terlihat saat Kinan sudah memiliki bukti kuat akan perselingkuhan Aris, yang kemudian disanggah dengan alibi-alibi lainnya. Bahkan saat akhir perdebatan, Aris menuduh Kinan sudah gila dan sikapnya terlalu curiga berlebihan terhadap dirinya.

Belajar soal Hubungan Manipulatif dari Serial Layangan Putus

Foto: WeTV

Sikap yang ditunjukkan Aris dalam adegan-adegan tersebut merupakan salah satu bentuk perilaku manipulatif. Menurut Prapti Ratri, psikolog pendidikan sekaligus founder Pena Psikologi, perilaku manipulatif adalah cara si pelaku memanipulasi perilaku dan sikapnya secara psikologis agar korban ragu dengan kebenaran yang dia dapatkan.



Secara lebih spesifik, Prapti menyebutkan bahwa sikap manipulatif yang Aris lakukan pada Kinan berjenis emotional abuse.

Baca Juga: Ngaku Introvert? Kenali Dulu Ciri dan Tipe Kepribadian Ini!

Emotional abuse adalah kekerasan yang tidak nyata yang berdampak pada perasaan sakit hati, tertekan, marah, terkekang, dan juga bisa berbentuk perasaan minder yang dirasakan korban. Emotional abuse memiliki bentuk yang beragam, yang dilakukan oleh Aris adalah emotional abuse berjenis gaslighting.
halaman ke-1
Share: