10 Serial Anime dengan Opening Terbaik yang Pernah Ada

Minggu, 26 Desember 2021 - 17:01 WIB
loading...
10 Serial Anime dengan Opening Terbaik yang Pernah Ada
Lagu opening anime biasanya menyajikan irama dan lirik catchy yang langsung nancap di telinga penontonnya. Di antaranya ada yang menjadi ikonik dan legendaris. (Foto: Medium)
A A A
Sejumlah anime punya opening yang begitu ikonik sampai para penggemarnya pun dengan cepat mengenalinya. Opening atau lagu tema pembuka anime ini adalah salah satu elemen penting dalam serial tersebut. Keberadaannya punya kaitan erat dengan cepat atau tidaknya sebuah serial nancep di benak para penontonnya.

Lagu-lagu soundtrack ini memberi napas ke anime, terutama adalah lagu pembukanya. Penggalan lagu yang biasanya berdurasi 1,5 menit ini memberikan rasa apa yang akan terjadi pada serial tersebut. Kadang, lagu pembuka ini jauh lebih bersinar ketimbang serialnya dalam hal animasi, kualitas dan catchy-nya.

Dengan setiap season punya opening yang berbeda—bahkan ada yang punya lebih dari satu opening untuk satu season—opening anime ini pastinya harus istimewa. Tentu saja banyak pilihan terbaik di luar sana. Mengutip Game Rant, berikut opening anime terbaik yang pernah ada!



10. My Dearest — Guilty Crown

Anime dan cerita Guilty Crown mungkin terasa biasa-biasa saja. Tapi, soundtrack-nya jadi lain perkara. Opening anime ini, My Dearest, adalah salah satu soundtrack paling ikonik di anime era 2010-an. Opening ini menyoroti premis anime di mana hati bermanifestasi menjadi alat yang bisa digunakan untuk kebaikan kejahatan.

9. Moonlight Densetsu — Sailor Moon

Ini adalah salah satu opening anime paling ikonik dan legendaris dari era 90an. Irama pembukanya yang catchy dan gampang diingat membuat siapa pun yang mendengarkannya langsung bisa ikut menyanyikan liriknya. Di Indonesia, jika mendengar irama pembuka ini, orang biasanya akan mendendangkan: Maaf ku tak pernah berterus terang, bukan ku tak mempercayaimu …

8. Colors — Code Geass

Ada tiga hal yang menentukan Code Geass, yaitu topeng ikonik Zero, Leluoch naik kuda dan ‘jibun wo!’ yang banyak. Di Code Geass, setelah mendapatkan Geass, Lelouch, pangeran Britannia dalam pengasingan, melancarkan revolusi melawan kerajaan yang dipimpin ayahnya. Di sisi lain, Lelouch harus menghadapi sahabatnya di antara musuhnya. Lagu pembuka anime ini, Colors, menyingkap pengalaman utuh Code Geass dalam 90 detik.

7. Oath Sign — Fate/Zero

Serial Fate berkisah tentang Perang Cawan Suci di mana 7 Master dan 7 Pelayan bertarung untuk memperebutkan Cawan Suci. Dengan premisnya yang misterius, masuk akal bagi LiSA untuk membuat opening yang menawan. Lagu opening ini dibuka dengan solo piano sebelum mulai menanjak. Oath Sign menyoroti semuanya dengan pameran perang glamor yang menjamin headbanging.

6. Dream of Life — Bakuman

Bakuman mengeksplorasi pengalaman mangaka pemula. Ceritanya tentang Mashuro dan Takagi yang mengejar impian sebagai mangaka sejak masih remaja. Lagu Dream of Life sangat pas menyoroti tema dan cerita anime ini. Lagu ini adalah eksplorasi cerah dan menyenangkan terhadap kehidupan sehari-hari mangaka dan orang di sekitarnya.

5. Again — Full Metal Alchemist: Brotherhood

Lagu YUI berjudul Again ini langsung nyantol di telinga begitu diputar sebagai pembuka Full Metal Alchemist: Brotherhood. Lagu ini menjadi cara yang sempurna untuk melengkapi beban emosi anime itu. Ada masa lalu tragis Elrics bersaudara, dedikasi mereka terhadap misi dan kehebatan alkimia itu sendiri. Lagu opening ini memamerkan semua yang ditawarkan anime itu.

4. Cha-La Head-Cha-La — Dragon Ball Z

Dragon Ball Z punya banyak lagu opening yang ikonik. Cha-La Head-Cha-La dari Hironobu Kageyama ini salah satunya. Selain lagu ini, juga ada Makafushigi Adventure yang sangat nempel di telinga orang Indonesia yang tumbuh bersama anime ini. Tak seperti lagu pembuka lain di anime action, Dragon Ball Z tidak perlu memamerkan pembangunan dan alur lini cerita. Lagu-lagu pembuka Dragon Ball Z ini begitu catchy sehingga mudah dikenali.

3. Tank! — Cowboy Bebop

Cowboy Bebop selalu diingat atas lini cerita dan pendekatannya terhadap genre space western. Faktor lain yang membantu membangun anime ini adalah tema openingnya, Tank! dari Seatbelts. Opening memamerkan kesukaan Cowboy Bebop terhadap jazz dan blues. Nyatanya, lagu itu segera menyenggol soundtrack luar biasa anime itu.

2. Hikaru Nara — Your Lie in April

Your Lie in April membangun level tinggi untuk anime drama saat dirilis. Bertahun-tahun kemudian, lagu Hikaru Nara dari Goose tetap menjadi lagu pembuka yang kuat. Lagu itu dimulai dengan permainan gitar yang kemudian menjelma ke melodi yang cerita. Reff-nya meledak dengan intens yang akan membuat penggemar menahan napas begitu lagunya selesai.



1. A Cruel Angel's Thesis — Neon Genesis Evangelion

Tidak lengkap kalau membahas opening anime tanpa menyebut Neon Genesis Evangelion. Ketika Hideaki Anno mengonsepkan Neon Genesis Evangelion, awalnya, dia ingin sebuah lagu opera untuk pembukanya. Tapi, ketika TV Tokyo menegaskan sesuatu yang lebih catchy, Anno menyerahkannya kepada Yoko Takahashi. Lagu ikonik A Cruel Angel's Thesis pun tecipta. Lagu ini dengan sempurna merangkum dikotomi terkuat dalam seri ini sementara menjadi lagu yang catchy.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2978 seconds (0.1#10.140)