7 Istilah yang Lahir dari Nama Member BTS, Bisa Dipakai untuk Sehari-Hari!

Senin, 10 Januari 2022 - 16:31 WIB
loading...
7 Istilah yang Lahir dari Nama Member BTS, Bisa Dipakai untuk Sehari-Hari!
Tiap nama member BTS menjadi inspirasi bagi lahirnya sebuah istilah yang punya makna tertentu. Foto/BigHit Music
A A A
JAKARTA - Apakah kamu tahu bahwa ada istilah-istilah baru yang terinspirasi dari nama-nama member BTS?

BTS punya fandom bernama ARMY yang jumlahnya sangat besar dan beragam, juga kreatif. Mereka kerap menciptakan istilah-istilah baru yang meminjam nama dari para member.

Istilah ini pun terdengar unik, dan bisa dipakai untuk menggambarkan sebuah kegiatan atau kondisi tertentu yang kita alami. Berikut tujuh istilah yang meminjam nama dari tiap member BTS , baik yang muncul dari ucapan ARMY maupun dari para member grup tersebut.

1. Namjooning

7 Istilah yang Lahir dari Nama Member BTS, Bisa Dipakai untuk Sehari-Hari!

Foto: Twitter @bts_twt

Ini istilah yang paling populer yang sering dipakai ARMY, meminjam dari nama asli RM, yaitu Kim Nam-joon. Namjooning mengacu pada gaya hidup seperti yang dilakukan Namjoon, yaitu jalan-jalan di alam bebas (terutama di taman kota), mengunjungi museum dan pameran seni, naik sepeda, membaca buku, hingga berkumpul santai bersama teman-teman dekat.

Jadi ketika ada yang bilang "Aku lagi namjooning" atau sekadar menulis "Namjooning", maka itu bisa diartikan sebagai "Aku lagi melakukan aktivitas seperti yang biasa dilakukan Namjoon".

2. Seokjining

7 Istilah yang Lahir dari Nama Member BTS, Bisa Dipakai untuk Sehari-Hari!

Foto: Weverse

Istilah yang satu ini tidak populer, tapi tetap bisa kamu pakai untuk menggambarkan gaya hidup Jin saat ia sedang libur. Saat libur, Jin hanya mau beristirahat saja tanpa harus melakukan hal yang menurut pandangan umum sebagai aktivitas yang produktif.

"Bagiku, istirahat itu tidak harus selalu melakukan aktivitas yang terkait self-improvement," ujarnya dalam wawancara yang muncul dalam BTS In The Soop 2.

"Kamu pasti pernah, kan, tidak melakukan apa pun, yang mungkin orang akan menganggap bahwa kamu membuang waktu dengan percuma. Tapi justru yang kayak gitu yang aku anggap sebagai istirahat," imbuhnya lagi. Baginya, dengan istirahat seperti itu, justru nanti saat ia harus bekerja, ia punya energi penuh untuk melakukannya.

Dalam BTS In The Soop, penonton memang bisa melihat bahwa Jin lebih banyak main game dan bersenang-senang dibanding melakukan kegiatan yang "bermanfaat" seperti olahraga atau membaca buku seperti member lainnya.

Baca Juga: 6 Lagu Konyol Idol K-Pop, dari BTS, Mamamoo, hingga Seventeen

3. Mental Level Suga

7 Istilah yang Lahir dari Nama Member BTS, Bisa Dipakai untuk Sehari-Hari!

Foto: Vogue Korea/GQ Korea

Istilah ini bisa dipakai kalau kamu punya mental yang sangat kuat, seperti Suga. Seperti diketahui, Suga menjadi member yang paling terbuka menceritakan masa-masa kelam dalam hidupnya, antara lain mengalami social phobia dan rasa cemas berlebihan (anxiety). Gara-gara ini, Suga pernah tak bisa tampil saat BTS menggelar konser di Jepang pada 2015.

Namun pemilik nama asli Min Yoon-gi ini bisa melewati semua pertarungan dalam dirinya itu hingga akhirnya bisa menjadi sosok yang kuat seperti sekarang.

Saat baru-baru ini V BTS diserang rumor bahwa ia berpacaran dengan seorang perempuan kaya, dan ARMY mengkhawatirkan kondisinya, V lantas menulis di akun Weverse BTS bahwa ia sudah tidak mempan dengan komentar-komentar buruk tersebut. "Mentalku lebih kuat dari yang kalian bayangkan, seperti mentalnya Suga," tulis V.

Sementara J-Hope juga pernah ditanya pendapatnya tentang Suga, ia lalu menulis "yang terkuat". Sementara Suga dalam siaran Vlivenya juga pernah mengatakan bahwa ia tidak pernah terpengaruh dengan komentar-komentar jahat tentang dirinya yang beredar di internet.

Jadi, kalau kamu tidak pernah "kena mental", maka bisa dibilang mentalmu sudah masuk "mental level Suga".

4. J-Dope


7 Istilah yang Lahir dari Nama Member BTS, Bisa Dipakai untuk Sehari-Hari!

Foto: BigHit Music

J-hope punya banyak julukan untuk dirinya, antara lain "sunshine" atau "uri sunshine" yang menggambarkan sifat cerianya yang selalu membuat energi positif bagi orang-orang di sekitarnya. Namun julukan yang diambil langsung dari namanya adalah J-Dope, untuk menggambarkan "Hal-hal keren yang dilakukan oleh J-Hope".

Jadi saat kamu merasa keren, kamu bisa mengatakan bahwa kamu sedang mengalami momen "J-Dope".

5. Jimin Effect dan I'm Jimin Today

7 Istilah yang Lahir dari Nama Member BTS, Bisa Dipakai untuk Sehari-Hari!

Foto: YouTube BANGTANTV

Dalam urbandictionary.com, istilah ini berarti "Kemampuan effortless Jimin untuk memikat orang-orang yang bukan penggemar BTS". Istilah ini juga secara kocak dipakai saat para pria terpikat pesona Jimin, membuat mereka "mempertanyakan orientasi seksualnya".

Istilah ini sebenarnya mirip dengan J-Dope, tapi Jimin Effect lebih kepada efek yang ditimbulkan atas aksi keren yang dilakukan.

Selain Jimin Effect, istilah "Jimin" juga pernah dipakai RM untuk menyebut "Orang yang suka telat". Istilah ini dipakainya saat BTS diwawancarai media Amerika Serikat.

"Saat ada yang bilang 'I'm Jimin today", itu artinya "Hari ini aku telat"," kata RM yang disambut tawa oleh Jimin. Dalam beberapa kesempatan aktivitas nonpublik mereka, Jimin disebut para member suka telat hadir, maka istilah ini pun tercipta.

6. Tata Mic Face

7 Istilah yang Lahir dari Nama Member BTS, Bisa Dipakai untuk Sehari-Hari!

Foto: YouTube BANGTANTV

Istilah ini muncul dari ARMY gara-gara melihat ekspresi wajah V saat BTS Festa 2021 yang mencoba menipu staf BTS agar ia diberikan hadiah mikrofon bergambar Tata, karakter yang merepresentasikan V dalam BT21. Ekspresi lucu menggemaskan itu lantas menjadi meme, bahkan para member BTS lainnya juga mencoba menirukan ekspresi wajah V tersebut saat konser di Los Angeles pada akhir tahun 2021.

Tata Mic Face sebenarnya tak punya arti tertentu, hanya saja menggambarkan ekspresi wajah tertentu yang membuat gemas orang yang melihatnya.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup dari Kasus Hinaan Jae DAY6 kepada Jamie

7. Jungshock

7 Istilah yang Lahir dari Nama Member BTS, Bisa Dipakai untuk Sehari-Hari!

Foto: via Koreaboo

Ini adalah istilah yang muncul dari gabungan "Jungkook" dan "shock", yang artinya "terkejut". Jadi setiap kali kamu terkejut atau kaget, kamu bisa bilang bahwa kamu mengalami momen "Jungshock".
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)