Mengharukan, 5 Hewan Ini Tetap Setia meski Pemiliknya Telah Meninggal

Rabu, 12 Januari 2022 - 17:18 WIB
loading...
Mengharukan, 5 Hewan Ini Tetap Setia meski Pemiliknya Telah Meninggal
Kucing milik mufti Muamer Zukorlic tetap setia menunggui makam tuannya sejak Muamer meninggal pada November 2021. Foto/Twitter @LavBosniak
A A A
JAKARTA - Hewan peliharaan, terutama anjing, dikenal sangat setia dengan manusia yang merawat mereka dengan kasih sayang, bahkan ketika pemiliknya itu telah tiada.

Beberapa kisah mengharukan di seluruh dunia pernah terungkap tentang kesetiaan para hewan kesayangan tersebut, menunjukkan bahwa kasih sayang manusia akan diingat sepanjang hidup hewan peliharaannya. Berikut beberapa yang berhasil terekam.

1. Hachiko - Setia Menunggu di Stasiun Kereta Selama 10 Tahun

Mengharukan, 5 Hewan Ini Tetap Setia meski Pemiliknya Telah Meninggal

Foto: Wikimedia

Kisah paling legendaris tentang hewan yang setia pada pemiliknya bisa jadi adalah Hachiko, anjing jenis akita dari Jepang yang hidup sekitar tahun 1923-1935. Setiap sore, Hachiko punya kebiasaan menunggu pemiliknya profesor Hidesaburo Ueno pulang kerja, dengan menunggu di depan Stasiun Shibuya.

Saat Ueno meninggal mendadak di kantornya pada tahun 1925, Hachiko tetap setia menunggu tuannya itu setiap hari, selama 10 tahun, yaitu hingga ia mengembuskan napas terakhirnya.

Kisah mengharukan Hachiko pernah diangkat menjadi film yang dibintangi Richard Gere. Sementara di dekat Stasiun Shibuya juga berdiri monumen patung Hadchiko.

2. Fido - Setia Menunggu di Stasiun Bus Selama 14 Tahun

Mengharukan, 5 Hewan Ini Tetap Setia meski Pemiliknya Telah Meninggal

Foto: via dogtime.com

Fido adalah anjing terluka yang ditemukan di jalan oleh Carlo Soriani, seorang pekerja pabrik di Borgo San Lorenzo, Italia. Peristiwa ini terjadi pada 1941 atau saat Perang Dunia II terjadi.

Sama seperti Hachiko, Fido - yang dalam bahasa Latin berarti "kesetiaan" - punya kebiasaan mengantarkan dan menunggu tuannya pulang bekerja lewat stasiun.

Saat Carlo tewas karena pabriknya terkena bom, Fido tidak mengetahuinya, dan ia pun tetap setia menunggu Carlo di tempat yang sama selama 14 tahun. Itu adalah waktu saat Fido akhirnya meninggal.

Kesetiaan Fido ini sempat diberitakan di media massa, dan demi mengenang loyalitasnya, dibuatkan sebuah monumen di pusat kota Borgo San Lorenzo. Monumen tersebut dibuat setahun sebelum ia meninggal.

3. Ruswarp - Menunggui Mayat Pemiliknya Selama 11 Minggu di Tengah Salju

Mengharukan, 5 Hewan Ini Tetap Setia meski Pemiliknya Telah Meninggal

Foto: via dogtime.com

Ruswarp adalah anjing jenis border collie yang dimiliki seorang pria bernama Graham Nuttall yang tinggal di Burnley, Wales. Keduanya kerap menghabiskan waktu hiking di sekitaran pegunungan.

Namun suatu hari pada Januari 1990, para tetangga menyadari bahwa Graham dan Ruswarp belum pulang dari perjalanan mereka. Pencarian pun dilakukan, tapi setelah seminggu berlalu, keduanya tetap tak ditemukan.

Baru setelah 11 minggu kemudian, seorang pendaki menemukan mayat Graham di sekitaran pegunungan. Yang mengejutkan, Ruswarp ada di sana menjaga mayat tuannya di tengah musim dingin dan salju yang pekat.

Sayangnya, cuaca yang sangat buruk memparah kondisinya, membuat Ruswarp akhirnya juga meninggal tak lama setelah tuannya dimakamkan. Sebuah monumen patung perunggu lantas dibangun di Stasiun Garsdale pada 2009 demi mengenang kesetiaan Ruswarp.

Baca Juga: Kode Penting! Ini 10 Arti Gerak-Gerik Buntut Kucing
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)