Fakta di Balik Seragam Motif Bulan dalam Serial Space Force

Selasa, 09 Juni 2020 - 10:28 WIB
loading...
Fakta di Balik Seragam Motif Bulan dalam Serial Space Force
Steve Carell sebagai Kepala Angkatan Luar Angkasa AS memakai seragam bermotif Bulan. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Buat kamu yang udah nonton serial komedi militer "Space Force", apa kamu sadar bahwa seragam Angkatan Luar Angkasa-nya bermotif bulan?

Berbeda dengan seragam 'Space Force' yang dibentuk Presiden Amerika Serikat Donald Trump, seragam angkatan yang dipimpin Jenderal Mark. R Naird (Steve Carell) ini sepenuhnya diisi motif bulan berwarna abu-abu.

Lantas, mengapa motif Bulan yang dipilih? Berikut fakta-faktanya.

1. BERAWAL DARI PERCAKAPAN GREG DAN KATHLEEN

Fakta di Balik Seragam Motif Bulan dalam Serial Space Force

Foto: Netflix

Konsep seragam “kamuflase Bulan” berawal dari percakapan antara sang kreator, Greg Daniels, dengan Kathleen Felix-Hager yang merupakan desainer kostum dalam serial ini.

Dalam kesempatan wawancara audio calldengan SINDO Media, Kathleen mengungkapkan bahwa meskipun “Space Force” merupakan serial komedi, tapi penting untuk tetap berdasarkan kenyataan. ( )

“Gagasan ini lahir dari percakapan aku dan Greg. Kami ingin memiliki sesuatu yang mencerminkan luar angkasa. Lantas, kami melemparkan banyak ide. Awalnya adalah rasi bintang, tapi ternyata begitu sangat penting bagi Greg untuk memiliki gagasan mengenai anak kecil yang memandang ke luar angkasa dan melihat permukaan bulan. Jadi, kami sampai pada gagasan “kamuflase bulan”," ungkap Kathleen.


2. MENYIMPAN LELUCON VISUAL

Fakta di Balik Seragam Motif Bulan dalam Serial Space Force

Foto: Netflix

Setiap Angkatan Bersenjata Amerika Serikat punya ciri khas. Mulai dari peraturan yang berlaku, seragam, dan sebagainya. Nah, Greg Daniels ingin melakukan hal serupa. Greg ingin menciptakan ciri khas tersendiri untuk cabang keenam dari Angkatan Bersenjata Amerika Serikat ini. Maka, muncullah ide “kamuflase Bulan” dengan desain seperti permukaan bulan. Tapi, coba, deh, dipikir lagi, bukannya kalo mau ke Bulan harus pakai baju luar angkasa, ya?

Ternyata, di sinilah letak leluconnya. "Pola seragam itu adalah Bulan yang dilihat melalui teleskop dari jarak berkilo-kilometer jauhnya. Awalnya, kami berpikir, 'Ya, oke, itu masuk akal.' Lalu, kami tersadar, 'Wah, tidak, itu sama sekali tidak masuk akal.' Dan mungkin itulah seharusnya cara kita melihat ide tentang memiliterisasi Bulan,” jawab Greg. ( )

3. BERDASARKAN SERAGAM ANGKATAN UDARA AMERIKA SERIKAT

Fakta di Balik Seragam Motif Bulan dalam Serial Space Force

Foto: Netflix

Meskipun secara visual terlihat berbeda dengan seragam Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, tapi ternyata bahan dan desain dari seragam “kamuflase Bulan” berdasarkan seragam Angkatan Udara Amerika Serikat yang saat ini digunakan.

“Sangat penting bagi Greg untuk punya elemen komedi, tapi juga tetap super dengan didasarkan pada kenyataan,” ungkap Kathleen. ( )

Serial komedi “Space Force” udah bisa kamu tonton di Netflix. Untuk musim pertama, tersedia 10 episode.

Fazjri Abdillah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @born2inform_
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1379 seconds (0.1#10.140)